Posted on March 22, 2014

Bali with Big Family, means Big Fun

 

8168 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook24Pin on Pinterest0

Dari semua pilihan destinasi liburan di Indonesia, saya akui kalau Bali adalah salah satu tempat yang paling sering saya datangi. Pantainya yang indah, infrastuktur pariwisata yang mumpuni, dan terlebih keberadaan banyak tempat nongkrong yang keren-keren membuat saya tak pernah bosan jalan-jalan ke Bali.

Ke Bali bersama teman-teman sekolah pernah, ke Bali bareng geng kuliah juga pernah. Ke Bali bersama geng sahabat, ke Bali bersama keluarga inti, ke Bali bersama dengan pasangan, bahkan ke Bali sendirian, semua pernah saya coba. Dan akhirnya, cakrawala pengalaman liburan ke Bali bertambah satu lagi: ke Bali bersama keluarga besar, saat kami diajak bergabung liburan keluarga dari pihak suami. Besarnya? Jumlah rombongan 14 orang, terdiri dari 4 keluarga. Demografi peserta sesuai status dalam keluarga: 1 opung, 3 namboru, 1 uda, 1 inangtua, 7 cucu, 1 cicit. Sangat bervariasi, dan lintas generasi.

Secara strategi dan eksekusi, liburan ini memang cukup membuat gentar. Dari sisi logistic saja, banyak sekali yang harus diurus. Untungnya, ketua Divisi Acara dari family trip ini, yaitu Astrid (Shout Out!) sangat cakap, cekatan, dan memiliki wawasan luas soal “spot-spot” asik di Bali.

Berkat semua perencanaannya dan pilihan lokasinya di Bali, yang kami alami dan dapati adalah pengalaman yang menyenangkan dan sangat berkesan. Terkadang dikatakan kalau liburan dengan jumlah peserta terlalu banyak, hasilnya akan menciptakan banyak momen ribet dan rempong. Dan faktanya? Ada sih beberapa he he namanya juga liburan, pasti ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana, tapi karena seluruh rombongan selalu dalam keadaan mood happy dan excited bisa bersama-sama di tempat seseru Bali, sepanjang liburan semuanya berjalan aman terkendali dan menggembirakan.

Nah, yang saya pelajari, dan mudah-mudahan bisa digunakan sebagai referensi di masa depan kalau harus mengorganisir liburan skala besar seperti ini lagi, adalah sebagai berikut:

Kisi-kisi mengenai hal yang harus diperhatikan untuk menjamin keseruan dan kenyamanan liburan keluarga besar:

  • Saat perencanaan, libatkan seluruh anggota keluarga, agar mereka bisa menyetujui atau memberikan usulan lain jika ada yang tak berkenan di-itinerary (misalnya via grup BBM atauWhatsap). Jadi saat eksekusi, semua sudah bersifat keputusan bersama, sehingga menghindari konflik akibat adu argument soal tempat yang tidak sesuai selera. Cekcok begini selain makan waktu juga bisa makan hati.
  • Selalu lakukan booking/reservasi untuk restaurant/lounge/club yang akan didatangi. Kadang-kadang bisa repot juga kalau datang ber-14 dan minta meja bersama di jam makan yang sibuk. Bagian penerima tamu tentu akan berkata, “Really? Seriously?”
  • Untuk maksimalisasi kebersamaan, sewa mobil besar yang bisa memuat semua peserta liburan. Momen foto-foto dan tertawa selama perjalanan pun bisa menambah memori indah liburan.
  • Jika ada perpecahan dalam rombongan soal tempat yang ingin dituju, tidak perlu dilawan. Terkadang tidak bijak terlalu memaksakan itinerary, kalau memang ada agenda berbeda yang ingin dijalani, tentunya tidak apa-apa. Toh semuanya bisa ngumpul lagi untuk makan malam bersama.
  • Bawa Tongsis! Asli membantu banget loh.  Jadi gak perlu Tongmas, alias Tolong dong Mas. (kriuk)

Vacations are about the people you share it with. Also about the places you get to see and enjoy. Tentunya merupakan pengalaman luar biasa untuk menikmati spot-spot indah bersama orang-orang paling dekat alias keluarga. So go ahead, plan your big family vacation to Bali, it’s guaranteed good times.  Siapa tahu ada yang merencanakan liburan keluarga besar, kami share itinerary kami, mungkin bisa berikan inspirasi. Dan juga berikan bukti, to prove that vacation with a Big Family can mean BIG fun!

Bawa Tongsis! Asli membantu banget loh.  Jadi gak perlu Tongmas, alias Tolong dong Mas. (kriuk)

Bawa Tongsis! Asli membantu banget loh. Jadi gak perlu Tongmas, alias Tolong dong Mas. (kriuk)

 

Hari 1

Check in di vila milik teman dari keluarga, di daerah Seminyak. Daerah Seminyak memang masih merupakan area favorit untuk menjadi basis liburan di Bali, karena banyaknya tempat makan yang berkualitas. Seharian pun bisa cari makan di sini dan pasti puas. Contohnya: Sarapan di Grocer & Grind, Makan siang Pak Malen, Makan malam di Warung Italia.

Makan Siang di Warung Made, Seminyak (madeswarung.com). Memang pas untuk big family gatherings, dengan konsep ruang terbuka dan menu makanannya yang sangat variatif.

Warung Made, Seminyak

Warung Made, Seminyak

Duduk-duduk di Potato head, Petitenget (ptthead.com). Saat ini, masih menjadi beach club favorit. Semua orang suka ke sini, dari geng pertemanan turis-turis muda yang hip sampai keluarga dengan anak kecil. Oleh sebabnya, tempat ini semakin penuh saja, lebih aman jika reservasi dulu. Tetap enjoyable kok untuk hang out, makanan dan minumannnya enak, dan seru sekali berenang-berenang santai di poolnya. Truly, fun for the whole family!

Potatohead, Petitenget

Potatohead, Petitenget

Dinner di Mamasan, Kerobokan.

Dinner di Mamasan, Kerobokan.

Dinner di Mamasan, Kerobokan (mamasanbali.com). Selain ambience-nya yang menyenangkan dan bikin betah, semua menikmati dan terkesan dengan makanan yang disantap. Tidak ada yang tidak enak, semua puas dengan pesanan masing-masing. Nasi goreng yang dipesan Opung Mami sampai saat ini masih menjadi benchmark untuk nasgor. Setiap ditawarkan nasgor, Opung pasti bertanya, “Seenak nasi goreng Mamasa ngak?”

Hari 2

Sarapan di Biku, Petitenget (bikubali.com) – Kami mencari tempat sarapan yang bagus, karena sekaligus ingin adakan acara tiup lilin sederhana untuk Namboru Mience, yang tepat di hari itu berulang tahunke 61, dan karena itulah mengajak segenap keluarga untuk merayakan bersama di Bali!

Biku, Petitenget: Everybody loved the cakes and tea. The carrot cake is a must try.

Biku, Petitenget: Everybody loved the cakes and tea. The carrot cake is a must try.

Biku, Petitenget: Coolest. Namboru. Ever.

Biku, Petitenget: Coolest. Namboru. Ever.

Bali Bird Park, Gianyar (bali-bird-park.com) – seru banget! Everybody had a great time. Harga tiket juga tidak terlalu mahal, sesuai dengan value yang kita dapatkan. Banyak sekali foto keluarga bisa didapatkan di sini, sekaligus menghargai dan mengagumi indahnya berbagai jenis burung yang ada. Harus foto dengan: Burung Macaw dan Pelikan. Pelikannya agak mengintimidasi sih, with their crazy eyes and wobbly trippy beaks. Tapi sebenarnya mereka santai saja dan tidak pernah agresif pada pengunjung, padahal kebanyakan burung di sini dilepas begitu saja. A great experience. Sebenarnya ada bagian reptile yang juga bisa dilihat, tapi kami memutuskan untuk skip dulu, karena segenap rombongan sudah LAPAARR.

Bali Bird Park, Gianyar: Harus foto dengan Burung Macaw

Bali Bird Park, Gianyar: Harus foto dengan Burung Macaw

Bali Bird Park, Gianyar

Bali Bird Park, Gianyar

Bali Bird Park, Gianyar: Everybody had a great time

Bali Bird Park, Gianyar: Everybody had a great time

Makan Siang di Bebek Tepi Sawah, Ubud (bebektepisawahrestaurant.com). Pas banget kita ke sini lagi lapar-laparnya, disambut dengan porsi besar yang disediakan, dengan rasa yang enak pula. Puas deh judulnya. Apalagi karena lokasinya yang cantik dengan sebidang sawah juga lapangan rumput terbuka, menjadikannnya sebagai lokasi ideal untuk foto-foto dan rekam video (untuk seksi dokumentasi keluarga kami memang selalu sigap).

Bebek Tepi Sawah, Ubud

Bebek Tepi Sawah, Ubud

Bebek Tepi Sawah, Ubud

Bebek Tepi Sawah, Ubud

Ultimo, Seminyak

Ultimo, Seminyak

Makan Malam di Ultimo, Seminyak (balinesia.co.id). Restaurant ini sudah menjadi safety place buat kami. Kuncian. Kalau bingung mau kemana, ke sini pasti aman. Makanannya semua enak, dari steak sampai pasta, dan juga pizzanya, memuaskan. Disandingkan dengan 1-2 botol wine Hatten, untuk suasana lebih hangat dan percakapan yang lebih hidup.

Hari 3

Brunch di VUE Beach Club, Canggu (lv8bali.com). Beach club ini merupakan bagian dari LV8 Resort Hotel, dan menurut desas desus tempat ini mulai naik di radar “tempat keren” di Bali. Once we were there, we could immediately see why. The infinity pool is sick! Gorgeous backdrop of the Indian Ocean, dengan furniture serba putih dan biru. The feel was Santorini-ish. Karena hari sangat panas, air kolam renang sampai terasa hangat saat kami akhirnya membakar kalori makan siang dengan menceburkan diri di dalamnya. Kami hampir lupa waktu di sini, saking keasyikan.

VUE Beach Club, Canggu

VUE Beach Club, Canggu

VUE Beach Club, Canggu

VUE Beach Club, Canggu

Check in di Mulia Resorts, Nusa Dua (themulia.com). Ini terasa seperti puncak acara dalam liburan ini. Dari di lobby saat pertama tibapun, mood kami semua sangat excited untuk menikmati hotel. Interior yang indah, lanskap yang dramatis, dan kolam renangnya yang EPIK, membuat kami semua sangat menikmati satu hari penuh yang kami habiskan di sini. Kamarnya juga sangat indah dan nyaman, dengan kamar mandi yang mengesankan. Tapi tentunya the cherry on top adalah toilet otomatis yang canggih. Terbuka sendiri, bisa menyiram dan mengeringkan, dengan tingkat kehangatan dudukan yang bisa disesuaikan. Sulit sekali rasanya kembali menggunakan toilet biasa yang tidak bisa apa-apa setelah itu.

Check in di MuliaResorts, Nusa Dua

Check in di MuliaResorts, Nusa Dua

Check in di MuliaResorts, Nusa Dua

Check in di MuliaResorts, Nusa Dua

Dinner di Edogin, Mulia Resorts

Dinner di Edogin, Mulia Resorts

Dinner di Edogin, Mulia Resorts. Great Japanese food, and (surprisingly) reasonably priced. The waiting list was a bit long though, so we had to wait awhile before finally seated. Sebaiknya reservasi dulu.

Hari 4

Breakfast Buffet di The Café Mulia Resorts. Pilihan sangat beragam dan enak-enak. A good start for the day.

Menemani Lilou bermain di Kids Club. Agenda ini perlu mendapatkan mention khusus, karena pihak Mulia Resorts sangat berusaha untuk menjadikan Kids Club area ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Mulai dari semua detail di bagian interior, banyaknya jenis permainan yang ada, dan staff yang sangat berdedikasi, semua sangat mengesankan dan berhasil menyihir Lilou yang betah sekali bermain di sini.

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Kids Club

Makan siang di Kayuputi, St Regis Nusa Dua (kayuputirestaurant.com). Lokasi sangat indah, gorgeous setting and impeccable service. The food was OK. (With the exception of the Pizza. The pizza is really good). Sebagai lokasi penutup dalam liburan ini, tempat ini terasa pas, karena bisa foto-foto di pantai dan juga dipinggir kolam renang yang cantik. (tetepya, sampai momen-momen terakhir, foto-foto terus).

Kayuputi, St Regis Nusa Dua

Kayuputi, St Regis Nusa Dua

Usai makan siang, rombongan pun segera menuju airport, untuk kembali menuju Jakarta. Big Family Vacation is sadly over. Tapi kenangannya tidak akan pernah hilang, karena tersimpan baik-baik di berbagai photo album di Facebook.

 

 

written by:

grateful mother and happy wife | broadcaster at 90.4 @CosmopolitanFM | pop culture enthusiast | dances on all surfaces

The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

5 Responses to “Bali with Big Family, means Big Fun”
  1. Mr.made says:

    Liburan yang sangat menyenangkan. Bali memang dominan dengan wisata pantai nya. Tapi jangan salah, Bali juga punya tempat untuk rekreasi baru, dengan konsep alami,budaya dan eco educational tampaksiring mempunyai tempat itu. Letaknya di tampaksiring gianyar Bali. _lepaskan penak Anda di nuansa perkotaan, mari nikmati liburan di daerah pedesaan yang alami_ *tampaksiring journey* .Tampaksiring the best..banyak pilihan untuk menikmati liburan Anda di wilayah tampaksiring, dari obyek pura hingga wisata outbond. Bali rice trekking

  2. LiburMulu says:

    Bali memang menyenangkan! Nggak cuma pantainya saja, wisata kulinernya juga bikin pengen liburan kesana mulu :)

  3. dwijantara says:

    waooww…… senang dengernya bahwa liburan keluarga besar ini menyenangkan dan yang membuat semakin senang adalah tempat kami juga menjadi pilihan buat liburannya, kami tunggu lagi kedatangan keluarga besar ini dan harapannya tidak hanya berkunjung ke Vue beach Club saja tapi juga mencoba untuk stay dengan kami.
    salam
    Dwi.

  4. bundakheiza says:

    Masalahnya kadang susah banget nyari waktu yang tepat buat seluruh anggota keluarga. Dan kalo ke Bali biasanya mentoknya melulu ke pantai, pantai, dan pantai. Btw, nice writings.

  5. mita says:

    saya dan keluarga ber 10 orang akan liburan ke bali selama 5hari. membaca tulisan ini bikin tambah excited utk segera berangkat. eniwei tempat wisata yg dkunjungi hny bali bird park aja ya? but overall aku suka tulisannya.thanksss yaa

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes