Posted on January 19, 2013

Berlibur dan Berkelana di Osaka

 

10448 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook3Pin on Pinterest0

Osaka adalah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika Anda sedang merencanakan liburan, atau sudah berada di Jepang dan tertarik menjelajahi Osaka, atau kebetulan Anda sudah terjebak membeli tiket pesawat promo ke Osaka, semoga tulisan ini dapat membantu Anda berkelana di Osaka.

Kota ini dinamakan Naniwa saat periode kekuasan Asuka dan Nara, dan sekaligus menjadi ibukota kekaisaran Jepang dari tahun 683 sampai 745. Pada masa Tokugawa, Osaka menjadi kota perdagangan yang penting dan pusat distribusi beras, komiditi paling penting pada masa itu. Sedangkan pada saat kekuasaan Meiji, Osaka berkembang menjadi pusat perindustrian. Tak heran pada saat ini Osaka memiliki begitu banyak budaya Jepang.

Osaka juga disebut sebagai “dapurnya” Jepang, sehingga apabila Anda suka dengan wisata kuliner, kota ini adalah tempat yang patut dikunjungi.

Osaka memiliki banyak jaringan kereta api dalam kota dan antar kota, baik subway, kereta api dan kereta super cepat Shinkansen. Oleh karena itu saya memilih akomodasi yang terdekat dengan stasiun kereta, agar perjalanan saya berkelana di Osaka lebih mudah.

Saya pilih hotel di dekat stasiun Shin-Osaka yang memiliki jaringan Shinkansen, subway, kereta api komuter dan kereta api antar kota JR line. Ada banyak pilihan hotel di dekat stasiun Shin-Osaka, mulai dari kelas bintang lima hingga backpacker. Sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan pemesanan (book) melalui online sebelum Anda berangkat, terutama pada saat musim libur (peak season). Selain itu, pemesanan dengan on-line sering menawarkan diskon yang cukup menguntungkan.

JR West special rapid series 223 and series 225 trains

JR West special rapid series 223 and series 225 trains

Osaka subway map

Osaka subway map

Semua lokasi yang menarik di Osaka dapat dijangkau dengan jaringan kereta api ataupun subway. Sehingga sebaiknya, sebelum Anda mulai menjelajah Osaka, Anda mempunyai peta dan mempelajari jaringan kereta apinya. Ada lebih dari 5 jaringan kereta api dan subway yang memperkaya Osaka dan masing-masing memiliki rel dan bangunan stasiun sendiri. Beberapa bangunan stasiun saling terhubung dan menciptakan ‘super stasiun’ yang sangat kompleks.

Situs web dan info penting seputar Osaka:

Wisata Belanja Osaka

Osaka adalah tempat yang tepat untuk berbelanja, terutama untuk produk fashion dan elektronik. Berbelanja di Osaka memerlukan energi yang cukup banyak karena luasnya area berbelanja dan begitu banyaknya pilihan. Saya pilihkan Shinsaibashi Shopping Arcade dan beberapa tempat yang terlengkap, sehingga Anda bisa berbelanja lengkap tanpa harus berganti lokasi.

Shinsaibashisuji Shopping Center Shinsaibashisuji Shopping Center

Info: Shinsaibashisuji Shopping Center

Beberapa tempat yang sudah saya kunjungi

Ada beberapa tempat yang mungkin menarik minat Anda untuk berkunjung, yaitu:

  • Japan Mint, terutamanya untuk menikmati bunga sakura pada saat musim semi.
  • Tsūtenkaku, merupakan bangunan sebagai simbol kebangkitan dari PD II.
  • Open Air Museum of Old Farmhouses, farm house yang menyajikan bagaimana orang Jepang menjalankan kehidupan pedesaan.
  • Peace Osaka. Musium yang menyajikan hal yang berkaitan dengan PD II, dan akibat pemboman pada kota Osaka. Juga display yang berkaitan dengan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.
  • Maritime Museum. Di sini Anda bisa melihat dan masuk ke dalam replika kapal pada periode Edo.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Osaka, ada baiknya Anda sekalian berkelana di kota-kota sekitarnya, yaitu KYOTO, KOBE dan NARA. Ketiga kota ini dapat dicapai dengan mudah dari Osaka, dan setiap kota tersebut dapat dijelajahi dalam waktu 1 hari saja. Sehingga setiap harinya Anda dapat pergi dan pulang ke Osaka. Dengan begitu, saya rasa 5hari saja sudah cukup. Tentunya tidak termasuk perjalanan dari Tanah air.

Hari pertama Anda bisa ke Universal Studios dan Umeda Sky, hari kedua sampai keempat masing-masing dihabiskan di KYOTO, KOBE dan NARA, hari kelima Anda bisa kembali berkeliling Osaka sambil berbelanja.

Untuk berlibur sehari di KYOTO, KOBE dan NARA, Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya:

Selamat berlibur!

 

 

written by:

Ordinary guy. Mixed Oceanian-Asian Single Male. Love travelling and talk over coffee cups. Into history, culture, monarchy and movie.
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

One Response to “Berlibur dan Berkelana di Osaka”
  1. Ilma says:

    Good article mas…
    kebetulan saya jg mau ke osaka…
    bisa di rekomendasiin mas hotel apa yg dekat dgn stasiun?

Send author a message

 

Top 10 New Destinations
    WordPress database error Table './k9446643_wp1/wp_adrotate_stats' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT SUM(`clicks`) as `clicks`, SUM(`impressions`) as `impressions` FROM `wp_adrotate_stats` WHERE `ad` = 7 AND `thetime` >= '1376041080' AND `thetime` <= '1522620000' GROUP BY `ad` ASC; made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/main/single-mydestinationtype.php'), adrotate_ad, adrotate_filter_schedule, adrotate_stats
  • Taiwan (1)
  • Saudi Arabia (1)
  • Swiss (1)
  • Norwegia (1)
  • Iceland (1)
  • Israel (1)
  • Italy (1)
  • Turkey (5)
  • Austria (1)
  • German (1)

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes