Berwisata di Sungai Chao Phraya Bangkok

0
5645

Bangkok adalah salah satu kota di dunia yang mempunyai moda transportasi massal yang lengkap. Selain ada sarana transportasi darat yang umum, tersedia juga MRT/Subway, BTS Sky Train dan sarana transportasi air. Ya, sarana transportasi air ini berpusat di Sungai Chao Phraya yang membelah kota Bangkok. Kali ini saya akan mengajak Anda untuk ‘berjalan-jalan’ dengan melalui Sungai Chao Phraya.

Sungai Chao Phraya

Sungai ini berawal dari Propinsi Nakhon Sawan di Thailand bagian tengah dan mengalir hampir sepanjang 400 km sampai ke Teluk Thailand. Sejak masa lalu sungai ini telah menjadi urat nadi transportasi di Thailand, khususnya Bangkok. Dan hebatnya sampai saat ini masih menjadi andalan transportasi komuter penduduk Bangkok yang ‘bebas macet’.

Jika Anda pernah nonton film ‘The King and I’ atau ‘Anna and the King’, ketika Anna Leonowens berlabuh dengan kapal besarnya menuju istana kerajaan, di sungai inilah kapal itu berlabuh.

Map of the Chao Phraya River

Saat ini, walaupun kapal penumpang besar tidak lagi melalui Sungai Chao Phraya, tapi masih banyak kapal tongkang yang mengangkut komoditi melalui sungai ini. Sedangkan untuk penumpang komuter, tersedia boat penumpang terjadwal ataupun carter. Hampir setiap 5 menit boat ini menghampiri pelabuhan kecil (pier) yang banyak terdapat kedua sisi sungai. Karena panjangnya boat, sering disebut sebagai long tail boat.

A long-tail boat in Thailand.

Para penumpang bisa memilih boat yang berhenti di tiap pier atau yang ‘patas’ yang berhenti hanya di pier tertentu. Tak heran pada jam-jam sibuk (jam berangkat kerja, makan siang dan pulang kantor) boat ini cukup penuh dengan penumpang. Apalagi dengan tarif hanya THB 15 sekali jalan, menjadi pilihan untuk hemat uang dan hemat waktu.

Sebagai pilihan berwisata, selain Anda dapat menikmati perjalanan melalui sungai, Andapun dapat mengunjungi beberapa obyek pariwisata penting di Bangkok. Anda bisa memulai dari Pier Saphan Thaksin yang bisa dicapai dengan BTS SkyTrain Saphan Thaksin. Di pier ini Anda bisa melihat peta jalur boat dengan nama-nama pier. Saya sarankan ambil Pier Phra Athit sebagai jalur terjauh Anda.

Andapun dapat menaiki boat sampai ke arah hulu sungai’ misalnya Pier Thewes dan menikmati pemandangan sungai termasuk melewati beberapa jembatan dengan desain yang indah. Di antaranya Rama VIII Bridge yang berarsitektur sangat modern sehingga sangat kontras dengan pemandangan sungai dan tepinya.

Rama VIII Bridge at night

Di pier terakhir, Anda dapat kembali ke arah hilir dan kemudian baru berhenti di pier yang Anda inginkan. Harap diingat bahwa Anda harus membayar kembali setiap Anda naik boat.

Pier Wat Arun

Terdapat di sisi Barat sungai atau di seberang sisi dari Pier Saphan Thaksin. Temple ini adalah salah satu landmark bagi wisata Thailand.

Wat Arun viewed from the Chao Phraya River.
long tail boat cruise passing Wat Arun.

Berbeda dengan temple lainnya yang berlapis atau berwarna emas, Wat Arun dihiasi oleh mozaik dari bebatuan dan kaca, sehingga akan bersinar dengan terang dan sangat indah pada saat matahari terbit. Oleh karenanya dinamakan juga The Temple of Dawn.

Pier Tha Thie

Di sini Anda bisa mengunjungi Grand Palace dan Wat Po (Reclining Buddha). Karena Grand Palace merupakan istana dan kediaman resmi Raja Thailand, untuk masuk Anda sebaiknya berpakaian sopan, yaitu baju yang menutupi bahu dan lengan atas, serta celana panjang atau rok. Anda akan dipersilahkan meminjam kain sarung atau jubah jika pakaian Anda dirasa kurang tertutup.

The Grand Palace is a complex of buildings at the heart of Bangkok, Thailand. The palace has been the official residence of the Kings of Siam (and later Thailand) since 1782.
View of the Reclining Buddha
Wat Pho is a Buddhist temple in Phra Nakhon district, Bangkok, Thailand.

Di pier ini, Anda dapat berbelanja suvenir di pasar yang terdapat begitu Anda turun pier ini. Kudapan buah atau gorengan pasti akan menarik minat Anda juga.

Pier Phra Athit

Di sekitar pier ini terdapat bangunan ujung benteng peninggalan abad ke-18. Bentengnya sendiri merentang sepanjang wilayah Rattanakosin dan melindungi bangunan-bangunan penting seperti Grand Palace dari serangan musuh yang datang melalui Sungai Chao Phraya.

Khao San Road is a small road located about a block from the Chao Phraya River at the northern side of Rattanakosin. Backpackers and budget travellers are drawn here by some of the cheapest accommodation and travel deals in Thailand.

Selain itu, Phra Athit sangat dekat dengan kawasan Banglamphu dan Kaosan, yaitu kawasan backpacker. Anda bisa makan siang, sekedar minum atau berbelanja suvenir di sini. Banyak pilihan restoran dan kafe dengan makanan Thailand atau internasional.

Pier Thewes

Dari pier ini Anda bisa berjalan kaki ke Dusit Zoo atau ke Vimanmek Teak Palace. Vimanmek Palace merupakan istana yang terbuat dari kayu jati dan ini masih digunakan sampai saat ini oleh keluarga kerajaan sebagai salah satu istana, terutama untuk acara menjamu para tamu negara.

The Vimanmek Mansion is a former royal palace in Bangkok, Thailand. It is also known as Vimanmek Palace.
Dusit Zoo and Botanical Garden.

Sepanjang perjalanan menuju istana ini banyak restoran dan pedagang buah dan makanan kecil.

The Boat

Jika Anda menginginkan perjalan dengan boat yang lebih pribadi bersama keluarga atau teman-teman, Anda bisa menyewa boat yang berukuran lebih kecil. Anda juga bisa minta kepada pengemudi boat untuk mengarungi kanal-kanal (khlong) yang beberapa di antaranya masih dapat dilalui. Kanal-kanal ini dibuat sekitar abad ke-16 sampai ke-18. Ini menjadi bukti bahwa pada masa lalu kanal-kanal ini menjadi urat nadi transportasi dan Sungai Chao Phraya menjadi ‘jalan tol’-nya.

Chao Phraya Dinner Cruise.

Selain itu, jika Anda ingin suasana yang berbeda, Andapun dapat menikmati dinner cruise di atas boat istimewa sambil mengarungi sungai ini. Dinner cruise disediakan oleh beberapa hotel berbintang lima yang lokasinya memang terletak di tepi Sungai Chao Phraya.

Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.