Desa Nelayan Volendam Nan Indah

0
11151
Desa Nelayan Volendam

Dahulu Volendam adalah sebuah desa nelayan, tapi saat ini telah menjadi salah satu tujuan objek wisata bagi mancanegara yang berkunjung ke Belanda. Volendam terletak di Ijsserlmeer yang berbatasan dengan perairan Laut Utara. Jika dari Schipol Amsterdam International Airport berjarak sekitar 30 km dan dari kota Amsterdaam sendiri berjarak sekitar 20 km.

Semula Volendam merupakan pelabuhan di daerah Edam, sebuah kota penghasil keju di Belanda. Ketika Edam membangun pelabuhannya sendiri, Volendam lalu memisahkan diri dan membentuk menjadi sebuah desa nelayan Volendam.

Suasana dan rumah-rumah di Volendam sungguh indah, bersih dan terawat. Walaupun rumahnya kecil-kecil dan berdempetan, sangat terlihat pemilik rumahnya pasti merawat rumah dan lingkungannnya dengan baik.

Penduduk lokal gemar menggunakan sepeda.
Suasana di Volendam.

Bisa dikatakan belum lengkap jika berwisata ke Volendam Belanda jika tidak mencoba seperti:

Foto dengan menggunakan kostum tradisional dan sepatu khas Belanda

Pengunjung dapat berfoto menggunakan kostum tradisional Belanda dengan membayar sesuai tarif jumlah orangnya. Untuk satu orang tarifnya 15 Euro. Kami ambil paket untuk bertiga cukup membayar 28,5 Euro, dapat 1 buah photo ukuran 10RS, 2 buah ukuran 5R, 2 buah ukuran 3 R, 2 buah ukuran mini.

Kami memilih tempat photo di Foto Zwarthoed, karena rekomendasi dari teman banyak artis dan pejabat Indonesia yang photo di sini dan pastinya harus sabar karena antrian cukup banyak. Lucunya lagi, photographernya akan meminta kita menyebutkan kata kata “Tempe”, “buncis”, selain kata “Cheese” untuk mengungkapkan mimik wajah kita.

Noni Noni Belanda
Photo Keluarga dengan Kostum Tradisional Khas Belanda.
Banyak artis dan pejabat Indonesia yang photo di sini.

Makan makanan lokal

Cobain deh, makanan lokal seperti fish & Chip dan kentang gorengnya sangat enak, aneka gorengan seafood dan poffertjesnya yummy..

Patat Frites, french fries yang yummy.
Aneka gorengan seafood.
Restaurant Fish and Chip

Makan siang kami menghampiri restaurant De Koe, makanan lokalnya enak. Kami pesan paket sup ayam, ikan Heering, kentang panggang dan es krim sekitar 15 euro per orang. Recommended, makananya enak, suasana restaurant serasa di rumah Belanda dan penyaji nya menggunakan pakaian khas Belanda

Noni Belanda sedang menyajikan makanan.
Restaurant De Koe
Ikan Herring, kentang panggang dan salad.
Sup Kaldu ayam.. penghangat badan

Keju Edam khas Belanda

Belanda terkenal dengan kejunya yaitu keju Edam.

Say Cheese!.. enak juga di buat Kaastengels

Belanja souvenir khas Belanda

Shopping time..
Souvenir kelom kayu khas Belanda, bibit tanaman, gantungan kunci dll.

Hotel di Volendam

Salah satu hotel yang terkenal adalah Hotel Spaander Best Western, katanya banyak orang orang terkenal menginap di hotel ini seperti Ratu Belanda Beatrix, Muhamad Ali, Elisabeth Taylor dll. Hotel bergaya kuno ini bagusnya ada pintu yang langsung menghadap laut dan satunya pintu keluar langsung menuju daerah pusat wisata belanja dan restaurant.

Hotel Spaander Best Western.
Hotel Spaander- view ke laut.

Kami pun merasa puas wisata ke Volendam walaupun waktu wisata kami hanya sebentar di Volendam karena di musim dingin Januari ini angin di sekitar pinggiran laut berhembus makin kencang , temperatur sekitar 0 derajat sehingga tidak kuat berlama lama di  jalanan seputar Volendam.

Mari berkunjung desa Volendam!..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.