Family Trip di Marina Bay Sand Singapore

3
8276

Kami sekeluarga baru saja berkesempatan menghabiskan liburan tahun baru di salah satu lokasi favorit di Singapura, Marina Bay Sands Resort. Seperti biasa, karena membawa anak, tentu saja kegiatan selama liburan harus berkiblat pada anak-anak. Namun karena kebetulan juga saya dan suami baru pertama kali menginap disini, kamipun cukup gambira (excited) menjalani liburan kami di sana.

Yang kami sudah sepakati dari awal, dalam kesempatan menginap di hotel Marina Bay Sands ini, kita akan manfaatkan lokasi dan fasilitasnya yang sangat mumpuni itu. Dan ternyata 4 hari 3 malam lewat cukup cepat, saking banyaknya kegiatan yang kami lalui di area Marina Bay. Kami bahkan sama sekali tidak menginjakkan kaki di Orchard Road, saking girangnya menikmati semua keseruan di sana. Sebelum anda berteriak tidak setuju dan berkata “Ih kan haram hukumnya ke Singapur gak mampir Orchard!” mohon simak dulu rencana perjalanan (itinerary) kami. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi anda saat berkesempatan menjelajahi area Marina Bay kebanggaan Singapura, negara terkecil di ASEAN dengan pendapatan perkapita ala Eropa Barat ini. Bagaimana tidak menjadi kebanggaan, konon investasi untuk membangun Marina Bay Sands Resort ini memakan biaya 8 milyar dolar Singapura. Makanya kalau bisa menginap di sini, nikmati maksimal, biar gak mubazir.

Demikian adalah hal-hal yang bisa anda lakukan bersama si kecil di sekitaran Marina Bay Sand (Tentu saja casino tidak termasuk di sini ya)

Menikmati kamar yang besar dengan pemandangan yang spektakuler.

Beneran, kamarnya luas (spacious) banget. Dua orang dewasa dan dua anak bisa leluasa bergerak dan bersantai di dalamnya. Secara interior sih sejujurnya rada biasa dibandingkan dengan hotel-hotel bintang lima di Jakarta dan Bali, tapi luas kamarnya (dan tempat tidurnya) membuat kami betah berlama-lama menikmati kamar. Belum lagi pemandangan (view) kamar kami yang memperlihatkan keseluruhan birds eye view dari Gardens by The Bay. Mager deh judulnya. Gak papa dong, sesuai pepatah “Time you enjoy wasting, is not wasted time”.

Website: www.marinabaysands.com

Berenang di Infinity Pool terkeren dan tertinggi.

Tentu saja yang paling tersohor dan termasyhur dari Marina Bay Sand adalah infinity pool-nya yang memang keren banget. Didaulat sebagai infinity pool terbesar di dunia, terbentang sepanjang 146 meter, dengan pemandangan fantastis Singapura, membuat berenang di sini menjadi pengalaman yang epik. Selama kami menginap sayangnya cuaca tidak pernah cerah dan selalu berawan. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk merasakan langsung berenang di ketinggian 57 lantai, dan juga untuk melakukan pose foto wajib, foofie, alias foot selfie. Maklum, baru pertama kali nih.

Website: www.marinabaysands.com/sands-skypark/infinity-pool.html

Naik Sampan di Canal Level.

Dari pertama kali melihat, anak kami Lilou (3,5 thn) sudah memohon dengan sangat untuk bisa naik “sampan ride” di sepanjang Canal Level di area Mall (Shoppes at Marina Bay Sands). Untungnya batas umur untuk anak adalah di atas 2 tahun, jadi Lilou diperbolehkan untuk naik. Tapi karena adiknya yang masih bayi belum boleh, hanya Lilou yang naik bersama Papanya. Mamanya duduk-duduk manis menjaga Adik di Beanstro yang kursi di bagian luarnya menghadap persis ke bagian “danau mini” buatan yang menjadi tempat berputarnya sampan-sampan ini, diselingi semburan air dari kubah kaca yang disebut The Rain Oculus hasil karya Ned Kahn, seniman terkenal. Pas banget buat foto-foto. Harus dirasakan sih memang pengalaman ini. Tidak terlalu mahal kok, 10 dolar per orang, kalau menunjukkan kunci kamar diskon 20%. Lumayan.

Website: www.marinabaysands.com/shopping/highlights-promotions/sampan-rides.html

Beli Mainan di Mall.

Namanya anak-anak, tidak lengkap kalau pulang liburan tidak bawa mainan. Di lantai B1 Level Galleria, tepat di atas Food Court, ada toko mainan legendaris asal Inggris, Hamleys, yang bisa menjadi tempat yang tepat bagi anda untuk memberikan reward bagi si Kecil, yang sudah berkelakuan baik selama liburan. Palingan yah siap-siap strategi membujuknya keluar dari toko ini.

Website: www.marinabaysands.com/shopping/hamleys-of-london.html

Nongkrong cantik di area Promenade.

Salah satu andalan dari area Marina Bay ini adalah pemandangan dari Singapore’s Financial District yang memang ikonik banget. Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan view ini, sekaligus untuk mengabadikannya, adalah area duduk-duduk di Promenade, tepatnya di Event Plaza, sebidang area berlantai kayu yang terletak pas di sebelah butik Louis Vitton yang berbentuk modern dan geometris. Foto-foto anak disini hasilnya pasti cakep banget, apalagi kalau matahari masih bersinar.

Combo of natural light and man-made marvels, at its best. Ditambah lagi, setiap jam 8 malam disini ada pertunjukan light and water show, gratis untuk pengunjung. Bayi saya Pippa tidak berhenti menunjuk-nunjuk ke arah pertunjukan cahaya yang memakan waktu 15 menit ini.

Naik perahu/River Taxi dengan Singapore River Cruise.

Jika ingin menikmati semua landmarks terbaik Singapur secara cepat dan ringkes, ikuti full trip bersama Singapore River Cruise. Salah satu haltenya berada di area Promenade di Shoppes at Marina Bay Sand. Dari Singapore Flyer, Merlion Park, Esplanade, semua museum-museum terbaik, Fullerton Hotel, sampai Clark Quay, bisa anda saksikan dengan jelas, dan koleksi foto-foto anda pasti keren banget. Lilou dan Pippa sangat girang menyaksikan pemandangan luar biasa yang kami lewati selama perjalanan. Pastikan anda mendapatkan tempat duduk di luar untuk hasil foto maksimal. Tiap kali ke Singapore, kami tidak pernah melewatkan kesempatan menikmati layanan river taxi ini.

Namun kali ini, kami mencoba untuk pertama kalinya mengendarainya saat malam hari, saat lampu-lampu gedung sudah menyala. Seru juga! Harga 1 full trip per orang adalah S$25, tapi anda juga bisa membayar kurang dari itu kalau hanya ingin pergi ke satu halte saja.

Jalan-jalan di Gardens by the Bay.

Berjalan-jalan santai bersama keluarga di area Garden by the Bay, adalah hal yang wajib dilakukan. Anda bisa memilih untuk memasuki bagian indoor seperti Flower Dome atau Forest Cloud, dimana anda harus membeli tiket masuk, atau bisa juga hanya berkeliling menikmati area bagian luar yang gratis. Bila dari MBS, pilih rute melewati jembatan yang menghubungkan langsung hotel dengan taman canggih ini. Jangan lupa selfie bersama Super Tree-nya! Di sini yang tidak boleh dilewatkan untuk si Kecil, adalah Children’s Garden, sebuah lokasi permainan air yang pasti bikin anak anda berteriak kegirangan. Tahu sendiri anak-anak kalau sudah main air kan.

Website: www.gardensbythebay.com.sg

Naik Singapore Flyer.

Salah satu pengalaman istimewa yang kami rasakan bersama anak-anak adalah naik Singapore Flyer, bianglala tertinggi dunia dan kebanggaan Singapura, yang memberikan kesempatan pada kami untuk melihat keseluruhan area Marina Bay dari ketinggian 165 meter. Kapsul yang membawa kita berkeliling berukuran sangat luas (bisa muat 28 orang dewasa!), sehingga nyaman untuk bereksplorasi mencari angle foto terbaik (tetep ya, foto-foto objectivenya).

Kalau anda lebih niat lagi, bisa loh memesan kapsul khusus yang menyediakan high-tea, bahkan fine dining! Tentu saja biayanya ekstra. Kalau yang biasa saja sih, harga tiket per orang dewasa sekitar S$30.

Mengunjungi Arts and Science Museum.

Sempatkan ajak anak anda mengunjungi museum Arts and Science. Tidak mungkin melewatkan bentuknya yang keren banget, seperti bunga teratai yang sedang memekar. Di area luar museumpun terdapat taman teratai yang sangat cantik, dan adem buat jadi tempat duduk-duduk bersantai. Namun tentu hiburan utama adalah di dalam. Selalu ada eksibisi canggih kelas dunia yang bisa didatangi, dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, ataupun pilihan eksibisi gratis yang bisa dimasuki semua kalangan. Pengalaman yang paling menarik adalah pelajaran seputar ilmu pengetahuan yang bisa diperoleh anak, dengan kemasan yang sangat interaktif, seru dan menarik.

Website: www.marinabaysands.com/museum.html

Menikmati pemandangan di Sky Park.

Sky Park di lantai 57 adalah observatory deck yang dimiliki oleh Marina Bay Sands. Untuk tamu yang menginap, tinggal menunjukkan kartu kamar. Bagi yang lain, harus membayar sekitar S$20. Selain bisa menyaksikan pemandangan 360 derajat dari area sekitar MBS, disini juga ada restaurant untuk duduk-duduk manis dan menikmati suasana. Disini menikmati High Tea benar-benar harafiah ya artinya!

Demikian petualangan keluarga kami di awal 2016, menikmati Marina Bay Sands Resort dan sekitarnya. Kami ucapkan selamat bersenang-senang bagi anda yang berencana berlibur disini bersama keluarga (pasti senang, karena ide kegiatan tidak ada habis-habisnya), dan bagi semuanya,

SELAMAT TAHUN BARU, DAN SELAMAT MEMANFAATKAN SEBAIK-BAIKNYA CUTI 2016 UNTUK LIBUR BERSAMA KELUARGA.

3 COMMENTS

  1. waa.. asik banget nginep di marina bay sands…iya..sejak punya anak..cenderung cari yang tempat lebih kids friendly ya..mall misalnya hahaha
    jaman dulu paling suka jalan..(hotel cm buat bobo) sekarang lebih lamaan di hotelnya…huhu

  2. Haii mba.. mau ty kl nginep di Mbs apakah anak2 free? Rencana kita mau nginep 2 dewasa n 2 anak (4y& 7y). Need info.. thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.