Posted on May 20, 2017

Itinerary dan tips berlibur di Hong Kong bersama si kecil

 

666 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Pin on Pinterest0

Baru saja keluarga kecil kami menuntaskan agenda liburan keluarga ke Hong Kong. Total perjalanan 6 hari termasuk penerbangan, sehingga hari yang penuh kami habiskan berjalan-jalan adalah 4 hari. Tidak terdengar banyak, tapi kami dapati bahwa kami berhasil menjalani 4 hari yang sangat berkesan dan menyenangkan. Demikian adalah itinerary kami di Hong Kong:

Hari 1

Kami mengajak anak-anak mengunjungi Hong Kong Science Museum, di Science Museum Road, Kowloon. Karena kami menginap di daerah Central (Airbnb di area Mid Levels), kami sengaja menyeberang ke Kowloon menggunakan Star Ferry dari Central Piers. Cara murah dan menyenangkan untuk menikmati skyline Hong Kong, dan anak-anak kami (usia 5 dan 2 tahun) sangat senang menaiki ferry legendaris ini dan menikmati pemandangannya.

Tak sampai 10 menit, kami sudah tiba di Tsim Sha Tsui. Sesampai di sana, kami langsung menghampiri Space Museum yang terletak tidak jauh dari tempat berlabuhnya Star Ferry. Namun ternyata museum tersebut sedang direnovasi, jadi kami lanjutkan perjalanan menuju Science Museum menggunakan bus nomor 5 dari terminal di pelabuhan Star Ferry. Perjalanan tidak jauh, hanya melewati beberapa halte bus, kami sudah tiba disana. Kebetulan kami berkunjung di hari Rabu, dimana ternyata itu adalah hari di mana tiket masuk museum-museum di Hong Kong digratiskan! Lucky us.

Eksebisi dalam Science Museum nampaknya memang dirancang untuk pengunjung anak-anak, karena banyak sekali kegiatan interaktif yang tersedia, dan membuat anak-anak sangat betah berlama-lama disana. Ada area listrik, area konstruksi, area gelombang suara, dan banyak lagi.

Bagian paling menarik adalah di lantai atas, di mana digantung model asli ukuran sebenarnya dari pesawat pertama milik Cathay Pacific, ditambah saat kita tiba kebetulan sedang ada sebuah pameran mengenai pentingnya menjaga dunia bawah laut. Banyak patung dan gambar binatang-binatang laut yang menggemaskan!

Tanpa disadari, waktu sudah menjelang sore. Awalnya saya ingin mengajak anak-anak memasuki History Museum yang terletak pas di depan Science Museum (dan saat itu sedang mengadakan eksebisi Legendary Toys! Ok bapak-ibunya yang lebih girang sih) tapi anak-anak sudah mengeluh lapar, maka kami langsung berjalan kaki menuju Harbour City, mall terbesar Hong Kong yang terletak di Canton Road, Tsim Sha Tsui. Di sana kami menikmati afternoon snacks (enak sekali loh makanannya) dan harbor view yang mengagumkan di restaurant BLT Steak (lokasi di Harbour City Ocean Terminal).

Sesudah itu anak-anak kami ajak untuk memilih mainan di toko Toys R Us yang sangat luas dan membeli buku-buku anak berkualitas di Book Castle. Di lantai yang sama juga terdapat banyak sekali brand-brand fashion untuk anak-anak yang pasti membuat anda gemas.

Hari 2

Tepat hari ini Lilou anak pertama kami berulangtahun ke-5 dan sebagai hadiah ulang tahun kami mengajaknya ke Disneyland, menjawab keinginannya yang sudah diutarakan dari setahun sebelumnya. Tentu saja dia sangat senang dan melihatnya tertawa bahagia sepanjang hari di sana sangat membayar semua usaha untuk mewujudkan birthday trip ini untuknya. Her happiness is ours, and being at the happiest place on earth together was the ultimate joy for all of us!

Jika berlibur bersama anak-anak ke Hong Kong, Disneyland adalah agenda wajib. Walaupun Disneyland HK adalah Disneyland terkecil di dunia, namun juga dikatakan ini adalah Disneyland tercantik! Mengenai ukuran yang konon lebih “compact” dibanding themed park Disney yang lain, saya sih diam-diam bersyukur, karena mengarungi 7 area disini ( Main Street, Fantasyland, Adventureland, Tomorowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, Toy Story Land) bersama dua anak kecil sruntulan tentunya membutuhkan energi yang tidak sedikit. Jadi buat saya sih ukurannya pas, karena kalau kita atur dengan baik, satu hari kunjungan kesini sudah cukup, tidak perlu 2 hari seperti Disneyland lain.

Satu hal yang membuat Lilou paling girang selama berada di sini, adalah banyaknya hal-hal berbau “Star Wars” yang bisa dia nikmati. Kebetulan dia penggemar berat Star Wars, jadi bayangkan bahagianya mendapati begitu banyak hal tentang universe buatan George Lucas yang sekarang dimiliki oleh Disney ini. Mulai dari berfoto bersama berbagai karakter Star Wars sampai mengikuti Jedi Training Camp yang memberikannya kesempatan untuk berlatih menggunakan lightsaber dan “bertarung” melawan Darth Vader, sambil menggunakan jubah ala Padawan. Jika anak anda juga merupakan Jedi-wannabe, maka pastikan anda mengajaknya ke area Tomorrowland untuk mengikuti Jedi Training Camp ini.

Agar kunjungan ke Disneyland bisa dijalani dengan efisien dan maksimal, maka dibutuhkan strategi dan perencanaan. Demikian beberapa trip yang bisa kami bagi mengenai kunjungan ke Disneyland.

  • Belilah tiket masuk Disneyland di Indonesia, via travel agent atau online agent. Selain bisa mendapatkan harga yang relative lebih murah, anda juga bisa menghemat waktu mengantri, karena antrian akan cukup panjang di loket jika membeli di tempat, apalagi jika sedang masa high season/liburan sekolah.
  • Dari Central atau Kowloon, Disneyland bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit menggunakan MTR. Satu kali ganti gerbong khusus di Sunny Bay, dimana kita bisa menaiki MTR khusus Disneyland (Disneyland Resort Line) dengan patung-patung karakter Disney didalamnya dan jendela berbentuk kepala Mickey Mouse. Sungguh gemas!
  • Saat baru memasuki Disneyland, cari tahu terlebih dahulu jadwal special shows, performances dan parades yang terpampang di sebuah papan informasi. Jadi anda bisa menyusun agenda anda seputar jadwal tersebut, karena tentunya pertunjukan-pertunjukan khusus ini sayang sekali jika dilewatkan.
  • Jika anda termasuk tipe orangtua yang gemar mengoleksi foto anak-anak dan foto keluarga, saya sarankan untuk mendownload aplikasi Hong Kong Disneyland Photo Pass. Dengan aplikasi ini, anda bisa mendapatkan soft copy dari SEMUA foto-foto yang dijepret oleh “Mat Kodak” di seantero Disneyland Hong Kong, dengan harga yang sangat ekonomis dibandingkan membeli foto secara “ketengan”. Jadi kitapun tidak perlu terlalu repot menghasilkan foto bagus, dan bisa lebih fokus untuk bersenang-senang sambil menjaga anak. Cari tahu mengenai aplikasi ini di “Town Square Photo”, Pooh Corner, atau Space Traders di Tomorrowland.
  • Kami juga mengajak adik Lilou yang berusia 2 tahun, dan walaupun banyak yang memperingatkan kami bahwa usianya masih terlalu kecil untuk menikmati Disneyland, kami dapati bahwa Pippa sangat senang selama berada disana, karena ternyata banyak hal bisa dilakukan toddlers di Disneyland Hong Kong, dari menikmati wahana-wahana seperti: mengelilingi Disneyland dengan kereta Disneyland Railroad, naik Flying Dumbo dan Cinderella’s Carousel, Jungle River Cruise, It’s A Small World (versi original dari Istana Boneka!), dan banyak wahana toddler-friendly lainnya, juga menyaksikan berbagai show di tiap area, sampai berfoto bersama karakter-karakter kesayangan dan melihat parade Disney dan di akhir kunjungan menyaksikan pertunjukan kembang api di Main Street. Intinya, Disneyland Hong Kong sangat ramah toddler!
  • Tip terakhir, agar toddler anda bisa beristirahat, sewalah stroller khusus di pintu masuk seharga 100 dolar HK, plus deposit 100 dolar HK.

Hari 3

Di hari ini kami mengajak anak-anak berjalan-jalan di area Central untuk makan dan belanja. Restaurant kesukaan kami di area Central adalah Tsui Wah di Wellington Road. Menunya beragam, enak-enak dan harganya murah meriah. Sedangkan untuk berbelanja banyak sekali pilihannya sepanjang Queens Road Central, yang kami kunjungi adalah Adidas Store untuk membeli sneakers anak-anak dan toko Seed Heritage dengan baju-baju anak perempuan yang lucunya keterlaluan.

Kami juga berkunjung ke IFC Mall, yang menjadi rumah bagi berbagai brand internasional termasuk Apple Store sebesar 3 lantai yang selalu penuh! Yang sangat kami nikmati disana, adalah duduk-duduk di Garden Rooftop, ruang terbuka di lantai 4 IFC Mall dimana kami bisa berfoto-foto dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit ikonik milik Hong Kong island. The view is beyond amazing!

Tapi yang menjadi highlight bagi anak-anak adalah menaiki Hong Kong Observation Wheel di Central Piers, bianglala raksasa yang memperlihatkan view skyline Hong Kong dan suasana harbor dengan sangat jelas dan megah. Ini adalah must-do activity in Hong Kong bersama anak-anak.

Tip dari kami, usahakan naik menjelang matahari terbenam, jadi anda bisa menyaksikan perubahan langit dan lampu-lampu gedung menyala dari ketinggian 60 meter!

Hari 4

Pada hari terakhir kami mengunjungi Ocean Park, themed park terbesar di Asia yang telah menjadi kesayangan keluarga-keluarga di Hong Kong sejak 1977.

Tempat ini kami capai menggunakan taksi, karena lokasinya memang tidak terlalu jauh, hanya 15 menit dari area Central, kami tiba disana sesudah makan siang dan langsung menyusuri area seluas 91,5 hektar yang meliputi perbukitan dan terbagi atas dua bagian, Summit di atas dan Waterfront di bawah.

Kami awali waktu kami di area Waterfront. Pertama-tama kami memasuki gedung Aquarium besar di mana kami berkeliling menyaksikan ikan berbagai jenis dan rupa, dari ikan kecil seperti clownfish (Nemo!) dan ikan Dory, sampai Stingray. Setelah dari gedung Akuarium kami hendak masuk ke Gedung Amazing Asian Animals, karena ingin melihat Panda raksasa yang menjadi mascot dari Ocean Park. Ternyata Panda-panda tersebut sedang di isolasi karena akan menjalani proses lahiran. Semoga lancar semuanya sampai brojol ya Panda, and enjoy Mommyhood.

Gagal lihat panda, kami memutuskan untuk langsung naik ke area atas. Kami sudah mengincar dari awal untuk menaiki cable car yang akan membawa kami ke puncak perbukitan, tempat area atas berada. Sebelum menuju ke stasiun Cable Car, kami lewati dulu area bernama Old Hong Kong, satu ruas jalan yang dibuat menyerupai Hong Kong di jaman dahulu, yang diisi dengan stall makanan, stall merchandise, dan stall carnival games. Seru!

Untung kami tidak perlu mengantri untuk naik Cable Car (konon di masa liburan antriannya bisa mengular) jadi tanpa berlama-lama kami sudah duduk manis dalam cable car sambil bolak balik berseru “Wawwww” menyaksikan pemandangan di sekitar: Perbukitan tinggi di atas dan laut di samping kami, keren parah! This is definitely the highlight of Ocean Park.

Sesampai di atas, kami langsung mencari denah agar bisa langsung menuju area pertunjukan binatang laut. Tempat pertunjukkannya keren, sangat luas dan menghadap laut. Pertunjukan binatangnya sih standard: anjing laut dan lumba-lumba yang melakukan berbagai aksi. Tapi yang menarik adalah narasinya, yang selalu menggarisbawahi pentingnya menjaga kebersihan laut dan menginformasikan bagaimana seluruh masyarakat bisa ikut serta menjaga kelestarian laut pantai dan hayatinya. Seluruh narasi dibawakan dalam bahasa Cantonese dengan subtitle bahasa Inggris terpampang di layar besar. Alhasil saya harus menceritakan ulang selama pertunjukan berlangsung pada anak-anak saya yang belum bisa membaca dan pastinya tidak bisa berbahasa Cantonese. Tapi saya senang karena juga bisa mengatakan pada anak-anak bahwa laut itu harus dijaga dan dirawat.

Sekelar pertunjukan, kami lanjutkan perjalanan menuju area sharks tank, dimana kami melihat hiu berbagai jenis dari yang kecil hingga besar, sekaligus belajar banyak hal mengenai keluarga hiu yang kondisinya semakin terancam oleh pemburuan sirip. Di sini kami juga kembali diingatkan bahwa keberadaan hiu merupakan syarat sehatnya ekosistem bawah laut, dan membunuh ikan hiu hanya untuk siripnya merupakan kejahatan serius yang dapat membuahkan hukuman penjara di Hong Kong. Siap, we love hiu!

Dari mengagumi ikan hiu, kami memasuki gedung Sea Jelly Spectacular. Ubur-ubur dari yang sekecil debu sampai yang besar semua bisa disaksikan dalam akuarium yang sudah diiluminasi cahaya berbagai warna yang berpendar mengikuti gerakan ubur-ubur berenang. So trippy! Saya dan anak-anak menghabiskan waktu cukup lama disini karena sangat menikmati menyaksikan binatang-binatang yang berhasil hidup jutaan tahun di bumi tanpa memiliki otak ini. Ternyata memang bisa ya hidup tanpa otak. Banyak manusia, selain ubur-ubur, yang telah membuktikan.

Di area atas ini juga banyak terdapat wahana permainan untuk adrenaline junkies. Berhubung anak-anak belum bisa menaikinya, saya dan anak-anak menunggui bapaknya bermain sambil makan. Ada banyak kok pilihan makanan yang bisa dinikmati anak-anak, jadi tidak perlu khawatir membawa anak-anak kecil kesini. Di akhir hari, sebelum mereka menutup seluruh theme park, Ocean Park menghadirkan pertunjukan water and laser show di danau besar di tengah area Waterfront. Jadikan sebagai penutup yang berkesan. Ocean Park was great fun, for the whole family.

Tips tambahan

Demikian itinerary kami, semoga bisa memberikan informasi dan referensi yang dibutuhkan jika anda kebetulan akan berkunjung ke Hong Kong bersama si Kecil. Saya tambahkan beberapa tips dan trik, berdasarkan pengalaman kami, agar acara jalan-jalan anda di Hong Kong bersama anak-anak semakin menyenangkan.

  • Saat baru tiba di Hong Kong airport, langsung beli Octopus card yang bisa digunakan untuk semua transportasi umum di Hong Kong, dari MTR, bis, tram, bahkan ferry. Kredit kartu bisa disesuaikan kebutuhan dan lama liburan. Sangat praktis!
  • Selayaknya semua negara/kota dengan infrastruktur dan pelayanan transportasi publik yang mapan, Hong Kong sangat menyenangkan untuk dijalani dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian dan sepatu yang nyaman!
  • Menurut pengalaman pribadi kami, di Hong Kong agak sulit untuk membawa stroller kemana-mana, karena topografi Hong Kong yang berbukit menjadikan banyak jalanan yang naik turun secara ekstrem, banyak sekali tangga dimana-mana, dan kondisi trotoar juga tidak rata. Jadi kami memilih untuk mengajak anak-anak berjalan kaki bersama kami, atau kalau si bungsu yang berumur 2 tahun kecapekan, kami gendong. Sekalian olahraga.
  • Karena kondisi cuaca di Hong Kong cukup unpredictable, cari tahu prakiraan cuaca tiap harinya, agar bisa menyiapkan pakaian sepantasnya.

Tips terakhir, be flexible, have fun and enjoy each other’s company.

Selamat menikmati Hong Kong yah!

 

 

written by:

grateful mother and happy wife | broadcaster at 90.4 @CosmopolitanFM | pop culture enthusiast | dances on all surfaces
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Send author a message

 

Top 10 New Destinations
    WordPress database error Table './k9446643_wp1/wp_adrotate_stats' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT SUM(`clicks`) as `clicks`, SUM(`impressions`) as `impressions` FROM `wp_adrotate_stats` WHERE `ad` = 7 AND `thetime` >= '1376041080' AND `thetime` <= '1522620000' GROUP BY `ad` ASC; made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/main/single-mydestinationtype.php'), adrotate_ad, adrotate_filter_schedule, adrotate_stats
  • Taiwan (1)
  • Saudi Arabia (1)
  • Swiss (1)
  • Norwegia (1)
  • Iceland (1)
  • Israel (1)
  • Italy (1)
  • Turkey (5)
  • Austria (1)
  • German (1)

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes