Jalan-Jalan Ke Belitung, Negeri Laskar Pelangi

5359
Pantai Tanjung Tinggi

Gara-gara Libur Keluarga, terus terang saya jadi terinspirasi untuk lebih banyak travelling terutama bersama anak saya. Dan karena anak saya sejak umur 9 bulan sudah saya ajak travelling kemana-mana, Alhamdulillah sekarang di umurnya yang hampir 6 tahun, dia juga selalu menikmatinya dan gak pernah bikin ribet (kecuali soal bangun pagi hehehe ).

Baru saja saya membuat resolusi untuk liburan ke lebih banyak tujuan di Indonesia, tiba-tiba ada ajakan dari ibu mertua yang ada rapat di Belitung.

Beliau mengajak saya dan anak saya untuk menyusul sekalian berlibur. Tentu saja tawaran ini langsung saya terima dengan antusias.

Penerbangan

Untuk saat ini penerbangan ke Belitung (TanjungPandan) dari Jakarta hanya tersedia Batavia Air dan Sriwijaya Air. Tetapi menurut informasi, per 2013, Garuda Indonesia akan membuka penerbangan dari Jakarta ke Tanjung Pandan. Tetapi pesawatnya sih menurut saya cukup decent dan baru. Jadi tidak perlu khawatir. Penerbanganhanya 1 jam. Saya mengambil penerbangan pagi supaya bisa memaksimalkan hari.

Belitung ini termasuk yang bisa dinikmati sebagai satu weekend getaway, berangkat Jumat pagi, pulang Minggu siang atau sore. 3 hari 2 malam cukup.

Juga disarankan untuk mengatur transportasi penjemputan di bandara dengan hotel tempat kita menginap karena tidak ada taxi.

Penginapan

Ada beberapa pilihan hotel yang bagus di Belitung. Tetapi yang menurut saya memiliki pantai paling bagus adalah Lor In. Hanya memiliki sekitar 20 kamar (6 Junior Suite dan 14 kamar Deluxe ), disarankan untuk booking jauh-jauh hari karena biasanya di musim liburan atau weekend kamarnya fully booked.

Untuk detailnya bisa cek ke lorinbelitung.com. Enaknya lagi, semua kamar menghadap pantai. Sungguh menyenangkan.

Beberapa tips saya:

• Hotel Lor In, jauh dari mana-mana. Untuk ke kota membutuhkan waktu 30 menit (dengan no traffic, 30 menit adalah jarak yang cukup jauh). Dan juga di sekitar hotel tidak ada restoran atau mini market. Jadi disarankan sebelum ke hotel, ke kota dulu untuk belanja snack dan keperluan-keperluan lainnya, jadi tidak perlu bolak balik. Menu makanan di restoran cukup variatif, tetapi terkadang ada beberapa menu yang tidak tersedia karena bahan yang belum available.
  • Karena staff terbatas, waktu tunggu pada saat order makanan juga cukup lama. Jadi disarankan untuk memesan dulu 30 menit sebelum anak-anak keburu lapar.
  • Tidak ada keriaan di sekitar hotel, benar-benar tempat yang pas untuk relax dan menikmati keindahan pantai yang sepi. Tetapi just in case cuaca buruk, dan tidak bisa main keluar, disarankan tetap siap sedia dengan game (gadget) atau board game atau card game supaya anak-anak tidak bosan.
  • Diskusi melalui telfon atau email dengan staff hotel sebelum tiba di sana, untuk mengatur beberapa kegiatan / tour yang bisa dilakukan di sana.

Apa saja yang bisa dilakukan di Belitung

Memang sewaktu tiba, kalau anda terbiasa ke Bali, pasti akan bingung dengan hotel dan pantai yang sepi. Memang pariwisata di Belitung masih under-developed, tetapi sesungguhnya hal ini cukup menyenangkan. You can have the beach all for yourself!

Berikut adalah beberapa hal yang bisa di lakukan selama berlibur di Belitung :

1. Main di Pantai

Tentu saja ini nomer satu yang ada di kepala saya. Saya dan anak saya senang main di pantai, dan itulah tujuan kami ke sana. Pantai Lor-In yang sepi dan bersih cukup memuaskan bagi kami. Tapi tentu saja kami harus menjelajah ke pantai-pantai yang lain. Salah satu pantai yang kami kunjungi dan tidak begitu jauh dari hotel adalah Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Bilik. Pantai ini jadi sangat popular gara-gara film Laskar Pelangi.

Di batu-batu besar di pantai inilah salah satu adegan paling terkenal dari film tersebut diambil. Pantainya sendiri sangat menyenangkan. Pasirnya bersih, air jernih dan tenang, dan batu-batu yang besar. Anak-anak betah seharian bermain.

Di sini juga disewakan ban, pelampung, perahu karet dan kano. Disarankan untuk siap menghabiskan waktu seharian di pantai ini. Banyak rumah makan juga di sini dan jajanan. Jadi tidak perlu takut kelaparan.

Untuk bilas dan mandi juga tersedia di beberapa rumah makan yang besar.

2. Mencicipi makanan setempat

Tidak sah rasanya berlibur ke suatu tempat dan tidak mencicipi makanan setempat. Salah satu rumah makan yang saya rekomendasikan adalah RM Benaria. Terletak di pantai Tanjung Tinggi, rumah makan ini menyediakan berbagai makanan laut.

Makan siang di benaria

Makanan khasnya adalah Gangan(ikan kuah kuning, diberi irisan nanas muda). Ikan yang khas dari Belitung adalah Ketarap, Ilak dan Kerisi.

3. Island Hopping

Akibat cuaca buruk kemarin, ini gagal kami lakukan. Makanya kami berniat untuk kembali lagi mengunjungi Belitung di bulanl Maret atau April saat sudah tidak musim hujan. Hotel bisa mengatur pemesanan kapal dan guide dan juga paket bersama makan siang untuk island hopping ini.

Biasanya seharian (sekitar 8 jam sewa kapalnya) dari pagi sekitar jam 8 pagi berangkat. 3 pulau yang wajib dikunjungi adalah Pulau Babi, Pulau Pasir dan Pulau Lengkuas. Nikmati keindahan alami pantainya dan puaskan diri main di pantai dan foto-foto.

4. Belanja oleh-oleh

Seperti layaknya orang Indonesia pada umumnya, berlibur berarti harus bawa oleh-oleh. Tempatnya ada di kota Belitung, di Galeri KUKM. Terletak di jalanSriwijaya, TanjungPandan. Kerupuk Ikan, Belacan, Abon Ikan, Kopi Belitong dan macam-macam snack lainnya bisa dijadikan oleh-oleh. Ada juga tshirt dan aksesoris seperti kalung, gelang dan gantungankunci. Karena anak saya perempuan dia senang sekali saat saya beri kesempatan memilih kalung dan gelang berbahan dasar kerang untuk oleh-oleh sepupunya dan si mbak di rumah.

5. Aktifitas lain yang bisa di lakukan

• Mengunjungi Muhammadiyah Laskar Pelangi.
  • Ngopi di warung kopi setempat. Ngopi adalah salah satu culture dari Belitung yang kental. Dari kalangan atas sampai bawah, semua senang nongkrong di warung kopi. Bahkan kota Manggar (ibukota Belitung Timur) pernah mendapat penghargaan dari MURI sebagai kota paling suka ngopi-ngopi (not exactly itu sih judul awardnya, tapi you get my point )
  • Jika ingin mengenalkan si kecil dengan kehidupan nelayan, bisa mengunjugi Kampung Nelayan di Tanjung Binga.

Saya senang sekali dengan keindahan pantai di Belitung. Saya pun berjanji kepada anak saya, bahwa kita akan kembali lagi. Dan saya semakin bertekad, untuk mengunjungi lebih banyak tempat di Indonesia yang kaya ini.