Posted on July 1, 2013

Keliling Shinjuku dan sekitarnya

 

3692 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Pin on Pinterest0

Karena anak-anak sudah terlanjur melihat Yoshinoya dekat Sunroute Plaza Hotel yang kami tempati, jadinya dengan menggebu-gebu mereka ingin mencoba makan beef bowl ditempat aslinya.

Untuk diingat:

Area duduk di Yoshinoya Tokyo dibuat ala bar, jadi bukan berupa pengelompokan meja makan seperti restaurant pada umumnya. Makan di sini benar-benar fast food dalam arti sebenarnya. In and out. Karena penuh pada jam makan, maka pengunjung diharapkan untuk segera beranjak begitu selesai makan dan bayar. Harga makanan berkisar antara ¥380 sampai ¥629 (Rp.38.000 sampai  Rp.63.000)

yoshinoya seating

yoshinoya seating.

Menu yang disajikan hampir sama dengan yang di Indonesia, hanya ada tambahan menu unagi, salmon dll.

Yoshinoya Menu

Yoshinoya Menu.

Must try: Beef bowl dengan tambahan daun bawang dan kuning telor mentah. Juga unagi dan salad dengan pilihan dressing yang yummy!

Beef Bowl dengan tambahan daun bawang dan kuning telor mentah

Beef Bowl dengan tambahan daun bawang dan kuning telor mentah.

Di restaurant casual seperti ini, minuman disediakan gratis: teh atau air putih (walaupun tap water, tapi bersih).

web: www.yoshinoya.com

Transportation around the city

Naik kereta di Tokyo memang agak sedikit rumit. Butuh kesabaran dan waktu agar terbiasa. Intinya, jangan keder.

Train Station

Train Station.

Tips:

  1. Pilih satu tujuan (destination) tiap hari
    Fokus untuk menghabiskan hari di satu lokasi saja. Selain irit waktu, dan menghindari stress saat berganti kereta.
  2. Perlu diingat JR line dan Metro Line jika ingin membeli tiket
    Tiket machine juga beda-beda tergantung tujuan yang diinginkan.
  3. Ambil peta subway kemanapun Anda pergi
    Gratis dan tersedia dalam bahasa Inggris.
  4. Jangan panik kalau salah arah atau nyasar
    Anda bisa turun di perhentian berikut untuk pindah ke line yang tepat.
  5. Jangan ragu untuk bertanya
    Orang Japan sangat membantu (helpful) untuk memberitahukan arah.
  6. Rule of thumb
    Misalnya, Dari Shinjuku ke Kamazane terlihat lebih dekat di peta jika ganti line merah, hijau dan kuning. Tapi kenyataannya jika ganti train, kita akhirnya akan jalan kaki jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tetap di 1 line of train longer, dan cuma ganti train sekali.

Satu  hal tambahan. Di Shinjuku JR Station dan Ginza Station perhatikan kios-kios yang jual Tokyo Banana dan kitkat dengan rasa yang ajaib.

Tokyo Banana

Tokyo Banana.

Tokyo Kit Kat

Tokyo Kit Kat.

Food place near sunroute hotel

Selain Yoshinoya, KFC dan McDonald for the kids, masih ada beberapa tempat makan alternatif lain untuk dinner/lunch sekeluarga. Tentunya dengan harga yang sama.

Sushi Place dengan conveyor belt. Letaknya di persimpangan Shinjuku, sebrang Shinjuku Station, sebelah Yoshinoya. Sushi berkisar ¥120 sampai ¥400. Enak dan kenyang tanpa bikin stress kantong.

Chikara Meshi. Mirip Yoshinoya tapi pilihan menunya lebih beragam dan sadis! Jangan berharap fancy place, tapi expect great food for cheap. Harga berkisar ¥500 sampai ¥800. Chikara Meshi adalah restaurant chain, jadi google untuk lokasi dekat Anda. Pilihan saya jatuh pada Curry Beef with Rice dan Hot Plate Daging Panggang.

chikara meshi curry with beef.

chikara meshi curry with beef.

Nah cara pesan di sini (seperti pada kebanyakan restaurant casual di Jepang) menggunakan machine – seperti vending – untuk memilih menu dan bayar. Anda akan mendapat kupon makanan Anda untuk nantinya ditukar ke pelayan.

chikara meshi menu,

chikara meshi menu.

chikara meshi payment

chikara meshi payment

Karena semua dalam bahasa Jepang, jadi masukkan uang anda, dan pilih gambar menu yang anda mau. Simple, tapi kalau kurang yakin, pelayan di sini sigap membantu.

Ippudo Ramen. Area paling dekat dari Shinjuku adalah area Ropponggi (satu perhentian dari Shinjuku). Kecil dan agak terselubung, but worth the trip. Best ramen so far. Ippudo adalah ramen chain yang sukses berat di NYC.

Food area Odakyu mall. Department store food floor di basement menjual beragam makanan dengan harga terjangkau, seperti bermacam salad, sushi (setelah jam 5 sore discount 50%).

Food area Odakyu mall

Food area Odakyu mall

Food area Odayku Mall

Food area Odayku Mall

Masalahnya, makanan ini tidak boleh disantap di lokasi karena tidak tersedia meja untuk makan. Tapi, jika tidak hujan, mereka menyediakan tempat di rooftop on their mall untuk makan. Biasanya ada area bermain untuk anak-anak juga. Areanya cukup menyenangkan untuk wind down after shopping.

 

 

written by:

a seeker who explores nightmares

The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes