Posted on December 13, 2012

Kota Medan: Culinary Heaven

 

18496 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook17Pin on Pinterest0

Klaim bahwa Medan adalah kota beragam kuliner lezat itu sama sekali gak bombastis kok. Perpaduan antara berbagai budaya lokal dan luar menjadikan kota ini unik dengan cita rasa yang variatif untuk memuaskan foodie-lover dari manapun. Gak heran bila kota Medan disebut sebagai Cultural Melting Pot, dikarenakan letak geografisnya yang berada di pesisir timur pulau Sumatera. Pengaruh budaya Melayu Islam dari Aceh dan Cina Peranakan dari Malaysia (Penang hanya 20 menit jarak terbang dari Medan), dikawinkan dengan budaya lokal Batak yang mayoritas Kristen, membuat kota Medan kaya akan budaya dan rasa.

Jarang sekali ketemu makanan di kota Medan yang “gak enak”, paling tidak standar lah. Mulai dari yang dijual di pinggir jalan (hawker) sampai di restoran-restoran. Their standard is high, and their taste bud is impeccable. Mari kita telusuri beberapa destinasi makan yang lezat di kota ini, mulai dari yang common sampai ke yang obscure (gak banyak yang tahu). Mulai dari yang halal sampai yang gak halal.

Jalan Selat Panjang / Jalan Semarang

Kalau ke Medan, jangan sampai tidak ke blok jalan Selat Panjang dan jalan Semarang. Rugi! Some of the best hawker foods in town are there. Saksang goreng (babi goreng), bakmi Hokkien dan  bakmi Tiongsim (dua makanan bakmi khas Medan juga) terenak di Medan ada di sini. Oke, makanan-makanan ini memang mengandung babi (atau minyak babi), tapi banyak juga kok yang tidak.  Coba saja Nasi Ayam khas Medan (Nasi wangi dengan ayam goreng dan sambal petai), Ifumie Goreng Seafood, dan aneka ragam kue/dessert khas Medan.

Jl. Selat Panjang and Jl. Semarang: Some of the best hawker foods in town are here.

Jajanan Kuliner di Medan.

Oh ya, cari gerobak martabak coklat/keju/kacang yang banyak antrian, pesan martabak tipisnya. Dijamin nagih!

Kari Ayam / Sapi Tabona

Makan kari ayam/sapi tanpa santan biasanya pasti tidak seenak yang pakai, tapi Kari Ayam/Sapi Tabona ini dimasak cuma pakai susu tapi enaknya gak bikin eneg. Makannya bisa pakai nasi atau mie/bihun. Antrian di saat lunch/dinner time biasanya lumayan, jadi agak sabar saja kalau mau dapat tempat duduk dan meja. But trust me, it’s all worth it!

Kari Ayam/Sapi Tabona ini dimasak cuma pakai susu tapi enaknya gak bikin eneg.

Kari Ayam/Sapi Tabona ada di Jalan Mangkubumi, belakang hotel Hermes Medan di Jalan Pemuda.

Warung Tenda Elizabeth

Tempat nongkrong kota Medan kalau sudah malam, persis di seberang Rumah Sakit Elizabeth. Sepanjang hamper 500 meter dan puluhan tenda yang jualan beragam macam Indomie dengan berbagai resep dan roti bakar. Cari Warung Amri & Bacan, pesan Indomie Goreng nya. Dijamin gak pernah ngerasain Indomie Goreng yang kayak gitu! Gurih dengan rasa kari dan enaknya pol.

Merdeka Walk

Satu lagi tempat nongkrong di kota Medan, yang ini lebih gaya! Warung-warung dan restoran di tata rapi di sepanjang block sepanjang 200 meter, persis di Lapangan Merdeka, pusat kota Medan. Kalau mau cari makanan enak dan hiburan malam, di sini salah satu tempatnya.

Merdeka Walk: Kalau mau cari makanan enak dan hiburan malam, di sini salah satu tempatnya.

Setiap weekend, ada Live Band dan aktifitas macam-macam.

Warung Kopi (Warkop) Kurnia

Simply the best nasi/mie/bihun goreng in town. Harga Rp. 25.000,- tapi porsinya besar dan daging banyak. Mau ayam, bakso ikan, babi, lapciong, udang, ati ampela. You name it, semuanya ada! Digoreng pakai telor bebek pula. Di pojok Jalan Mesjid di Medan, warung ini sudah lama ada di Medan, yang masak juga engkoh atau enci yang sama dari tahun ke tahun. Pasangan suami istri ini masaknya memang agak lama, jadi siap-siap antri!

Nasi Campur (Chasio) Asan

Suka chasiu merah, babi panggang dan babi madu crispy, gak usah kemana-mana lagi. Disini tempatnya, Jalan Sun Yat Sen. Come early, sebelum jam 3 siang biasanya sudah abis dagingnya.

Rumah Makan Mewah (Taihua)

Ini dia restoran yang sudah eksis lebih dari dua puluh tahun. Jangan tertipu dengan penampakan restorannya yang kecil dan sangat biasa, masakan Chinese food-nya termasuk salah satu yang terenak di kota ini. Yang wajib coba adalah Udang Sambel Tauco Pete, Ikan dimasak Tahu Tausi dan tentunya the legen – wait for it – dary Ayam Goreng Mentega. Dijamin, tidak akan pernah ketemu ayam goreng mentega yang dimasak seperti ini di dunia manapun. Sausnya pakai butter atau caramel atau honey, tidak jelas resepnya apa, tapi enak luar biasa!

Lokasi di Jalan Perdana, masuk dari jalan Ahmad Yani (belok kiri dari Indomart)

Mie Rebus Waringin

Mie-rebus dan es campur terenak di kota Medan. Dan jangan lupa pesan sate kerangnya. Gak pakai basa-basi, coba aja langsung! Lokasi di Jalan Waringin

MIE REBUS WARINGIN

 

 

written by:

I won a wet t-shirt contest!

The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes