Posted on September 24, 2017

Sleeping, Shopping and Dinning in Tsim Sha Tsui, Kowloon

 

676 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook1Pin on Pinterest0

Bagi yang pernah bepergian ke Hong Kong, pasti setuju bahwa distrik Tsim Sha Tsui di Kowloon memang merupakan salah satu area terfavorit bagi banyak turis, karena lokasinya sangat strategis, pas di pinggir laut di Victoria Harbour dan menghadap langsung ke arah skyline Hong Kong yang ikonik itu. Di sana juga bisa didapatkan beberapa objek wisata legendaris, seperti Kowloon Park, Hong Kong Cultural Centre, dan Avenue of The Stars dengan harbor front areanya yang sangat indah untuk sightseeing, tapi sayangnya sampai saat ini Avenue of The Stars masih dalam renovasi, untungnya tetap ada bagian yang dibuka untuk bisa menikmati suasana sekitar, juga menyaksikan pertunjukan Symphony of Lights, dan pastinya untuk bisa berfoto dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit Hong Kong.

Tsim Sha Tsui atau yang biasa disebut TST oleh penduduk lokal juga merupakan surga belanja, dengan banyak sekali pilihan tempat untuk memuaskan napsu belanja terkalap sekalipun. Mulai dari high-end brands di Canton Road hingga street fashion di Nathan Road, semua bisa didapatkan di area ini. Kalau berbicara soal pilihan wisata kuliner, TST juga tidak ada habis-habisnya menyediakan berbagai pilihan tempat makan, mulai dari makanan asli Hong Kong, Asian food, western food, fusion, sampai tempat ngopi, lengkap deh pokoknya!

Maka dari itulah saat trip terakhir ke Hong Kong di awal September tahun ini bersama sahabat-sahabat perempuan saya (yang sudah seperti keluarga karena kami berteman sejak SD!), saya senang sekali karena berkesempatan untuk menghabiskan banyak waktu di area TST, khususnya di Harbour City dan Canton Road (ketahuan deh ya, agenda utamanya belanja haha).

Bagi yang hendak berlibur ke Hong Kong bersama keluarga dan sedang mencari inspirasi untuk akomodasi, belanja, dan makan-makan di area TST, saya akan bagi beberapa pengalaman yang semoga bisa membantu anda menyusun itinerary anda nanti.

SLEEPING – MARCO POLO HONG KONG HOTEL

Jika anda mencari kenyamanan dan kepraktisan, maka hotel ini akan menjadi pilihan tepat bagi anda. Lokasinya sangat strategis, di tengah-tengah Canton Road, sangat dekat ke stasiun MTR dan juga karena terletak bersisian dengan Victoria Harbour, tinggal berjalan kaki ke Star Ferry terminal jika hendak menyeberang ke area Central Hong Kong via laut (hanya 5 menit saja sudah sampai di terminal Central!). By the way, menyeberang naik Ferry ini masuk ke dalam list 50 pengalaman yang harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup oleh National Geographic loh!

Tentunya yang juga membuat kami sangat senang adalah adanya akses langsung ke Harbour City, mall terbesar di Hong Kong dengan beragam pilihan tempat makan dan juga area supermarket yang sangat lengkap. Very convenient! Saya membuat mental note, next family trip bersama anak-anak saya pasti akan menginap disini, karena tentu akses ke Mall ini akan sangat memudahkan kami. Saat kami menginap disana, kebetulan beberapa kali turun hujan, tapi kami tidak merasa dirugikan, karena sembari membunuh waktu menunggu hujan reda kami tinggal turun menjelajahi Harbour City, dan tentu saja kami keasyikan di sana.

Kami menginap selama 4 hari 3 malam di kamar tipe Deluxe, sekamar bertiga dengan tambahan extra bed, dan kami merasa sangat nyaman. Kamarnya luas dan bersih, dengan design interior yang elegan, kasur bantalnya empuk, dan ruang kamar mandinya juga spacious, lengkap dengan bath tub dan shower. Kami tiap malam merendam kaki di bath tub setelah seharian berjalan kaki kesana kemari haha.

Namun yang membuat kami paling terkesan adalah servis dari staff hotel yang sangat cekatan dalam melayani semua permintaan dan kebutuhan kami. Mulai dari check-in, saat staff reception desk yang menerima kami tahu bahwa kami menjalani early flight dan kurang tidur, langsung mengusahakan agar kami bisa secepatnya masuk ke dalam kamar untuk beristirahat dan mengantarkan kami untuk menunggu kamar dibereskan sambil duduk-duduk di Continental Club Lounge. Nice warm service! Sampai check out pun kami kagum dengan dedikasi mereka untuk memastikan kami mengakhiri kebersamaan di hotel ini dengan nyaman.

 

Tip penting: Kami meminta kamar deluxe dengan harbor view, dan kami sangat tidak menyesal, karena pemandangan yang kami dapatkan di jendela kamar di lantai 17 ini SUNGGUH EPIK. Rasanya seperti mimpi setiap bangun melihat pemandangan Hong Kong ala postcard ini! Rasanya tidak salah kalau dikatakan, pemandangan ini disebut sebagai “the most dramatic harbor view in the world” oleh banyak situs wisata internasional.

 

Kami juga menyarankan agar anda mengambil kamar dengan fasilitas akses ke Continental Club Lounge, penting sekali. Disana anda bisa duduk-duduk sambil menikmati sajian makanan dan minuman, KAPAN SAJA, termasuk juga di jam Happy Hour (nothing says holiday like a glass of chilled wine in the afternoon, I’d say). Kami selalu menikmati sarapan disini, pilihan breakfast buffetnya beragam dan enak-enak, dengan suasana yang santai dan menyenangkan.

Overall, pengalaman kami menginap di Marco Polo Hong Kong Hotel sangat memuaskan. Great location, great facilities, and great service. Very recommended for a family vacation, or couple’s trip, or with a bunch of friends. Most importantly, it has great value for money.

SHOPPING: HARBOUR CITY

Seperti yang saya ceritakan diatas, hotel kami memiliki akses langsung ke Harbour City, jadi tentunya kami menghabiskan banyak waktu disini. Setiap hari selama trip 4 hari kami mengunjungi mall terbesar dan terlengkap di Hong Kong ini, namun tetap saja tidak bosan, bayangkan dengan area seluas 185 ribu meter persegi dan lebih dari 450 toko, shopaholic paling hardcore pun akan puas jalan-jalan disini. Untungnya disini juga tersedia lebih dari 60 restaurant, karena tentu butuh energi kan untuk sesi marathon belanja disini, agar bisa mengarungi 3 area utamanya Gateway Arcade, Ocean Terminal dan Ocean Centre.

Tentunya kami sangat menikmati shopping spree kami di Harbour City, karena kami bisa menemukan banyak brand yang tidak tersedia di Jakarta. Bahkan untuk window shoppingpun sangat menyenangkan, karena kebanyakan high-end brands yang bertempat di Harbour City ini menampilkan window display dengan konsep seru dan menarik. Orang-orang saja sampai berhenti dan foto-foto loh di depan window displaynya (termasuk saya tentunya haha).

Inilah beberapa hasil belanjaan kami di Harbour City selama 4 hari 3 malam (yes sampai hari terakhirpun belanja dong!), siapa tahu bisa jadi referensi:

  • Victoria Beckham Estee Lauder make up di Lane Crawford (koleksi make up kolaborasi Estee Lauder dengan Victoria Beckham Second Capsule for Autumn Winter 2017 ini belum ada loh di Jakarta. Produk-produknya bagus dan cocok jika anda menyukai beauty look ala Vic Bekham yang modern dan sleek. Favorit saya adalah Aura Gloss, highlighter serba-guna yang memberikan efek kilap, produk-produk Eye Wear untuk menciptakan Smokey Eyes, terutama Smudgy Matte Eyeliner in Graphite dan juga Matte Lipstick Black Cassis yang warnanya deep burgundy, keren!) Kebetulan, karena kami tiba di hari peluncuran line make up ini, kami pun ditawari untuk make-over menggunakan produk-produk kebanggaan terbaru Estee Lauder ini. Tentu saja kami tidak menolak.
  • Baju dari COS (fashion apparel asal Swedia yang satu grup dengan H&M ini wajib banget dikunjungi, modelnya lucu-lucu, bahannnya berkualitas dan paling dekat tokonya hanya ada di Hong Kong. Di Singapore saja tidak ada loh)
    – Sepatu sneakers dan baju dari Nike Kicks Lounge (toko Nike ini berbeda dari toko Nike biasanya, disini anda bisa mendapatkan customized Nike sneakers dan koleksinya juga sangat lengkap dan teranyar)
  • Ballet flats Repetto (flats yang digandrungi fashionista ini pilihan warna dan modelnya sungguh menggemaskan)
  • Oleh-oleh snacks dan coklat di C!tySuper area (Sumpah ya, kami tiap hari mengunjungi area supermarket ini dong, karena disini dijual berbagai makanan segar dan lezat dari sandwich, soft serve ice cream, sampai sushi yang kalau sudah malam diskon 50%! Tapi yang paling bikin kalap adalah pilihan snacks dan coklatnya yang enak-enak dan tidak bisa ditemukan di Jakarta)
  • Parfum dan make up dari Joyce. Department store kecil ini menyenangkan sekali untuk dilihat-lihat karena koleksi baju, sepatu, dan makeupnya sangat exclusive dan keren-keren dan tidak bisa didapatkan dari tempat lain.
  • Buku anak-anak di Book Castle. Walaupun kecil, toko buku ini lengkap sekali koleksi buku anak-anaknya, saya selalu membeli buku disini untuk oleh-oleh anak-anak. Lebih serunya di kawasan dimana Book Castle berada, Ocean Terminal Ground Floor, anda bisa mendapati butik-butik high end khusus koleksi anak-anak, dari Burberry Children, Gucci Kids, Ralph Lauren Childrenwear, Bape Kids, Armani Junior, dan banyak lagi. It’s a Kid’s Paradise!
  • Mainan di Toys R Us (saya bisa diprotes kalau tidak bawa pulang mainan anak-anak)
  • Boneka dan mainan di Donguri Republic Shop, yang menjual merchandise Ghibli. Saya kebetulan adalah penyuka berat film-film karya Hayao Miyazaki, jadi bayangkan betapa girangnya saat menemukan satu buah toko khusus merchandise film-flim Ghibli seperti My Neighbour Totoro, Spirited Away, Kiki Delivery Service, Ponyo, dan banyak lagi. Dari boneka, mainan, tas, baju, dan berbagai pernak-pernik bisa ditemukan disini. Toko ini terletak di area LCX di Ocean Terminal, yang dimana didalamnya banyak sekali terdapat brand-brand fashion seru dan juga booth snacks yang menggugah selera, sepert misalnya Tokyo Milk Cheese Factory yang terkenal itu! (kami memborong berbagai pilihan rasa cheese-crackers terlezat di dunia ini)

 

Saya tidak yakin apakah list belanja ini sudah lengkap, karena kami lumayan kalap belanja disana selama trip ini. Ditambah lagi, karena kami menginap di Marco Polo Hong Kong Hotel yang dimana kamar kami terletak pas di atas Harbour City, kalau kantong belanjaan mulai terasa berat, kami langsung menuju kamar dulu untuk menaruh kantung belanjaan, mampir ke Continental Club Lounge untuk minum dan nyemil, baru lanjut belanja lagi kebawah dengan tenaga baru. Ini sekaligus bisa jadi tip buat anda ya!

Di Harbour City anda juga bisa mendapati butik Louis Vitton terbesar kedua di dunia, flagship store Chanel, Hermes, dan berbagai high-end brand lainnya. Bagi penggila sepatu, wajib mengunjungi Shoe Library di Lane Crawford yang menyediakan pilihan 200 brand sepatu dan aksesoris. Mau nangis bahagia rasanya melihat surge sepatu ini.

Kalau anda penyuka dessert, ada banyak sekali pilihan seru di Harbour City: Godiva Chocolatier, Laduree untuk macaroon, Agnes B Café, Lady M (cabang dari New York City dengan cheesecake yang disebut terenak di dunia) iCremeria (dengan menu dessert Jepang yang luar biasa enaknya), dan juga Viviene Westwood Café, yang tentunya fashionable sekali dan sangat menarik untuk konten sosial media anda.

Jika memungkinkan, and juga bisa menapak keluar ke jalan Canton Road, yang sangat terkenal di Hong Kong sebagai pusat belanja kelas dunia, sama seperti Champs-Elysees di Paris atau Fifth Avenue di New York City.

Secara keseluruhan, Harbour City merupakan mall yang wajib dikunjungi, dan sesungguhnya ia lebih dari sekedar mall, tapi merupakan satu kompleks objek wisata lengkap, untuk shopping, dining dan sightseeing.

 

Tip Penting: bagi penyuka kopi, di sela-sela shopping time mampirlah ke The Coffee Academy di lantai 2 area Gateway Arcade untuk mendapatkan suntikan kafein. Kopinya enak dan suasananya nyaman untuk duduk-duduk istirahat sejenak. Setelah itu, back to shopping!

 

 

DINING FOR LUNCH – HOUSE OF JASMINE

Jika anda ingin tahu apa yang dicari oleh penduduk lokal Hong Kong yang ingin makan enak, inilah salah satu restaurant terpopuler di seluruh Hong Kong yang menyajikan Chinese food dengan setting modern. Terletak di Harbour City area Ocean Centre level 4, tempat ini selalu ramai terutama saat weekend. Bijaknya reserve terlebih dahulu kalau hendak makan di jam ramai dengan rombongan besar.

Selayaknya makan Chinese food, serunya memang makan beramai-ramai untuk berbagi kebahagiaan mencicipi berbagai menu favorit di sini. Interiornya kontemporer dan presentasi makanannnya juga sangat inovatif, menjadikan seluruh acara makan seperti pengalaman seru untuk seluruh indra. Sangat cocok untuk makan-makan keluarga atau bersama teman-teman. Jika cuaca mengijinkan, anda juga bisa memanfaatkan area alfresco dengan harbor view untuk pengalaman yang lebih berkesan.

Berdasarkan pengalaman kami, yang WAJIB dipesan adalah Roast Duck (dagingnya empuk dengan kulit sangat crispy), Prawn on Toast, Steamed Veggies with Shrimp Paste Dipping (sausnya nagih!) Sup Ayam Tradisional, Bihun Kepiting, dan untuk dessert Bola-bola Wijen yang penampilannya sangat teatrikal (Website House of Jasmine)

DINING FOR DINNER – CUCINA

Karena Hong Kong adalah kota metropolitan kelas dunia dan salah satu pusat perdagangan global, tentu saja banyak restaurant makanan Western berkualitas tinggi yang bisa didapati di sini. Salah satunya yang sempat kami coba adalah Cucina, restaurant Italia yang terletak di Marco Polo Hong Kong Hotel lantai 6.

Jika anda ingin memiliki pengalaman makan yang istimewa, hal ini bisa anda dapatkan di Cucina. Makanan otentik Italia yang sangat lezat dengan koleksi Italian wine lengkap, semua dinikmati sambil mengagumi pemandangan skyline Hong Kong yang terhampar megah di luar jendela. Pastikan anda mendapatkan window seat untuk pengalaman terbaik di sini (website Cucina)

Sekian referensi dari saya, semoga bisa membantu anda menyusun agenda untuk trip berikut ke Hong Kong. Have fun in Hong Kong yah!

 

 

written by:

grateful mother and happy wife | broadcaster at 90.4 @CosmopolitanFM | pop culture enthusiast | dances on all surfaces
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes