Posted on January 4, 2015

Wisata ke The Land of Ice and Fire, Iceland

 

15141 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook27Pin on Pinterest0

Bagi saya berpergian untuk berwisata ke Iceland seperti melaksanakan mimpi. Terbayang kerumitan persiapan dan pelaksanaannya. Ternyata, karena Iceland masuk ke dalam negara Schengen dan semua pemesanan untuk tur dan transportasi dapat dilakukan dimuka melalui internet, semua menjadi sangat mudah.

Terbang selama kurang lebih 3,5 jam dari Amsterdam, saya dan teman-teman mendarat di Keflavik International Airport. Untuk mencapai ibukota Iceland, Reykjavik yang berjarak 50KM, ada pilihan bus, taksi ataupun mobil sewa yang dapat dipesan sebelumnya melalui internet.

Sepanjang perjalanan dari Keflavik ke Reykjavik, kita dapat melihat langsung bagaimana Iceland menyebut dirinya sebagai “The Land of Ice and Fire”. Tampak sisa-sisa lava dari letusan gunung berapi berpadu dengan salju. Iceland, secara geologi adalah dataran muda, karena terletak di pertemuan beberapa lempeng dunia yang masih terus bergerak dan secara vulkanik masih sangat aktif. Hal ini menghasilkan aktifitas geotermal yang menghasilkan panas bumi dan dimanfaatkan secara mendasar oleh penduduk Iceland sebagai pemanas alami untuk suplai air, pembangkit tenaga listrik dan green house.

Di Reykjavik, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pusat kota sambil menikmati melihat-lihat kehidupan yang cukup dinamis di kota yang hanya berpenduduk 121 ribu orang ini. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi dengan berjakan kaki. Di antaranya,

  • Laugavegur. Jalan utama di Reykjafik. Ada banyak toko dan restoran yang menarik. Bentuk bangunan dan rumah dengan atap berwarna-warna sungguh kontras dengan birunya langit.
  • Harpa, Concert and Convention Center. Bangunan modern dengan desain yang futuristik.
  • Hallgrimskirkja, gereja terbesar di Iceland. Pengunjung dapat naik hingga ke atas menara dan dengan ketinggian dek sekitar 70 meter, kita bisa melihat kota Reykjafik dan sekelilingnya secara 360 derajat.
  • Musium: Maritime Museum, National Museum.
  • Old harbour.
  • Tjornin, danau kecil di dalam kota Reykjavik.

Data tarik utama wisata di Iceland adalah Aurora Borealis, The Northern Light dan Golden Circle tour. Wisata ke tempat-tempat ini sangat disarankan untuk bergabung dengan guided tour yang bisa dipesan melalui internet.

Golden Circle tour

Untuk Golden Circle, paket wisata ini akan meliputi 3 tujuan wisata utama di Iceland yang paling banyak menarik minat wisatawan dan menjadikan pariwisata sebagai salah satu dari penghasil devisa terbesar bagi Iceland. Tiga tujuan wisata tersebut adalah Thingvellir National Park, Stokkur Geyser dan Gullfoss waterfall. Wisata ini memakan waktu sekitar 8 jam dengan jarak tempuh 300 KM. Di antara tujuan, kita akan berhenti juga di beberapa tempat, salah satunya adalah perkebunan buah, bunga dan sayur dengan sistem green house. Perkebunan ini yang membuat Iceland berswasembada buah, sayur dan bunga. Sehingga bisa mengekspor kelebihannya ke negara tetangga. Bahkan mengeksport bunga ke Belanda pada saat musim dingin! Perjalanan seharian ini cukup nyaman dengan bus yang baik. Di setiap tujuan wisata terdapat restoran dan toilet. Sangat dianjurkan untuk mengambil Golden Circle tour apabila Anda berkunjung ke Iceland.

Catatan kecil

Keflavik International Airport dapat dicapai dari hampir semua bandara utama di Eropa dan Inggris.
Mata uang yang digunakan adalah Icelandic Krona (ISK). Kartu kredit dan ATM dipergunakan luas di Iceland.
Suhu pada saat musim semi rata-rata adalah 10 sampai 15 derajat celcius, walaupun beberapa tahun terakhir pernah tercatat hingga 20 derajat celcius. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik jika berkunjung pada musim dingin, karena suhu bisa menjadi sangat dingin.

Gullfoss Waterfall

Gullfoss Waterfall

Hallgrimskirkja Church

Hallgrimskirkja Church

Harpa Concert hall

Harpa Concert hall

Maritime Museum

Maritime Museum

Old Harbour

Old Harbour

Stokkur Geyser

Stokkur Geyser

Thingvellir National Park

Thingvellir National Park

Tjornin Pond

Tjornin Pond

 

 

written by:

Ordinary guy. Mixed Oceanian-Asian Single Male. Love travelling and talk over coffee cups. Into history, culture, monarchy and movie.
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

10 Responses to “Wisata ke The Land of Ice and Fire, Iceland”
  1. Bijo says:

    Hai salam kenal..
    Aku udah pegang tiket berangkat ke Keflavik, tapi blm beli tiket pulang, masih bingung hehe.. Kalo ke sana enaknya berapa lama & dulu berapa biaya ikutan paket tur golden circle?

    • ety mariana says:

      teman saya sekarang ada di iceland dan tinggal 5 hari disana krn bnyk tempat wisata yg bagus yg harus dikunjungi. Makanan jg enak enak. Tahun depan Mei sy rencana kesana.

  2. ety mariana says:

    Teman saya berangkat dari Perancis sewa mobil dan nyetir sendiri . dia berangkat bersama istri dan 3 org anaknya. fotonya di bluelagoon sangat bagus. sewa apartement jg tdk mahal katanya. Teman saya sehari hari tinggal di jakarta tp hobby traveling . dan selalu setir sendiri dan tidak pernah ikut tour. Beda dengan saya yg selalu ikut tour. Sekarang sy lg travel yg bonafide yg punya jadwal ke sana tahun depan Mei

    • may says:

      saya tgl 3 – 6 may 2016 mw ke islandia… ada yang mw bareng? kami ber 8… bagusnya ikut tour ato sewa mobil + sopir… mohon info dong

    • vidi says:

      Ke Iceland bisa arrange sendiri. Untuk explore iceland sebaiknya ikut tour karena hampir tidak ada kendaraan umum kecuali taxi. Arranged tour pilihannya sangat beragam, baik tujuan maupun pilihan lamanya. Tujuan golden triangle dan aurora Borealis sangat disarankan.

  3. kebetulan ada orang Indonesia juga di Iceland hehe

    • may says:

      boleh minta kontakny… masalahnya lebih nyaman kalo ditemani ato di guide oleh orang Indonesia… terima kasih

  4. Dino Ariandi says:

    Kami rencananya tgl. 4 Maret 2016 ini mau ke Iceland.. apakah masih bersalju tebal… atau sdh masuk musim semi..?? Terima kasih.

  5. Gladys Gracya says:

    Pengen bgt ke Iceland tepatnya lokasi2 syuting nya Justin Bieber di video clip nya yg “I’ll show you” kira2 nama2 lokasi itu apa Dan dimana nya ya? Thank you.

  6. Lidya says:

    Hallo salam kenal
    Sy thn dpn rencana mau ke iceland dan scandinavia
    Tlng pencerahan donk klu mau ikut tour golden triangle dan aurora bisa beli di mana ya?
    Ato ada yg mau join dgn saya?
    Thx

Send author a message

 

Top 10 New Destinations
    WordPress database error Table './k9446643_wp1/wp_adrotate_stats' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT SUM(`clicks`) as `clicks`, SUM(`impressions`) as `impressions` FROM `wp_adrotate_stats` WHERE `ad` = 7 AND `thetime` >= '1376041080' AND `thetime` <= '1522620000' GROUP BY `ad` ASC; made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/main/single-mydestinationtype.php'), adrotate_ad, adrotate_filter_schedule, adrotate_stats
  • Taiwan (1)
  • Saudi Arabia (1)
  • Swiss (1)
  • Norwegia (1)
  • Iceland (1)
  • Israel (1)
  • Italy (1)
  • Turkey (5)
  • Austria (1)
  • German (1)

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes