6 Tempat Wisata untuk Liburan ke Bengkulu

0
5097

Pemerintah daerah Bengkulu siap mempromosikan pariwisatanya dengan branding Discover Bengkulu the Land of Rafflesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan Kesiapan  untuk mendukung program ini agar potensi pariwisata dapat ikut membangun dari ketertinggalan pembangunan dengan provinsi lain.

Bengkulu menyimpan kekayaan alam yang layak dijadikan destinasi pariwisata unggulan. Pariwisata Bengkulu dapat bersaing dengan pariwisata Singapura.

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah bercerita mengenai daya tarik wisata. “Bengkulu memiliki bunga Rafflesia Arnoldi yang sangat terkenal, bunga kibut, anggrek air, harimau Sumatera, gajah Sumatera, dan beruang madu. Selain itu, Bengkulu juga memiliki pulau yang indah, antara lain Pulau Tikus dan Pulau Enggano serta pulau kecil lainnya”.

Beberapa obyek wisata andalan:

Taman Laut sekitar Pulau Enggano

Pulau Enggano adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia dan berbatasan dengan negara India. Potensi pariwisata di Pulau Enggano antara lain adalah wisata alam dan wisata berburu. Wisata berburu dapat dilakukan di Taman Buru Gunung Nanua. Wisata alam daratan lebih banyak berupa kegiatan penjelajahan hutan wisata (hutan suaka alam) yang keasliannya tetap terjaga.

Kawasan Pulau Enggano juga berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata bahari seperti selancar, memancing, wisata selam, snorkeling, wisata pantai, berenang, dan wisata desa binaan.

Kerinci Seblat National Park

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Terletak di Kecamatan Seblat, sekitar 100 km dari kota Bengkulu. Taman ini merupakan bagian dari Taman Nasional Sumatera Selatan (TNSS I). Berbagai macam hewan dapat dijumpai di sana.

Dalam taman ini terdapat beragam flora dan fauna. Lebih dari 4.000 spesies tanaman telah diidentifikasi sampai saat ini, termasuk bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldi.

Pantai Panjang

Letaknya sekitar 3 km dari Kota Bengkulu dan memiliki bentangan Pantai sepanjang 7 km dengan lebar 50 meter dari jalan raya. Pantai dengan pasir yang berwarna putih disertai dengan pohon Cemara yang berderet di sepanjang pantai.

Bagi wisatawan, Pantai Panjang menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas seperti area parkir, kolam renang, cottage dan lainnya.

Pulau Tikus

Pulau Tikus berada di Teluk Segara Kota Bengkulu. Terdiri dari satu pulau induk dengan beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang mengitari, dengan karang-karang yang indah, berserta pasir yang berwarna putih bersih. Pada malam hari, pengunjung dapat menyaksikan penyu sisik dan penyu hijau naik ke darat untuk bertelur.

wisatasumatera.com

Pulau Tikus dapat dicapai sekitar 1 jam dari kota Bengkulu dengan menggunakan kapal boat.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bengkulu. Pada jaman koloni Belanda (1939-1942) Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di Anggut Atas dan sekarang dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta.

Suasana rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, beberapa waktu lalu. Rumah ini pernah dihuni Bung Karno tahun 1938-1942. Di rumah inilah, sang proklamator untuk pertama kali bertemu dengan Fatmawati.(KOMPAS/ADHITYA RAMADHAN)

Beberapa peralatan, sepeda, perpustakaan buku-buku, dan yang lainnya yang pernah dimiliki oleh soekarno disimpan didalam rumah ini. Selama tinggal di Bengkulu, Soekarno mendesain masjid, yang sekarang dikenal dengan Masjid Jamik (Jamik Mosque). Saat ini rumah tersebut telah dijadikan museum oleh pihak Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Benteng Marlborough

Terletak di pesisir pantai Tapak Paderi. Benteng Marlborough dibangun oleh Gubernur Joseph Callet. Benteng ini mengahadap Selatan dan memiliki luas 44,100 meter persegi. Bentuk bangunannya menyerupai kura-kura. Pintu utamanya dikelilingi parit yang luas dan hanya dapat dilalui melalui jembatan.

Menurut masyarakat setempat di benteng itu juga terdapat pintu keluar bawah tanah yang dulu digunakan pada masa perang.

Saat ini, Bengkulu telah memiliki 3 hotel lengkap dengan 1000 kamar, sedangkan aksesibilasnya telah didukung oleh maskapai penerbangan Sriwijaya Airlines dan Citilink Airlines.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.