Pameran LAUT KITA persembahan Sejauh Mata Memandang

0
393

Desainer Chitra Subijakto mencoba mengangkat isu LAUT KITA sebagai inspirasi utamanya untuk koleksi terbaru label #SejauhMataMemandang.

Tingkat pencemaran laut Indonesia yang kian memprihatinkan begitu mengusik benak Chitra. Maka untuk peluncuran koleksi yang dinamainya Musim Kemarau 2019 ini, Chitra mengemasnya dalam konsep yang berbeda dari sebelumnya, yaitu dalam bentuk pameran atau instalasi.

Bertajuk ‘Laut Kita’, instalasi tersebut menempati area seluas 330 meter persegi di lantai dua Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Pameran resmi dibuka hari ini, Senin (22/4/2019), berbarengan dengan Hari Bumi internasional dan akan berlangsung hingga16 Juni 2019.

“Dari akhir tahun lalu, saya sudah mulai khawatir dengan kondisi laut kita. Puncaknya, ketika saya baca berita bahwa pada 2050 di laut akan lebih banyak plastik ketimbang ikan. Rasanya kok egois ya kalau kita tidak segera bertindak untuk menyelamatkannya,” kata Chitra saat acara pembukaan pameran tersebut.
Adik sutradara ternama Jay Subijakto ini membuat semacam instalasi seni buah kolaborasinya dengan desainer visual Felix Tjahyadi dan beberapa seniman lainnya.

Pameran ini adalah sebuah ajakan untuk benar benar berhenti menggunakan kantong plastik. Dan menghindari kemasan plastik lainnya. Karena sampah yang terus bertambah, harus dihentikan dengan cara mengedukasi dan tindakan langsung.

Mulailah menggunakan tas kantong kain, bawa botol minum, stop penggunaan sedotan, bijak dalam menentukan penggunaan segala sesuatu yang hanya sifatnya sekali pakai langsung buang.





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.