Sign in / Sign Up


 

Advertise with us!

Find us on Facebook

4 Cara Kreatif untuk Mengajar Anak Menjadi Lebih Disiplin

1889 Views | People like this:
Tweet about this on Twitter5Share on Facebook25Pin on Pinterest0Email this to someoneShare on Tumblr

Menanam kedisiplinan dan kepekaan kepada anak sejak dini – seperti mengajarkan mereka untuk mulai membersihkan kamar sendiri, bangun tepat waktu dan lain sebagainya – adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi sebagian orang tua. Meski demikian, bukan berarti hal ini tidak dicoba. Ada beberapa cara kreatif yang kami temukan di Internet. Dan cara tersebut dapat membuat anak menjadi senang dan termotivasi untuk melakukannya.

Silahkan simak 4 cara di bawah ini:

1. Toples Hadiah Undian

Anda bisa mulai menyiapkan sebuah toples dan beberapa bola pingpong dalam beragam warna menarik. Tuliskan semua kegiatan yang disukai anak pada masing-masing bola pingpong tersebut. Sekarang beritahukan bahwa, setiap kali mereka menyelesaikan tugas seperti, berbenah setelah bermain, mengerjakan PR, mereka boleh mengambil satu bola sebagai hadiah.

Mungkin mereka akan mendapat hadiah seperti tambahan waktu bermain, tambahan waktu nonton TV, bermain game atau apa saja.

Source: bamkapowxo.tumblr.com

2. Papan Tugas

Coba sediakan papan magnet dan lekatkan beberapa pin tugas yang harus dilakukan anak. Jika mereka berhasil melakukannya, maka pindahkan pin tugas tersebut ke bagian lain untuk menandakan suatu pekerjaan telah terselesaikan. Dengan demikian, semua akan dapat terpantau dengan jelas, mana pekerjaan yang belum dan mana yang sudah dilakukan. Dan tentunya, ada reward menanti bagi mereka.

Selain papan magnet, anda juga bisa menempelkan pin tugas pada pintu lemari es.

Source: lemonsqueezyhome.com

3. Kartu Bebas Waktu Tidur

Terkadang seorang anak tiba-tiba meminta beberapa hal, tepat saat waktu tidur mereka sudah tiba, seperti ingin minum, ingin membaca buku atau apa saja yang dapat membuat waktu tidur menjadi molor.

Cobalah buat 3 Kartu Bebas Waktu Tidur dan berikan kepada mereka. Kartu tersebut dapat membebaskan mereka dari waktu tidur untuk beberapa menit. Namun mereka harus dapat menggunakannya dengan tepat karena ketiga kartu tersebut hanya berlaku untuk satu minggu atau satu bulan. Jika semua kartu telah terpakai, maka waktu bebas jam tidur mereka tidak dapat dikompromikan lagi.

Ini akan mengajar anak untuk belajar memilih sebuah situasi yang diinginkannya dengan alasan yang tepat.

Source: angieasplund.blogspot.com

4. Bermain Hadiah Kejutan

Mungkin ini adalah cara yang paling saya suka untuk mengajarkan anak akan indahnya berbagi dan pentingnya berterima kasih. Contoh ini datang dari ticklestogiggles.blogspot.com dimana mereka menyisipkan sebuah bungkusan hadiah berisi kue pada kotak surat disertai sebuah pesan yang bertulis: Thank You for bringing us our mail.

Masih banyak cara-cara menarik yang terdapat pada blog tersebut, seperti:

  • While at the hospital, we left home made coloring books and crayons in the waiting areas.
  • And, we left a gift for our waitress and treated the Nana to lunch – and she got eat somewhere she had never been before!

Silahkan simak ticklestogiggles.blogspot.com, mungkin bisa jadi inspirasi untuk kegiatan bersama anak-anak.



written by:

A Web Designer, an Email Marketer, an Editor and a Traveling Freelancer.
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes