Coba 5 kuliner lezat dari Jawa Timur berikut ini yuk

0
91

Mumpung ada Promo Tiket Pesawat di Pegipegi, bisa kunjungi Jawa Timur untuk mencicipi 5 kuliner lezat dari Jawa Timur yang bikin ngiler karena kelezatannya yang sudah melegenda. Sebenarnya ada banyak kuliner khas Jawa Timur yang enak dan menggugah selera, seperti Rawon, Bebek Goreng, Pecel, Sate Madura, Soto Lamongan, Lodho Ayam, Brem, Ledre, Rujak Cingur, Lontong Balap, Bakso Malang, Krengsengan, Suwar Suwir dan Kare Rajungan.



Berikut ini lima kuliner wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Rawon

Pertama ada Rawon. Kuliner segar dan nikmat ini wajib untuk dicicipi versi aslinya yang otentik langsung dari lokasi asalnya, yakni di Jawa Timur. Terdapat banyak tempat jualan Rawon di tiap kota di Jawa Timur. Hidangan lezat ini memang sangat populer di Jawa Timur, Lebih lezat lagi apabila bepergian menggunakan promo tiket Pegipegi.

Photo: unileverfoodsolutions.co.id

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang kelezatannya bahkan sudah mendunia. Rawon adalah sup daging dengan bumbu masakan rempah lengkap yang memiliki kuah berwarna hitam. Kuah hitamnya dihasilkan dari bumbu dapur kluwek. Rawon biasanya dihidangkan dengan nasi putih, sambal, kecambah mentah, kerupuk udang dan telur asin yang ditaburi dengan bawang goreng. Rasanya segar gurih. Di Jawa Timur ada rawon setan, rawon nguling, rawon krengsengan, rawon surabaya, rawon pucang, rawon pecel dan rawon suwir dan lain sebagainya.

Pecel

Kuliner khas Jawa Timur yang juga sudah sangat terkenal adalah pecelnya. Hidangan Pecel terdiri dari berbagai sayuran rebus, yakni ada bayam, kenikir, kangkung, sawi, kol, wortel kecambah, kacang panjang, kembang turi, daun melinjo, dan lain sebagainya yang diramu dengan campuran bumbu kacang yang memiliki rasa manis gurih. Lauk pelengkapnya juga banyak variasinya.

Photo: Hariadhi

Tiap tempat jualan Pecel di Jawa Timur memiliki kekhasannya masing-masing. Ada yang menghidangkannya bersama nasi, ketupat, bakmi mihun atau lontong. Lauk pendamping sebagai pelengkapnya ada peyek, kerupuk atau tumpang, tempe tahu, ayam goreng, jerohan seperti paru, babat, ati atau daging empalnya, telur ceplok, telur dadar, sate telur puyuh dan lain sebagainya.

Ayam Lodho

Berikutnya ada hidangan ayam lodho. Berlibur ke Jawa Timur belum lengkap jika belum ke Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya. Jangan lupa cicipi ayam Lodho. Hidangan ayam Lodho merupakan masakan dari bahan ayam kampung yang diolah secara khusus hingga menghasilkan masakan yang lezat, gurih dan pedas.

Photo: instagram.com/dity

Ayam kampungnya dipanggang terlebih dahulu, baru kemudian direbus bersama dengan aneka bumbu rempahnya dan juga santan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ayam Lodho disajikan bersama nasi putih hangat serta sayuran urap.

Bebek Goreng

Berikutnya adalah bebek goreng dengan sambal koreknya yang khas. Banyak tempat makan yang menghidangkan menu bebek goreng ini di Jawa Timur. Bebek dimasak bersama aneka rempah lalu digoreng, bumbunya meresap hingga ke dalam dagingnya. Rasanya gurih dan nikmat sekali. Apalagi jika disantap bersama nasi putih hangat dan sambel korek, sambal terasi, sambal bawang atau sambal tomat.

Photo: surabaya.panduanwisata.id

Bebek goreng biasanya disajikan dengan lalapan kol goreng, terong goreng, petai goreng atau daun kemangi mentah.

Soto Lamongan

Lalu ada juga Soto Lamongan yang khas dengan koyanya. Soto ini agak berbeda dengan soto ayam berkuah bening lainnya, karena resep masakan berkuah dari Lamongan, Jawa Timur ini menggunakan bumbu kemiri dan ayam kampung (ada juga yang menggunakan daging sapi)

Photo: Instagram.com/lamongankulinersoto

Ciri khasnya yang sangat otentik, yakni pelengkap hidangannya berupa koya. Koya tersebut terbuat dari remahan kerupuk udang dan bawang putih yang digoreng. Sehingga rasanya gurih dan segar. Nikmat sekali.

Cicipilah berbagai hidangan kuliner khas Jawa Timur tersebut langsung di tempat asalnya, sehingga bisa merasakan kenikmatan berbagai hidangan lezat tersebut secara otentik di tempat aslinya. Selain kelima hidangan tadi sebenarnya masih ada lagi makanan khas Jawa Timur yang tak kalah lezatnya, yang boleh juga dicicipi dan dijadikan oleh-oleh, seperti brem yang terbuat dari sari ketan, hasil fermentasi ketan hitam, lalu ada suwar suwir, berbagai keripik buah kering, ada keripik buah apel malang, keripik buah nangka, dan lain sebagainya, juga ada gethuk pisang, tahu takwa dan camilan stik tahunya, tahu dari Kediri ini istimewa sekali, empuk dan gurih. Banyak sekali pilihannya (Puspita Aldela / Amazingindonesia.id)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.