Hal-hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Candi Borobudur

0
204
Photo: Sander Wehkamp



Bila berbicara Candi Borobudur, tentu yang terpikirkan pertama kali adalah candi di Magelang yang berdiri megah dan ada sejak sekitar abad ke-8 pada masa Dinasti Syailendra. Dibalik kemegahan dan kentalnya nilai sejarah, candi ini menyimpan beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa hal menarik mengenai Candi Borobudur antara lain:

Dianggap sebagai tiruan semesta

Menurut kosmologi Buddha, candi Borobudur merupakan tiruan semesta. Hal ini mengacu pada pembagian candi menjadi 3 bagian, diantaranya Arupadatu, yang merupakan nirwana tempat Buddha bersemayam. Bagian ini ditandai dari stupa polos tanpa adanya relief. Bagian kedua adalah Rupadhatu, yang dianggap sebagai dunia orang suci, yang berada di antara alam atas (Arupadhatu) dan alam bawah (Kamadhatu). Bagian terakhir adalah Kamadhatu, yang merupakan alam bawah, dunia manusia biasa. Di bagian ini ada berbagai relief / pahatan yang menggambarkan kehidupan manusia pada masa itu.



Terdiri dari ribuan stupa dan relief

Candi Borobudur merupakan candi besar peninggalan masa kejayaan agama Buddha ini terdiri dari ribuan stupa dan banyak relief yang terpahat di dinding – dindingnya. Stupa – stupa ini merupakan ciri khas dari tempat peribadatan umat Buddha. Di Candi Borobudur, ada sekitar 1.545 buah stupa, di mana 73 diantaranya merupakan stupa besar dan sisanya adalah stupa – stupa kecil. Stupa terbesar yang ada di candi ini konon pada masanya digunakan sebagai jam matahari sebagai penunjuk waktu.

Tak hanya terdiri atas banyak stupa, candi ini juga memiliki ribuan relief yang bila disusun memanjang dapat mencapai panjang hingga 6 kilometer. Relief yang terpahat di candi ini menceritakan tentang perjalanan dan nilai-nilai agama Buddha, yang terbagi dalam 4 cerita utama, yaitu Karmawibhangga, Jataka dan Awadana, Lalita Wistara, hingga Gandawyuha.



Dikenal luas oleh dunia berkat Thomas Raffles

Tentu Anda mengingat sosok Sir Thomas Raffles, bukan? Raffles merupakan gubernur jenderal inggris yang bertempat di pulau Jawa pada masa penjajahan. Saat menjabat di Jawa, ia pernah menuliskan sebuah buku dengan judul History of Java. Di buku ini Raffles banyak menuliskan penemuannya di pulau Jawa, termasuk adanya gundukan batuan besar yang tertutup semak dan terkubur tanah. Dari buku ini juga lah nama Candi Borobudur pertama kali ditulis dengan nama Bore-Budur.

Lokasi candi sangat istimewa

Candi yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini ternyata memiliki lokasi yang strategis, lho. Tempat berdirinya Candi Borobudur merupakan lahan subur yang berada di antara dua pasang gunung. Gunung-gunung ini adalah gunung Sindoro dan Sumbing, serta Gunung Merapi dan Merbabu. Gunung-gunung ini mengelilingi candi seperti “penjaga”. Tak hanya diapit gunung, candi istimewa ini juga dikelilingi oleh dua sungai, yaitu sungai Elo dan sungai Progo.



Asal usul nama yang masih menjadi misteri

Hal menarik lainnya adalah terkait nama. Nama Candi Borobudur dikenal saat Raffles menuliskan Bore-Budur dalam buku History of Java karyanya. Hal ini mengacu pada desa Bore, yang merupakan lokasi candi berada, dan Budur yang memiliki arti purba dalam bahasa Jawa. Tetapi ada beberapa pula yang berpendapat bahwa nama candi ini diambil dari istilah Sambharabudhara, dan memiliki makna gunung dengan teras-teras. Selain itu, ada beberapa pendapat yang berasal dari etimologi penduduk setempat bahwa nama Borobudur merupakan nama yang terpeleset dari kata “para buddha”.

Relik / bagian candi tersebar hingga ke negara lain

Tak hanya terkenal di Indonesia, Candi Borobudur telah lama dikenal luas di berbagai penjuru dunia. Hal ini selain karena cerita sejarahnya yang begitu melegenda, namun juga karena relik/potongan bangunan candi Borobudur ini tidak hanya tersimpan rapi di museum-museum Indonesia, namun juga tersimpan di beberapa museum dunia, seperti Museum Louvre Paris dan Museum Nasional Bangkok.

Jadi, kapan Anda akan datang berkunjung ke Candi Borobudur ini? Pesan tiketnya di traveloka.



 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.