Jarak sosial bukan berarti isolasi sosial

0
142
Photo by Kristina Tripkovic on Unsplash

Menjauhkan diri dari sosial bukan berarti harus menyepi. Professor Laurie Theeke dari West Virginia University memberikan beberapa 10 tips agar tetap terhubung dengan orang lain dan tidak merasa kesepian.



1. Identifikasi Koneksi Vital

Pilih kontak yang kamu anggap penting. Bisa termasuk teman, tetangga dan keluarga.

2. Kontak Penting

Buat catatan untuk nomor telepon, alamat rumah dan email. Jadi kamu punya banyak cara untuk menghubungi dan mengirim barang jika perlu.

3. Cek Alat Komunikasi

Sebisa mungkin pakai video call untuk berbicara. Melihat wajah orang lain bisa membuat kamu merasa lebih dekat.
Website, blog, social media dan group daring adalah alat untuk tetap terhubung dengan orang lain.

4. Buat Jadwal

Kamu butuh rencana untuk membangun hubungan. Buat jadwal untuk menelepon tetangga atau keluarga secara bergantian. Pendekatan proaktif akan memperkuat ikatan sosial kamu saat melewati pandemi.

5. Hidup Sehat

Jaga kesehatan. Tidur yang cukup dan olahraga teratur dapat menjauhkan kamu dari rasa sepi. Makanan buah dan sayur juga bisa meningkatkan hormon yang membuat Anda bahagia. Ini adalah waktu yang tepat untuk masak makanan sehat di rumah.

6. Bantu Orang Lain

Kita bisa bantu orang lain mengatasi kesepian dengan menjadi teman ngobrol. Buat daftar dan hubungi mereka. Dengan demikan Anda juga akan merasa lebih baik.



7. Menjadi Kreatif

Gunakan waktu kamu untuk memulai proyek impian di rumah atau lakukan hobi kamu. Rasa sepi akan pergi saat kamu asik melakukan sesuatu.

8. Pergi ke Luar

Jarak sosial tidak berarti tidak boleh keluar sama sekali. Kamu bisa berjalan kaki di depan rumah, duduk di teras atau melambaikan tangan ke tetangga. Saat cuaca memungkinkan coba untuk mulai berkebun dan merapikan halaman.

9. Nonton Film dan Baca Buku

Coba baca buku atau nonton film yang sama pada waktu yang sama dengan teman atau kerabat kamu, lalu obrolan dan diskusikan bersama.

10. Pantau Layanan Kesehatan

Tetap menghubungi layanan kesehatan untuk mengetahui informasi terkini. Bisa melalui internet, telefon, mengirim email atau menggunakan aplikasi mobile. Pastikan kamu tahu apa yang mereka sediakan.



Sumber:
From Loneliness to Belonging – WVU Magazine
WVU study suggests loneliness can hinder management of diabetes, hypertension
WVU nursing researcher intervenes between patients and loneliness

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.