Masak Praktis saat ditinggal pembantu mudik

0
3500
photo: Stephanie Rausser



Anda ditinggal pembantu mudik? Jangan panik. Anda bisa memasak sendiri di rumah. Tentunya dengan cara yang mudah.

Saat lebaran usai, kita kerap kali diribetkan dengan masalah masakan di rumah. Pembantu mudik, tetapi makanan untuk keluarga tetap harus disiapkan. Jika makan terus menerus di restoran, selain tidak menyehatkan, juga boros.Jangan kehilangan akal, jangan menyerah. Tanpa pembantu, Anda tetap bisa menyiapkan makanan untuk keluarga. Dengan kemampuan memasak yang terbatas, Anda bisa menyiapkan makanan sehat buat seluruh keluarga. Ada 5 jenis makanan yang bisa Anda masak tanpa perlu keahlian khusus dan peralatan lengkap. Di samping itu, Anda dapat melakuakan kegiatan memasak ini bersama anak atau keluarga Anda. Tentunya hal itu dapat menambah kedekatan.

Omelet

Masakan dari telur ini merupakan masakan prkatis yang juga disukai anak-anak. Bisa disajikan untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan telur ayam, merica dan garam dengan bahan tambahan lain sesuai persedian. Jika harus memasak untuk 6 orang, maka telur ayam yang harus disiapkan 5 butir. Kocok telur ayam dengan sedikit garam dan merica. Kemudian tambahkan bahan lain sesuai selera: sosis, daun bawang, irisan cabe, bakso, jamur, dan yang lainnya. Tinggal goreng di wajan. Selesai.

Tumis Sayuran

Tumisan merupakan masakan praktis yang mudah dibuat dengan bahan sederhana. Jika akan membuat tumisan untuk seluruh keluarga, sebaiknya jangan menambahkan cabai. Masukkan saja bahan tambahan seperti daging ayam, bakso sapi, daging asap atau tahu. Bumbunya pun sederhana, yaitu bawang merah atau bawang putih yang dicincang halus, irisan halus cabai merah, saus tiram, kecap asin, merica dan garam. Tumis bumbu dengan api sedang hingga layu dan wangi.Jenis sayuran yang bisa ditumis misalnya kangkung, bayam, buncis, jagung muda, brokoli, wortel,kailan, sawi, sawi putih, bokchoy dan lain-lain. Saat sayuran masuk, besarkan api dan tutup wajan. Masak hingga layu dan empuk, lalu angkat dan sajikan.

Ayam Goreng

Menu ini paling mudah dan praktis serta disukai anak-anak. Langkah pertama, potong-potong ayam negeri atau jantan menjadi 8-12 bagian. Untuk bumbunya, bisa memakai bumbu kuning atau bumbu putih. Bila Anda ingin lebih praktis lagi, gunakan saja bumbu siap pakai yang dijual di pasaran. Taruh ayam dalam panci, beri bumbu dan sedikit air. Masak dengan api sedang hingga ayam lunak dan bumbu meresap, lalu tiriskan. Goreng ayam ini hingga kering kecokelatan.

Sup

Yang terpenting dalam membuat sup adalah, sebaiknya gunakan kaldu asli agar rasanya lebih gurih dan lebih sehat. Bisa kaldu ayam (dari tulang-tulang ayam yang direbus) atau kaldu daging (dari tulang-tulang sapi). Taruh kaldu dalam panci (bisa ditambahkan potongan daging ayam atau sapi rebus). Siapkan bumbu berupa irisan kasar bawang merah atau bawang bombay yang ditumis dengan sedikit margarin. Masukkan tumisan ini ke dalam kaldu, beri sedikit merica bubuk, pala bubuk dan garam. Lalu didihkan. Tambahan sayuran (wortel, buncis, kentang) dan makaroni jika suka. Masak hingga seluruhnya matang.

Gorengan

Gorengan merupakan lauk yang praktis di antara yang lainnya. Sebagai adonannya, bisa dipakai adonan bakwan siap pakai. Bisa juga membuat sendiri dengan mengaduk tepung terigu dengan bumbu (bawang putih, bawang merah, garam dan merica yang dihaluskan), dan sedikit air hingga kental. Aduk bersama irisa buncis, wortel, daun kol, daun bawang atau biji jagung manis. Goreng hingga kuning dan kering, lalu tiriskan.

Happy cooking :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.