Megahnya Vihara Satya Dharma di Benoa, Bali

0
262

Pertama kali lihat Vihara ini (beberapa tahun lalu) sudah ada keinginan untuk mampir dan mengambil gambar (foto) karena bangunannya terlihat luas dan megah. Baru pada kunjungan ke Bali saat ini, saya punya kesempatan untuk mengunjungi Vihara ini.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan Vihara Satya Dharma. Terletak di Jl. Raya Pelabuhan Benoa, Pedungan, Denpasar Selatan. Aksesnya mudah dari arah Nusa Dua, Kuta, Denpasar (bisa melalui tol Bali Mandara)



Vihara Satya Dharma yang berlokasi di ujung utara jalan tol di Pelabuhan Benoa ini mulai didirikan pada tahun 2016 dengan dana yang dikumpulkan oleh yayasan dari sumbangan umat di Indonesia khususnya Bali, juga dari para pelaut Jepang, Taiwan dan Thailand yang singgah di Pelabuhan Benoa.

Pembangunan berlangsung selama enam tahun hingga akhirnya diresmikan pada tahun 2012. Perayaan peresmian bangunan vihara dilakukan pada hari Rabu, 22 Agustus 2012, dengan dihadiri Wakil Gubernur Bali AA Ngurah Puspayoga.

Meskipun menggunakan istilah vihara, tempat ibadah ini sebenarnya merupakan tempat peribadatan bagi tiga agama (Tridharma), yaitu Buddha, Taoisme dan Khonghucu. Selain itu, sebagaimana klenteng dan vihara lainnya di Bali, tempat ibadah ini juga menunjukkan adanya alkulturasi dengan agama Hindu Bali dengan adanya pelinggih Padmasana dan Tugun Karang di pojok halaman bagian depan.

Vihara Satya Dharma terbuka untuk wisatawan. Namun untuk mengambil gambar (foto) hanya diperbolehkan pada bagian luar gedung, dan tentunya tidak mengganggu ibadah yang berjalan. Ada baiknya meminta ijin terlebih dahulu ke pengurus Vihara.

Yang paling berkesan adalah, bagian dalam Vihara. Suasananya tenang, damai dan sakral. Benar-benar pengalaman yang tidak saya lupakan (catatan: tidak boleh mengambil gambar di dalam Vihara)

Tulisan menarik tentang Vihara ini bisa ditemukan di:

 

A post shared by rio lecatompessy (@riolec) on

A post shared by rio lecatompessy (@riolec) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.