Advertise with us!

Find us on Facebook

Nongkrong di SaiGon dan menikmati Kuliner Vietnam

6401 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook11Pin on Pinterest0

SaiGon adalah kota besar di Vietnam yang menjadi pusat ekonomi. SaiGon juga dikenal dengan sebutan Ho Chi Minh City – diambil dari nama seorang pahlawan yang berjasa dalam memerdekakan Vietnam dan membuat dunia menoleh ke negara yang selama ini kenyang dijajah.

Jalan-jalan di SaiGon cukup menyenangkan. Banyak pilihan untuk wisata kuliner, menikmati kopi Vietnam yang terkenal, mengamati bukti-bukti sejarah dan menggagumi kebudayannya termasuk hasil kerajinan dan karya seninya.

Wisatawan yang datang ke Vietnam biasanya memulai perjalanannya di kota SaiGon. Mereka yang kebanyakan berasal dari ranah Eropa, begitu menikmati suasana negara yang kental dengan pengaruh budaya Perancis – selain pengaruh dari Amerika yang sangat terasa di kota yang terletak di Selatan Vietnam ini. Pengaruh budaya Perancis dan Amerika tidak hanya terlihat dari keragaman kuliner di kota ini, tetapi juga pada karya-karya handycraft, souvenir dan juga karya seni lainnya yang tersedia sebagai pilihan berbelanja.

Kuliner

Hidangan asli Vietnam, khususnya di daerah Selatan, banyak mengandung sayuran yang diolah dan disajikan bersama hasil laut / sungai, daging dan ayam.

Bagi muslim, memang sedikit usaha untuk mendapatkan makanan halal (tidak mengandung unsur daging babi). Tapi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini semakin banyak restaurant halal yang berdiri dan mudah didapat.

Jangan sampai terlewat untuk mencoba kopi Vietnam yang sangat sgt terkenal, yaitu Es Kopi Susu (Caffe Sua Da) yang bisa didapat, mulai dari kelas penjual gendong, sampai cafe bergengsi.

"Vietnamese iced coffee with milk", also known as ca phe sua da

“Vietnamese iced coffee with milk”, also known as ca phe sua da

Coffee was introduced into Vietnam by French colonists in the late 19th century. Vietnam quickly became a strong exporter of coffee with many plantations in the central highlands. The beverage was adopted with regional variations. Because of limitations on the availability of fresh milk, the French and Vietnamese began to use sweetened condensed milk with a dark roast coffee. – wiki

Selain itu, juga banyak tersaji beragam jajanan dan ‘dessert’ manis yang mirip dengan jajanan Indonesia.

Buah-buahan lokal yang segar juga ada di sini, seperti: Buah Sawonya besar dan sangat manis. Jambu airnya yang ranum menggoda, Jeruk Bali yang istimewa dan Durian khas Vietnam.

Beberapa tempat kuliner yang populer

1. Cuc Gach Quan (10 Dang Tat, ward Tan Dinh)
Resto rumahan yang unik ini menyajikan masakan khas Vietnamese dan  selalu menjadi rujukan bagi turis. Konon menjadi restaurant yang wajib dikunjungin sang bintang Angelina Jolie setiap kali datang ke SaiGon.

cucgachquan

cucgachquan cucgachquan

Harus coba: Tofu with lemongrass, Lotus Salad, Fish/Chicken in the Claypot.

 

2. Quan an Ngon (160 Pasteur Street, Dist 1)
Letaknya di sebuah gedung kuno. Tempat yang selalu ramai disaat jam makan ini, selalu menjadi pilihan turis untuk mencoba dan melihat langsung pembuatan masakan khas Vietnam, mulai dari appetizer sampai dessert. Semuanya langsung disajikan layaknya di pasar.

Quan An Ngon

Quan An Ngon Quan An Ngon

Harus coba: Steamed Fish, Bahn Xeo, Jus Sawo (Sapoche)

 

3. Marina Ngoc Sung ( Nguyen Dinh Chieu St)
Ingin mencoba makanan laut khas Vietnamese? Di sini tempatnya. Seafood-nya dijamin segar. Diolah dengan racikan yang pas, membuat restaurant ini no 1 di kelasnya. Selalu ramai dan penuh. Sangat disarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu, apalagi jika datang berombongan.

 Ngoc Sung Marina

 Ngoc Sung Marina

Harus coba: Seafood Springroll, Crab with Tamarind Sauce dan berbagai macam olahan kerang.

 

4. Cha Ca La Vong (36 Ton That Thiep, D1)
Restaurant unik yang menyajikan makanan khas Hanoi. Tempat ini hanya menyajikan 1 jenis masakan, yaitu ikan yang dimasak bersama sayuran di dalam wajan kecil. Disajikan dengan bihun (rice noodle) ala Vietnam dan dimakan bersama kacang, perasan jeruk, cabe iris dan sedikit kuah terasi.

ChaCaLaVong

Pelengkapnya? kerupuk lezat yang dilengkapi wijen. Bagi penggemar ikan dan juga makanan eksotis, dijamin ketagihan.

 

5. Hoa Khai (124-126 Nguyen Cu Trinh, D1)
Penasaran dengan menu vegetarian ala Vietnam? Jika ya, sangat disarankan mengunjungi restaurant ini. Semua makanan lezat tanpa menggunakan protein hewani sedikitpun.

HoaKhai

Harus coba: Tumis Tahu dengan Lada hitam.

 

6. Fanny Ice Cream (29-31 Ton That Thiep, D1)
Kedai Ice Cream yang mengusung kreatifitas dalam segala rasa dan tampilannya. Mulai dari beragam ice cream dan sorbet yang dipadu beragam crepes, wafer juga buah.

Fanny Ice Cream

Segar untuk dicoba setelah lelah mengelilingi kota di sore hari.

 

7. Highlands Coffee dan Trung Nguyen Coffee
Kedua kedai ini tersebar di setiap pelosok Saigon. Di sini tempatnya untuk menikmati Vietnamese Iced Coffee with Milk (Caffe Sua Da), Vietnamese hot coffee (Caffee Nom) sampai beragam jenis Iced Blended, dipadu dengan berbagai jenis kue ataupun cake. Bekas jajahan Perancis terasa kental di sini: dari tekstur dan rasa cake-nya yang bersahabat di lidah.

Kedua kedai ini bersaing ketat. Sama-sama enak dan buka sejak pagi untuk breakfast, sampai larut malam.

Lokasi pas untuk Highland Coffee: 75 Nguyen Du St, Dist 1 dan Ground Floor Saigon Center, Le Loi st, Dist 1.

Highland Coffee

Lokasi nyaman untuk Trung Nguyen: 80 Dong Khoi St, Dist 1 dan Opposite Diamond Plaza, Le Duan St, D1.

Trung Nguyen Coffee

 

8. Banh Mi Toui – Bready (62 Mac Dinh Chi, Dist1)
Di sini tempat untuk mencari sandwich ala Vietnam yang sangat terkenal. Dikemas rapih dengan roti Baguette yang renyah dan diisi berbagai macam isian sesuai selera.

Banh Mi Toui - Bready

Banh Mi Toui - Bready

Berada di tempat ini sepertinya tidak lengkap jika belum coba bistik kampung ala Vietnam (Bo Bit Tet)

 

9. Pho HOA (260 C Pasteur St, D1)
Pho (Vietnamese Beef Noodle) paling tua di Saigon. Belum sah rasanya menginjakkan kaki di SaiGon tanpa mencicipi mie kuah yg sangat terkenal ini.

Pho Hoa

Bunbo

 

10. Wrap & Roll (Vincom I, Le Thanh Ton, D1)
Semua jenis makanan yang digulung dengan beragam isian sesuai selera kita. Makanan khas Vietnam dengan tipe fast food.

Wrap Roll

Alternatif Kuliner:

1. Bobby Chin rest (The Link at Kumho Asiana, 39 Le Duan St, D1)
Menikmati makanan racikan Chef terkenal ini dijamin membuat semakin ketagihan dengan masakan Vietnam.

2. L’usine (151 Dong Khoi St, D1 dan 70B Le Loi St, D1)
Terinspirasi dari atmosfir kantin Pabrik jaman dulu di Perancis, cafe ini menyajikan beragam jenis kopi dan kue, dengan variasi beberapa salad dan quiche. Selalu ramai oleh para expat, turis dan juga para pekerja seni khususnya di dunia periklanan. Mulai buka untuk makan pagi. Harga sangat bersahabat.

Menariknya, Cafe ini selalu bersatu dengan butik pakaian casual, aromatherapy, stationeries dan beberapa furniture dengan brand dari Amerika dan juga Local. Selaras dengan citra L’usine itu sendiri.

Saat tepat untuk berkunjung: Afternoon Coffee Time. Coba pesan secangkir Flat White Coffee ditemani Carrotcake dan Cupcakenya.

3. The Deck (38 Nguyen U Di, Thao Dien, Anh Phu, D2 )
Resto romantis tepat dipinggir sungai Saigon, enak dinikmati sore ke malam hari bersama pasangan ditemani beragam menu fusion-nya…menikmati Saigon dr sisi dan pemandangan yg sulit dilupakan.

Resto Halal

1. Saigon Halal (31 Dong Du St, D1)
Menyajikan semua makanan halal dari Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Thailand. Lokasinya di sebrang Mesjid membuat restaurant ini selalu penuh dan ramai oleh turis dari negeri Jiran, Malaysia. Pilihan aman bagi turis yang ingin menikmati makanan khas Vietnam yang sudah pasti bebas-babi!

2. Pasha (25 Dong Du St, D1)
Masakan Turki menjadi pilihan di restaurant berlabel halal ini. Bisa jadi pilihan untuk Lunch sampai Dinner, dilengkapi dengan dessert khas dan Apple Tea.



written by:

Ho Chi Minh City

The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

2 Responses to “Nongkrong di SaiGon dan menikmati Kuliner Vietnam”
  1. infonya menarik. terima kasih sudah share

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes