Tips untuk keluarga yang ingin berkunjung ke Trans Studio Bandung

2
63375
Photo: Trans Studio Bandung



Saya dan keluarga yang terdiri dari ibu saya, kakak, kakak ipar dan 3 keponakan saya (usia 13 tahun, 10 tahun dan 1 tahun) berkunjung ke Trans Studio Bandung untuk mengisi beberapa hari dalam liburan bulan Desember 2013. Saya memilih Trans Studio Bandung karena memang itu permintaan keponakan-keponakan saya, jarak yang relative dekat dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat, dan waktu cuti yang tidak terlalu panjang sehingga hanya ada beberapa hari selama liburansekolah ini yang bisa kami habiskan bersama. Bagi yang belum mengetahui, Trans Studio Bandung adalah sebuah fasilitas taman hiburan dalam ruangan yang berlokasi di JalanGatotSubroto, Bandung.

Sekitar 3 minggu sebelum hari-H, saya melakukan semua pemesanan akomodasi dan tiket Trans Studio secara online. Pemesanantiket Trans Studio bisa dilakukan dengan mudah dan cepat di transstudiobandung.com. Meskipun hari kunjungan kami jatuh pada hari Selasa, tetapi karena masa liburan maka yang diberlakukan adalah harga tiket akhir pecan yaitu Rp. 250.000,- per orang semua kelompok umur. Saya pun melakukan pemesanan hotel melalui layanan online dan memilih untuk menginap di Trans Hotel Bandung. Alasan utamanya adalah untuk kepraktisan, karena kami tidak ada kendaraan di Bandung, dan hotel tersebut terletak satu kompleks dengan Trans Studio. Keterangan lebih lanjut mengenai hotel tersebut ada di thetranshotel.com.



Berikut ini adalah beberapa tips untuk keluarga yang ingin berkunjung ke Trans Studio Bandung berdasarkan pengalaman saya minggu lalu:

  • Apabila berasal dari luar kota, sebaiknya hari kunjungan ke Trans Studio adalah H+1 sejak kedatangan di kota Bandung, agar ada waktu untuk seluruh Keluarga beristirahat terlebih dahulu.
  • Apabila tidak ada kendaraan di Bandung, maka menginap dekat dengan Trans Studio sangat disarankan. Pilihan lain selain Trans Hotel adalah Ibis dan Horison. Pencarian hotel lain yang lokasinya dekat pun bisa dilakukan melalui internet.
  • Membeli tiket secara online jauh-jauh hari sangat membantu, meskipun di lokasi tersedia beberapa loket penjualan tiket. Tiket online hanya perlu ditukar dengan tiket masuk di pintu masuk Trans Studio. Ketika itu tidak ada antrian sama sekali.
  • Trans Studio beroperasi sejak pukul 9 pagi sampai dengan pukul 9 malam. Saya dan Keluarga datang pukul 10 dan tidak terdapat antrian panjang di pintu masuk. Sebagai informasi, pintu masuk untuk tiket online pun dibedakan dan jauh lebih sepi dari antrian masuk tiket biasa.
  • Sebaiknya sarapan tidak terlalu berat atau tidak berjarak terlalu dekat dengan waktu kunjungan untuk mencegah perut mual ketika bermain di wahana-wahana yang mengocok isi perut.
  • Penting untuk meminta peta studio di pintu masuk untuk mengetahui letak wahana, lokasi penjualan makanan dan toilet serta tempat menyusui dan mengganti popok bayi.
  • Tidak perlu membawa bekal makanan-minuman karena semua akan diambil di pintu masuk, kecuali makanan dan minuman untuk bayi.
  • Semua transaksi di dalam Trans Studio dilakukan menggunakan Kartu Trans Studio yang dapat dibeli dengan harga awal Rp.10.000 dan dapat diisi ulang sesuai kebutuhan. Kartudapat dibeli di dalam Trans Studio maupun di area Food Court Trans Studio Mall sebelum pintu masuk. Untuk keperluan makan-minum satu orang selama di dalam arena Trans Studio berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 per orang. Jangan khawatir, sisa isi kartu dapat dikembalikan dalam bentuk tunai di pintu keluar Trans Studio.
  • Untuk membeli kartu, isi ulang atau membeli gelang VIP dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu kredit. Tetapi untuk kartu kredit selain kartu kredit Bank Mega dikenakan biaya tambahan Rp.10.000 per transaksi. Di dalam Studio terdapat juga mesin ATM apabila perlu mengambil uang tunai.
  • Di dalam Trans Studio terdapat beberapa lokasi penjualan makanan dan minuman. Jenis makanan yang ada adalah ayam goreng, beragam bento, kebab, siomay, mie ayam, nasi kuring sunda, burger, dan camilan seperti berondong jagung, permen kapas atau gulali, dan sosis panggang. Terdapat juga kios-kios penjualan minuman ringan dan air mineral serta satu gerai kopi.
  • Terdapat hanya 3 lokasi toilet dan 1 tempat menyusui, tetapi sejauh pengalaman saya antrian toilet cukup tertib meski dalam keadaan ramai. Sebaiknya bawa sendiri tisu dan perlengkapan pribadi lainnya yang dibutuhkan. Terdapat juga Mushola bagi yang memerlukan.
  • Saat baru masuk, kami langsung mengantri di wahana Trans Race Car. Total waktu yang diperlukan untuk mengantri adalah sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung yang amat banyak. Pada awalnya, kami mengantri secara biasa karena ada niat mengajari keponakan-keponakan saya pengalaman bersabar mengantri.
  • Setelah wahana ke-dua dan total habis waktu lebih dari dua jam hanya untuk mengantri, kami akhirnya membeli gelang VIP. Gelang VIP ini bisa dibeli di dalam seharga Rp. 250,000 satu gelang. Untuk orang yang memakai gelang VIP ini tersedia antrian khusus di setiap wahana yang tidak terlalu panjang.
  • Apabila ingin membeli gelang VIP, sebaiknya yang membelihanya yang benar-benar akan bermain di semua wahana saja agar lebih efisien. Contohnya, ibu saya tidak membeli gelang VIP karena beliau hanya ingin ikut jalan-jalannya saja dan duduk menunggu cucu-cucunya bermain.
  • Terdapat cukup tempat duduk untuk beristirahat. Di lokasi penjualan makanan pun terdapat cukup meja-kursi.
  • Jangan lupa kenakan sepatu yang nyaman. Bagi yang menggunakan sandal akan diminta untuk melepasnya di beberapa wahana karena berisiko lepas dan hilang.

Bagi anak-anak yang sudah lebih besar dan tinggi badannya mencukupi serta berani mencoba, semua wahana dapat diakses. Untuk anak balita, terdapat satu area dunia anak. Khusus untuk wahana Special Effect jam pertunjukan hanya dibuka pukul 3 siang dan 5 sore, dan teater Kabayan jam pertunjukan mulai ada pada pukul 12 siang. Selain itu, wahana King Kong atau Yamaha Coster mulai beroperasi pukul 11 siang. Untuk wahana-wahana yang memiliki jam khusus ini disarankan untuk mulai mengantri setengah jam sampai 45 menit sebelumnya. Khusus untuk wahana Jelajah, sebaiknya disisakan sebagai tujuan yang terakhir sebelum pulang karena akan membuat baju basah. Membawa baju ganti dan handuk kecil juga sangat membantu.

Trans Studio Bandung



Secara keseluruhan, Trans Studio merupakan fasilitas hiburan yang cukup nyaman, bersih dan aman. Sebagai alternative tujuan wisata local cukup menyenangkan meskipun tidak bisa dikatakan murah. Sayangnya, terdapat beberapa fasilitas yang sudah mulai tidak berfungsi penuh dan memerlukan pemeliharan lebih lanjut, seperti beberapa props di wahana Dunia Lain. Trans Studio pun tidak cukup aksesibel bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

Saran saya, Trans Studio dapat dipilih apabila memang anak-anak tertarik untuk mengunjunginya, dan usia mereka sudah mencukupi untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada. Yang juga penting adalah juga syarat umum liburan Keluarga yang harus selalu dimiliki: Pikiran harus tetap terbuka dan ingat tujuan utama liburan keluarga, yaitu menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama-sama dan anak-anak dapat menikmatinya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.