Work and Vacation? Kenapa tidak?

0
2242
photo: engin akyurt

Salah satu hal indah dalam dunia freelancing – setidaknya apa yang saya alami dan rasakan – adalah, bebas menentukan dimana kita bekerja. Klien tidak akan peduli di mana kita berada, asalkan kita dapat memenuhi tenggat waktu dan memberikan hasil kerja yang memuaskan.



Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama jika kita berencana untuk melakukan perjalanan panjang dan lama. Hal-hal ini memang terasa sangat sederhana tapi jika tidak dipersiapkan, semua yang kita lakukan akan berantakan.

Saya coba ingin sedikit berbagi sepenggal tip sederhana yang (mungkin) bisa menjadi bahan diskusi bagi siapa saja yang berencana untuk bekerja sambil bepergian (travelling) atau berlibur.

Persiapan yang harus dilakukan

  1. Bawa / persiapkan Peralatan kerja yang tepat.
    Pilih alat kerja yang benar-benar penting dan ringan untuk dibawa: Laptop, Smartphone, Tablet (iPad) atau apa saja yang memungkinkan anda untuk mudah bergerak. Pastikan semua perangkat memiliki spesifikasi kinerja tinggi. Ingat, dalam kondisi nanti, kita dituntut untuk gerak cepat, dan tentunya ini memerlukan kemampuan perangkat pendukung yang maksimal.
  2. Koneksi Internet yang Baik.
    Salah satu tugas pertama ketika sampai di lokasi wisata adalah, kita harus secepat mungkin bisa dihubungi oleh siapa saja, terutama sang klien. Jadi, segera cari tahu lokasi yang menyediakan WiFi. Biasanya beberapa cafe, restaurant atau penginapan menyediakan fasilitas ini.

    Catatan: Beberapa tempat mungkin memiliki WiFi berbayar, jadi utamakan untuk mencari tempat yang Gratis. Ingat, kita akan menggunakan ini dalam waktu lama dan harus menyesuaikan dengan budget tentunya.

  3. Smartphone harus tetap standby 24 hours/day.
    Dalam perjalanan kita mungkin banyak berada di jalan / tempat wisata outdoor dan agak sulit untuk menggunakan perangkat kerja yang sedikit besar. Jadi pastikan smartphone tetap aktif. Meskipun smartphone memiliki fungsi yang terbatas dan tidak seluas laptop atau iPad, tapi setidaknya masih merupakan alat yang berguna untuk tetap terhubung dengan klien. Melalui smartphone kita  juga dapat mengecek email, media sosial atau rekening.



Hal yang harus diperhatikan

  1. Koneksi Internet yang lambat.
    Tidak semua WiFi yang disediakan memiliki kecepatan koneksi Internet yang sama. Layanan koneksi WiFi yang gratis pada umumnya lambat. Bahkan jika berada pada tempat-tempat terpencil, kita mungkin tidak menemukan koneksi Internet sama sekali.
  2. Gangguan lingkungan.
    Ingat, kita sekarang berada di tempat wisata yang mungkin sedikit bising / ramai dan kita tidak bisa mengontrol lingkungan tersebut. Jadi dibutuhkan kemampuan konsentrasi dan disiplin untuk tetap bekerja walau dalam lingkungan yang jauh dari ideal.
  3. Manajemen waktu.
    Jujur, kita pasti akan tergoda untuk mengunjungi semua tempat wisata yang menarik. Namun ingat, kita juga perlu untuk tetap bekerja agar disenangi klien dan saldo rekening tetap stabil. Cara terbaik adalah mengatur jadwal kerja dan waktu luang. Kedisiplinan diri sangat penting di tempat yang penuh godaan untuk bersenang-senang.

Ok sekarang giliran Anda. Apakah punya tips atau kiat-kiat yang bisa dibagikan?

cover photo by sarahfit



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.