Museum Benteng Heritage, Cikal Bakal Pusat Kota Tangerang

1
5279

Apa yang Anda bayangkan tentang kota Tangerang? Sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten ini ternyata menyimpan seni budaya yang sangat mengagumkan. Ikuti ya cerita jalan-jalan weekend saya mengunjungi Museum Benteng Heritage.

Menyebrangi Sungai Cisadane Tangerang dengan perahu.

Cikal bakal pusat Kota Tangerang

Museum Benteng Heritage (MBH) merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berarsitektur tradisional Tionghoa yang menurut perkiraan dibangun pada pertengahan abad ke-17 dan merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan ini terletak di Jalan Cilame No. 20, Pasar Lama, Tangerang yang juga adalah Zero Point nya Kota Tangerang karena disinilah cikal bakal pusat Kota Tangerang, yang dulunya disebut Kota Benteng terbentuk.



Di Museum ini Anda akan menemukan banyak hal-hal unik di balik sejarah kehidupan etnik Tionghoa serta berbagai artefak yang menjadi saksi bisu kehidupan masa lalu, mulai dari kedatangan armada Cheng Ho dengan rombongan yang terdiri dari sekitar 300 kapal jung besar dan kecil membawa hampir 30.000 pengikutnya. Sebagian dari rombongan ini yang dipimpin oleh Chen Ci Lung diyakini sebagai nenek moyang penduduk Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) yang mendarat di Teluk Naga pada tahun 1407.

Selain menyaksikan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Tionghoa beserta artefak-artefak yang berusia ratusan tahun, Anda dapat juga mendapatkan sebuah galeri yang berisikan berbagai macam kamera tua yang masih bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Bagi Anda yang senang dengan musik, Anda juga akan dicengangkan oleh berbagai koleksi alat pemutar lagu mulai dari yang paling kuno; Edison phonograph buatan tahun 1890an sampai jamannya Retro. Anda akan belajar banyak tentang sejarah kamera dan musik di sini!

Tour di Museum Benteng Heritage

Tour di Museum Benteng Heritage adalah “guided tour” yang berlangsung selama 45 menit dengan jumlah setiap rombongannya dibatasi s/d 20 peserta. Oleh karena itu bagi yang ingin mengikuti “Tour of the Museum” ini diminta untuk mendaftarkan diri sebelumnya serta diwajibkan membeli tiket masuk dan mentaati peraturan serta tata tertib yang berlaku.

Tarif Tiket Umum – Rp. 20.000
Mahasiswa/Pelajar – Rp. 10.000 (Wajib menunjukkan kartu pelajar)
English Language Tour – Rp. 50.000

Facebook: Museum Benteng Heritage

Makanan khas pecinan tangerang.
Tangga degan relief penuh makna.
Pintu masuk di Museum Benteng Heritage.
Closer look at the dragon. Kepala naga terdapat beberapa unsur budaya Indonesia dan badannya terbuat dari batik Prada.
Foto Naga Nusantara.
Degan Bpk. Udaya Halim pendiri Benteng Heritage Museum. His story & passion of Bhinneka Tunggal Ika’s just awesome.
Lunch ala Benteng Heritage. Appetizer : Sup Misoa Udang & Rujak Penganten yang seger banget.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.