Related Posts:

Advertise with us!

Find us on Facebook

Menikmati Jalur Khusus Sepeda di Jakarta

6703 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook5Pin on Pinterest0

Kring… kring… kring… ada sepeda. Sepedaku roda tiga. Kudapat dari Ayah. Karena rajin belajar. Hehehe, pasti masih ingat kan sama lagu itu?

Bersepeda kini jadi favorit olah raga keluarga. Selain menyehatkan, juga bisa jadi acara menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Nah, kalau bosan bersepeda di komplek perumahan saja, berikut beberapa area bersepedaan yang bisa dikunjungi bersama keluarga:

1. Sudirman – Thamrin (Car Free Day)

Kawasan Sudirman – Thamrin, Jakarta Pusat setiap hari Minggu dipadati ratusan pesepeda yang datang dari segala penjuru. Penerapan car free day yang berlangsung mulai 06.00 sampai 12.00 membuat pesepeda bebas berlalu lalang di jalur mobil. Selain kawasan Sudirman – Thamrin, ada beberapa wilayah di Jakarta juga diterapkan program car free day. Untuk infonya bisa klik di sini

2. Ecopark – Taman Impian Jaya Ancol

Pengunjung bisa membawa sepeda sendiri atau menyewa di Ecopark. Halte sepeda di Pantai Karnaval adalah salah satu tempat yang menyediakan sepeda dalam jumlah banyak.  Biaya sewa sepeda Rp 10.000 per jam, mulai jam kedua menyewa. Pada satu jam pertama, sepeda digratiskan dari biaya sewa. Tolong diingat, hari Sabtu dan Minggu, jangan berniat menyewa setelah pukul 08.00 sebab 700 sepeda di sana sudah habis disewa.

Bagi kalangan eksekutif yang menginginkan sepeda dengan kualitas lebih baik bisa menyewa sepeda di area Ecopark seharga Rp 50.000 per jam. Selain dapat menyewa sepeda, penyewa sepeda di Ecopark juga diberikan layanan tempat menyimpan barang dan kamar mandi untuk bilas setelah olahraga sepeda.

Bagi yang menyukai trek panjang bisa menjajal jalur sepeda di area Taman Impian Jaya Ancol. Rutenya bisa dimulai dari Pantai Karnaval menuju Dermaga Marina, kemudian balik lagi, dengan jarak bisa mencapai 9,8 kilometer. Jika sepeda dipacu dengan kecepatan 20 kilometer per jam, perjalanan sepanjang itu memakan waktu sekitar 30 menit; tetapi jika santai, memakan waktu satu jam.

3. Jalur pipa gas

Ingin bersepeda di jalur yang lebih menantang bisa menjajal jalur off-road yang sudah dikenal penggemar sepeda, antara lain di jalur pipa gas (JPG) di Belakang Kepolisian Sektor Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Jalur sepeda sepanjang 6,5 kilometer ini selalu ramai didatangi masyarakat dari berbagai komunitas sepeda, terutama pada akhir pekan.

Sebenarnya trek sepeda di JPG membutuhkan keahlian yang mumpuni dalam bersepeda. Jalur yang dilalui hampir 70 persen berupa jalan setapak dan naik turun. Meski demikian, bagi sebagian pesepeda yang masih relatif baru bisa melewati jalur wisata JPG.

Namun, adakalanya, sebagian pesepeda masih saja ada yang suka memaksakan diri masuk ke jalur teknikal karena gengsi dan atau dipanas-panasi sesama temannya. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan. Bagi pesepeda yang belum biasa bersepeda ke JPG, memaksakan diri masuk ke jalur maut di JPG yang mirip roller coaster bisa berakibat fatal.

Karena itu, sebagian pengurus JPG yang peduli dengan faktor keselamatan senantiasa membimbing pesepeda yang baru mencoba trek JPG. Bersepeda di jalur off-road, seperti di JPG, tidak hanya dibutuhkan stamina yang kuat, tetapi juga teknik yang memadai.

4. TMII

Sarana bersepeda santai bersama keluarga atau kawan-kawan remaja juga disediakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Harga sewa sepeda tandem dua jok (Rp 20.000 per jam), sepeda tandem tiga jok (Rp 30.000 per jam), sepeda biasa (Rp 10.000 per jam), sepeda kereta untuk dua penumpang (Rp 20.000 per jam), dan sepeda untuk empat penumpang (Rp 40.000 per jam).

Selamat berakhir pekan.



written by:

Full time house wife and proud mom, running own photography business together with my hubby and traveling is a part of my life.

The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

5 Responses to “Menikmati Jalur Khusus Sepeda di Jakarta”
  1. Nurcahyo says:

    Kalau boleh ditambahkan juga
    Bersepeda pagi di kebon binatang ragunan.
    Bawa sepeda sendiri tambah rp.1000
    Ada persewaan, buka jam 7. Kalau hari libur 7.30 sudah habis

  2. Yunita says:

    Wah boleh juga tuh,,,thx bgt mas Nurcahyo buat tambahan informasinya..
    Yg lainnya kalau ada info bersepedaan di Jakarta, please share di comment yah.. :)

  3. di ui trek sepedanya masih ada gak ya?

  4. Arnold says:

    untuk yang mau rental/ sewa sepeda , klik aja website my bike di http://www.rentalsepeda.com. thx, arnold 0817 230 8338

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes