Advertise with us!

Find us on Facebook

Pernah ke Ragunan? Kebun Binatang itu loh.

31836 Views | People like this:
Tweet about this on TwitterShare on Facebook17Pin on Pinterest0

Bisa jadi reaksi yang ditanya akan mengerutkan kening lalu menjawab: “Duh, ga deh. Pasti penuh banget dan ga nyaman”

Padahal jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan bisa menyenangkan kok, asal tahu trik.

Pilih hari Sabtu Pagi

Jam buka Kebun Binatang Ragunan kalau Sabtu dan Minggu mulai dari 6.30 wib. Jadi saya dan anak-anak tiba di sana pukul 7.20 dan masuk melalui pintu Utara.

Kebun Binatang Ragunan mulai buka jam 6.30 am pagi

Tarif masuk yang berlaku di Kebun Binatang Ragunan:

  • Mobil = Rp. 6.500,-
  • Dewasa = Rp.  4.500,-
  • Anak = Rp.  3.500,-

Di sisi kiri (setelah melewati Gerbang) terdapat Taman Hijau yang cukup nyaman untuk Ngopi-ngopi mengawali hari. Ada Warung yang dikelola oleh ibu Ujang menyajikan sarapan pagi khas Indonesia. Dan tentunya Mie Goreng andalan yang bisa dinikmati.

Berjalan lurus melawati warung+taman, kita sampai di landmark Kebun Binatang Ragunan yaitu si Patung Gajah dan kawanan Burung pelikan yang anggun. Wajib photo yaa di sini.

Patung gajah di Kebun Binatang Ragunan.

Taman Hijau yang cukup nyaman untuk Ngopi-ngopi mengawali hari.

Oh iya, hampir lupa cerita sedikit tentang Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu (Jakarta Selatan) didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang artinya Tanaman dan Kebun Binatang.

Tujuan pertama adalah kandang Gajah (di sisi kanan landmark)

Jalan menuju kandang gajah sangat nyaman kok. Jalan aspal yang bagus dan tidak becek. Di sisi kanan sedang dibangun taman satwa anak yang akan rampung 2013. Di sisi pintu Utara, dimana terdapat Kandang Gajah, Rusa, dan lain-lain.

Kandang gajah.

Dekat kandang gajah terdapat tempat penyewaan Bendi/delman. Bisa di sewa dengan biaya Rp.15.000,- saja. Kami memilih naik bendi untuk keliling Kebun Binatang Ragunan.

Naik delman istimewa keliling Kebun Binatang Ragunan

Kalau ingin menyusuri seluruh Kebun Binatang Ragunan dengan bendi juga bisa, tinggal negosiasi saja dengan Abang bendinya. Sebagai catatan, luas area Kebun Binatang Ragunan sekitar 140 hektar.

Fasilitas seperti sepeda tandem sampai dengan sepeda anak juga tersedia untuk disewa, cukup membayar Rp.10.000,- Mau keliling dengan kereta juga bisa, biayanya Rp.6.500,-

Selain areal utama Kebun Binatang Ragunan yang meliputi ratusan fauna (terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen), jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi The Schmutzer Primate Centre.

Schmutzer Primate Centre, Jakarta

Lama keliling Kebun Binatang Ragunankami sarankan tidak lebih dari 2 jam, karena di atas jam 10, selain sudah penuh tentunya udara nya tidak lagi sesejuk pagi.

Jalan-jalan singkat kali ini ke Kebun Binatang Ragunan, tidak separah yang ditakutkan orang kok. Yang penting tau trik nya.

Buat sekedar tahu saja. Ragunan sempat tutup sekitar 3 minggu sejak 19 September 2005 karena issue flu burung. Tapi kembali dibuka 11 Oktober (rujukan info).



written by:

Founder of liburkeluarga.
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice


Add Comment using Login Providers

Comments

3 Responses to “Pernah ke Ragunan? Kebun Binatang itu loh.”
  1. fay says:

    trima kasih infonya, tadinya sy pikir jg gitu.. ragunan kurang nyaman. tp setelah lihat ulasan ini, jd mantap utk ke sana bawa anak2. murah meriah dan yg penting anak2 bisa liat binatangnya. alternatif bagus kl blm sempet ke taman safari.

    thx

  2. Wahh.. Seru juga ternyata..
    Boleh nih jadi liburan alternatif keluarga yang Murmerrrr.. (“,)

  3. Siapa yang tidak mengenal tempat rekreasi yang satu ini?? Kebun Binatang Ragunan yang menawarkan berbagai macam sarana rekreasi dan edukasi untuk keluarga. Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi salah satu alternative untuk berpiknik dengan keluarga saat waktu liburan tiba. Benar kata mangyono bilang… selain bisa melihat berbagai macam binatang juga bisa memberikan pelajaran untuk anak-anak/keluarga tentang aneka satwa yang ada di dunia ini….

Send author a message

 

Top 10 New Destinations

Twitter update

WordPress Themes
WordPress Themes