Advertise with us!

Find us on Facebook

Staycation di Ancol

2055 Views | People like this: WordPress database error Table './k9446643_wp1/wp_adrotate_stats' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT SUM(`clicks`) as `clicks`, SUM(`impressions`) as `impressions` FROM `wp_adrotate_stats` WHERE `ad` = 4 AND `thetime` >= '1347494400' AND `thetime` <= '1517356800' GROUP BY `ad` ASC; made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/main/index.php'), adrotate_ad, adrotate_filter_schedule, adrotate_stats
Tweet about this on TwitterShare on Facebook17Pin on Pinterest0

Libur Lebaran bagi keluarga kami selalu merupakan kesempatan yang menyenangkan untuk mengeksplorasi dan menikmati kota Jakarta, dengan pulangnya 7 juta penduduk ke kampung halaman mereka, ibukota yang biasanya hiruk pikuk ini menjadi lebih lapang, lebih nyaman, lebih enjoyable. Masa indah ini berada dalam jendela waktu yang sangat singkat, karena itu WAJIB hukumnya bagi kami untuk memanfaatkan momen langka ini sebaik-baiknya, dengan melakukan sesi staycation berkualitas.

Untuk edisi staycation pertama kami di Jakarta di libur Lebaran 2016 ini, kami berkesempatan menikmati kawasan Ancol, tepatnya Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta’s beach side. Sebuah kompleks taman hiburan yang lengkap dan menawarkan banyak pilihan kegiatan untuk seluruh keluarga. Jujur, sudah lama rasanya saya tidak menghabiskan waktu banyak di kawasan ini, namun ternyata saya mendapati diri menikmati waktu yang kami habiskan disini bersama anak-anak. Judulnya Classic Fun, bersenang-senang dengan sentuhan nostalgia.

Tentu saja dibutuhkan strategi khusus agar waktu yang dihabiskan disini benar-benar maksimal senangnya, dan agar segala urusan lancar terkendali. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman kami:

1. Jangan pernah ke Ancol saat tepat hari raya Idul Fitri. Sama saja cari masalah. Tahun ini sekitar 70ribu orang datang di hari Lebaran dan 80ribu orang berhamburan ke Taman Impian Jaya Ancol di hari Lebaran kedua. Kebayang gak tuh kayak apa sesaknya. Kami sengaja menginap disana beberapa hari sebelum Lebaran, dan kondisinya lowong dan lega.
  2. Paling ideal adalah berlibur disini di hari weekdays, karena yang datang tidak terlalu banyak. Datanglah dari pagi (kebanyakan tempat rekreasi buka jam 10 pagi) supaya benar-benar puas.
  3. Siapkan diri untuk cuaca panas. Mulai dari baju, sepatu, penutup kepala, kacamata hitam dan sunblock, jangan lupa dibawa.
  4. Pastikan jam buka dan tutup dari tempat-tempat yang ingin disinggahi, karena terkadang mereka merubah waktu operasional tergantung kondisi. Sayang kan tiba disana ternyata sebentar lagi tutup, atau bahkan sudah tidak beroperasi.

Dengan mengamankan hal-hal diatas, kami berhasil menyusun agenda yang menyenangkan selama kami stay di Ancol selama 3 hari 2 malam. Demikian adalah tempat-tempat yang kami singgahi dan merupakan spot favorit wisata keluarga bagi saya, suami dan anak-anak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Akomodasi: Discovery Hotel

Satu alasan kenapa saya suka sekali mengajak anak-anak menginap di sini. Kolam renangnya seru banget! Besar, dengan kiddies pool yang lapang sehingga tak perlu berdesakan, perosotan dan seluncuran warna-warni, dan penyewaan peralatan berenang yang bisa membuat agenda berenang semakin epik.

staycation

Kids Club yang terletak pas di sebelah kolam renang juga patut dimention. Ruangan yang luas dengan berbagai buku dan mainan, beberapa screen computer, dan satu layar besar televisi yang menayangkan berbagai film anak-anak. Anak-anak pasti senang menghabiskan waktu disini. Saat kami menginap disana, di hari Sabtu pagi bahkan ada acara face painting dan membuat aksesoris manik-manik. Anak saya, Lilou, girangnya bukan main mengikuti kegiatan ini. Tiap weekend hotel menyediakan jajanan mie bakso di samping kolam renang, nikmat banget kan setelah berenang menikmati kuah bakso hangat-hangat.

Room tipe Premier yang kami tempati dengan dua kamar tidur dan sebuah area ruang keluarga juga pas sekali untuk staycation dengan anggota keluarga yang agak banyak.

website: discoveryhotelancol.com

Let’s Get High: Gondola

Sebuah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan bird’s eye view dari kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anak-anak girang sekali melihat pemandangan laut dan pantai dari ketinggian Gondola yang menyusuri kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dengan lintasan sepanjang 2,5 kilometer dan jarak tempuh kurang lebih 20 menit. Gondola di Ancol ini merupakan sarana rekreasi kereta gantung pertama di Indonesia loh!

staycation

Gondola bisa dinaiki dari stasiun A dan C. Stasiun A letaknya dekat dengan Ocean Dream Gelanggang Samudra sedangkan stasiun C ada di Pantai Festival, tinggal pilih saja terserah anda ☺ Harga Tiket 60ribu per orang, anak-anak diatas tinggi 85cm harus membayar. Jam Buka, Senin-Jumat: 11.00-18.00 Sabtu: 10.00-18.00 , Minggu 09.00-18.00

Makan-makan: Telaga Sampireun

Kalau datang beramai-ramai ke kawasan Ancol, patut mencoba mampir ke restoran Sunda ini. Makanannya enak, terutama menu ikan bakar dan ikan terbangnya. Masakan ala Sunda yang sehat dan lezat.

ancol

Seluruh area juga ditata apik dengan danau kecil berisi penuh ikan dan saung-saung yang membuat pengalaman makan semakin berkesan. Ada juga pojok permainan bagi si Kecil yang butuh bergerak sebelum dan sesudah makan. Hati-hati kalau weekend dan hari libur bisa antri lama untuk bisa dapat meja.

website: talagasampireun.com

Let’s Get Build Sand Castles: Pantai di depan Ancol Beach City Mall

Ajak si kecil bermain pasir ke area pantai di hadapan Ancol Beach City Mall. Pantainya cukup bersih, terawat dan tersedia bale-bale yang bisa menjadi basecamp orangtua menjaga anak-anak bermain. Atau kalau ada yang bisa menjaga mereka, Mama Papa bisa juga menunggu di Kopi Tiam Oey yang terletak tidak jauh dari pantai, sambil menikmati singkong goreng sambel roa dan es cingcau (favorit saya!) dan semilir angin pantai.

ancol

website: ancolbeachcity.co.id

Duduk-duduk: Segarra

Gak perlu jauh-jauh ke Bali untuk merasakan bersantai di beach club, bisa kok dilakukan di Segarra Ancol. Duduk-duduk menikmati suasana dengan pemandangan laut dan segelas minuman segar di tangan, sembari menyaksikan anak-anak berlarian menikmati angin segar dan space terbuka yang tersedia disana. BIsa memilih antara duduk di area outdoor dengan pilihan antara lain sunbeds atau cabana, dengan minimum pemesanan Rp500.000, atau duduk di area indoor yang tidak dikenakan minimum charge.

Screen Shot 2016-07-11 at 5.21.16 PM

website: segarraancol.com

Finding Dory: Sea World

Kalau anak-anak baru saja nonton Findng Dory, ajak mereka ke Sea World untuk menemukan Dory di akuarium ikan Coral, berenang bersama Clown Fish seperti Nemo dan ikan-ikan warna-warni lainnya. Pasti mereka senang sekali.

Yang tak kalah menarik dan sebaiknya tak dilewatkan: Feeding time! Pada jam-jam tertentu penyelam akan memasuki akuarium utama dan memberi makan ikan-ikan besar, termasuk ikan pari didalamnya. Semua pengunjung bisa menyaksikan langsung lewat viewing glass, sambil mendengarkan berbagai informasi mengenai ikan-ikan yang tampil bergantian ala performer. A great learning experience!

Jika ingin pengalaman yang lebih interaktif, bergabunglah dengan sesi pemberian makan penyu di area touch pool, dimana anak-anak bisa memberikan potongan daging ikan pada penyu-penyu ramah yang akan berenang menghampiri kita. Mereka juga bisa berkenalan dengan bintang laut secara langsung. Ingatkan saja untuk tidak mengangkat starfish nya keluar air ya!

Screen Shot 2016-07-11 at 5.21.56 PM

Tentunya pengalaman memasuki dan memutari akuarium utama juga tak boleh dilewatkan. Usahakan untuk selfie bersama Ikan Pari yang selalu tersenyum yah.

Sea World setiap hari buka jam 9 pagi, saat weekdays tutup jam 5 sore, dan di weekend tutup jam 6 sore. HTM Rp 100.000.

website: seaworld-ancol

Dunia Fantasi

Sudah lama saya tidak masuk ke dalam Dufan, kaget juga saat tahu harga tiketnya, Rp 300.000 per orang untuk sekali masuk, atau Rp 350.000 untuk tiket yang berlaku setahun. (Agak absurd ya penetapan harganya, tentu saja saya ambil yang 350ribu untuk setahun. Apakah akan saya sering pakai kartunya? Belum tentu sih, beli saja dulu)

Screen Shot 2016-07-11 at 5.23.37 PM

Sebagai referensi, anak saya perempuan berusia 4 tahun dan adiknya juga perempuan berusia 1,5 tahun. Untuk anak pertama saya, Lilou, ini merupakan pengalaman pertamanya bermain di Dufan, dan inilah permainan-permainan favoritnya:

1. Turangga-rangga – wahana Merry-Go-Round ini terletak pas di depan gerbang masuk, jadi hampir bisa dipastikan si Kecil pasti akan langsung meminta untuk naik wahana ini begitu masuk. Good old fun.
  2. Istana Boneka – OMG kok saya terharu saat masuk ke dalam kendaraan perahu dan mendengar lagu anthem istana boneka berkumandang. Masa kecil saya langsung berhamburan kembali di ingatan, dan rasa haru bertambah mengingat kini saya kembali duduk disini, bersama anak-anak saya, generasi baru pengunjung wahana klasik ini. Baper yaaaa
  3. Gajah Bledug – Kebetulan anak saya penyuka binatang gajah, jadi mengendarai gajah terbang naik turun membuatnya seperti kesurupan saking senangnya
  4. Hello Kitty Basecamp – untuk penyuka Hello Kitty wahana ini wajib, karena penuh spot-spot foto yang gemes, dan juga ada area teater dimana kita bisa menyaksikan sebuah film pendek tentang Hello Kitty dan teman-teman.
  5. Alap-alap – dari semua wahana inilah kesukaannya. Setidaknya 10 kali dia bolak-balik naik roller coaster mini ini, ditemani Papanya, sementara saya menunggu bersama Adek. Awalnya saya khawatir dia akan ketakutan di tengah jalan. “Lilou kalau takut gak bisa turun ditengah-tengah loh, yakin nih? Tanya saya. “Yakiiinnnnn!” teriaknya tidak sabar. Dan ternyata kekhawatiran saya tidak beralasan, dia sangat menikmati dan bahkan tidak bisa berhenti. Kalap di Alap-alap.
  6. Bianglala – wahana ini paling pas dinaiki untuk menutup waktu di Dufan, sekeluarga. Akan menjadi momen yang lebih istimewa jika bisa mengatur waktu naiknya adalah menjelang matahari terbenam, sambil menikmati langit sunset dan pemandangan pantai Ancol dari ketinggian.

website: Dunia Fantasi

written by:

grateful mother and happy wife | broadcaster at 90.4 @CosmopolitanFM | pop culture enthusiast | dances on all surfaces
The pictures contained on this site are our copyrighted property or the copyrighted property of our licensors or licensees, and subsidiaries for your and others’ personal, non-commercial enjoyment. Read our Copyright Notice