Weekend at Bintaro Farm Club

0
12476

Sudah lama saya penasaran sama BFC Mini Farm (Bintaro Farm Club) karena banyak teman-teman yang sering post foto anak-anak mereka di sini. Kalau dari hasil kepo timeline mereka – dan juga buka-buka websitenya, ada 4 kegiatan yang bisa dilakukan di sini:

  1. Memandikan landak mini
  2. Membersihkan kura-kura
  3. Bermain dengan kelinci
  4. Menangkap lobster air tawar mini

Sepertinya semua yang ke sana selalu puas, baik anaknya maupun orang tuanya (ya karena anaknya senang pasti orang tuanya juga ya)

Akhirnya saya niatkan untuk ajak Aqila (2y 8m) ke BFC ini pada saat Weekend Staycation ke BSD. Niatnya sebelum ke hotel mau mampir dulu ke BFC, tapi ternyata hujan deras. Alhasil gagal. Untungnya saat check out keesokan hari, cuaca lumayan terang, jadi kita pun menuju ke BFC.

Sedikit disclaimer untuk para orang tua, walaupun namanya farm tapi jangan dibayangkan bahwa Anda akan melihat farm seperti yang tergambar dalam film-film. Tempatnya cukup kecil dan “seadanya”, bahkan jalan masuknya pun cukup membuat saya dan suami ragu, “bener ini bukan ya?” karena jalannya belum bagus dan hanya ngepas banget dilewati dua mobil. Saran saya, simpan dulu no telpon BFC di ponsel, jadi kalau kesulitan mengikuti peta di website mereka, bisa telpon saja dan nanti mereka akan mengirimkan orang untuk menjemput di jalan utama.

Memandikan landak mini

Waktu saya datang, sialnya baru mulai gerimis. Sudah agak khawatir, bisa nda ya tetap beraktifitas. Tapi ternyata bagian memandikan landak mini dilakukan di area yang ada atapnya, jadi aman. Areanya di (semacam) garasi, dan landak-landak mini semua ditempatkan di kotak-kotak kaca. Ternyata kalau landak mini yang sering dipegang/dielus manusia, bulunya tidak terlalu tajam. Mungkin karena sudah biasa ya, jadi tidak merasa terancam.

Pertama-tama Aqila agak kagok melihat landak mini dan tidak mau memegang, tapi setelah ditunjukkan kalau landak bisa dimandikan, baru deh mulai tertarik dan berani dekat-dekat. Setelah selesai malah minta diulang, ingin memandikan landak yang lain. Tadinya saya pikir tidak boleh, tapi ternyata pemandunya sangat baik, menganut prinsip yang penting anak senang. Jadilah Aqila memilih landak yang lain, dan kali ini sudah berani sendiri dari awal sampai akhir.

Aqila masih takut-takut, hanya mau melirik saja ^^;;
Aqila masih takut-takut, hanya mau melirik saja ^^;;
Sudah mulai berani mengeringkan landak mini
Apalagi setelah dibedong, makin semangat – berasa lagi main sama boneka bayi di rumah

Membersihkan kura-kura

Setelah puas main dengan landak mini, selanjutnya adalah bermain bersama kura-kura. Yang ini tentunya tidak masuk dalam kategori mini. Sama ritualnya, memandikan juga, walaupun lebih cocok dibilang menyikat saja ya. Setelah itu bisa duduk di atas kura-kura sekaligus photo opp :)

Memandikan/menyikat kura-kura
Photo Op duduk di atas kura-kura

Bermain dengan kelinci

Aktivitas ke-3 adalah bermain dengan kelinci. Ada area yang isinya penuh dengan kandang kelinci, dan di sini Aqila boleh memilih 3 kelinci untuk dibawa bermain ke area halaman. Halamannya kecil kalau untuk orang dewasa, tapi untuk toddler cukup luas untuk mengejar-ngejar 3 ekor kelinci. Semangat banget Aqila sampai keringetan, dan tidak mau berhenti. Untung juga halamannya tidak besar dan hanya rumput saja, jadi orang tua bisa duduk-duduk saja di samping sambil mengawasi anak; tidak usah ikut capek kejar-kejaran ;P

Memilih kelinci yang akan diajak main kejar-kejaran
Asyik mengejar-ngejar kelinci di halaman

Menangkap lobster air tawar mini

Agak susah memisahkan Aqila dari kelinci, tapi akhirnya mau juga dia move on ke aktivitas selanjutnya: menangkap lobster mini, yang kalau dari jauh kelihatanya seperti udang besar hahaha.. Menangkapnya di kolam renang yang airnya tidak tinggi, sekitar semata kaki orang dewasa, tapi kalau untuk Aqila yang sekitar 90cm jadinya sekitar di bawah lutut sedikit. Cukup aman kok untuk toddler; asal jangan lari-larian ya..

Menangkap lobster mini

Walau resminya sudah selesai, tapi kalau anaknya masih senang, masih boleh melanjutkan aktivitas. Kemarin Aqila masih mau kejar-kejar kelinci walaupun sudah dimasukkan lagi ke box. Jadilah sama guide-nya dikeluarkan lagi. Senang sih bawa anak ke BFC ini walaupun tempatnya tidak fancy dan aktivitasnya tampak sederhana, tapi yang penting anak-anak senang. Dan HTM-nya pun cukup reasonable menurut saya: Rp.50.000,- setengah dibandingkan kalau mengajak ke playground di dalam mall; dengan experience yang lebih seru untuk anak-anak.

Sekilas Tips

Di BFC tidak disediakan makanan, hanya ada air minum kemasan gelas (gratis), jadi sebaiknya bawa snack sendiri. Baju ganti jangan lupa, karena ada kemungkinan basah pada saat menangkap lobster mini. Kesimpulannya, BFC mini farm ini #recommenDES! Senang akhirnya kesampaian mengajak Aqila ke sini ^-^

Click here for more pics, and for more info on BFC mini farm, visit www.bfcminifarm.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.