Amazing Ambon

5005

Kawasan Timur Indonesia nan eksotik dengan potensi pariwisata yang menakjubkan menjadi lokasi tujuan saya di tahun 2014. Kesempatan itu datang mendadak sekali. Kabar didapat Rabu sore, lalu Kamis malam sudah berangkat. So Excited!

Amazing Ambon

Untuk menuju Ambon, bisa pilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Lion Air atau Batik Air. Saya berangkat dengan Garuda dengan penerbangan jam 23.00wib dari Jakarta. Dipesawat langsung tidur. Perjalanan kurang lebih 3 jam. Berhenti sebentar di Makasar. Mendarat di Ambon jam 8 pagi. Waktu di Ambon lebih cepat 2 jam. Buat saya perjalanan malam hari cocok kalau travelling sendiri. Mungkin kalau bawa anak-anak bisa pilih penerbangan sore hari.

Dari Bandar Udara Pattimura, kami menuju kota Ambon dengan mobil sewaan. Oh iya, di Ambon tidak ada Taxi jadi harus pesan mobil. Biaya sewa dan supir per hari adalah Rp.500.000,- belum termasuk bensin.

Pilihan hotel di Ambon

Swiss Bell hotel (di tengah kota)
Alamat Hotel :
Jl. Benteng Kapaha no. 88
Ambon 97124, Indonesia
Tel    : +(62-911) 322 888
Fax   : +(62-911) 322 777

The Natsepa Ambon (pinggir pantai)
Jalan Raya Natsepa no. 36, Suli Salahutu
Central Maluku 97582
Indonesia
Tel.  +62 911 362 555
HP.  +62 811 470 2 555
Fax. +62 911 362 111
E. booking@thenatsepa.com

Menikmati kota Ambon

Waktu yang terbatas bukan berarti tidak bisa menikmati Ambon. Pemandangan sepanjang jalan dikelilingi laut dan pantai. cantik sekali, seperti Barcelona. Struktur yang berbukit dengan perumahan menghadap ke laut lepas seakan tidak beda dengan Yunani. Kebayang deh kalau ada himbauan pemda agar tiap rumah di bukit dicat sewarna. Pasti akan nampak ciamik (khayalan mentri pariwisata wanna be)

Kuliner kota Ambon

Untuk wisata kuliner, jangan ditanya. Pusat Kue dan Jajanan khas Maluku adalah Hilyah di Jl.Batu Merah (mulai buka dari jam 8 pagi) Puluhan kue khas Maluku ada di sini. Mulai dari Brudel, Roti Goreng dan Kue Agar-agar degan beragam warna siap disantap.

Favorit saya TAR (tart) AGAR PISANG COKLAT. Bentuknya seperti PIE yang sering kita liat. Bedanya, TAR diisi dengan adonan agar-agar coklat dan potongan pisang. Oh iy, sekalian info: di sini jangan cari pisang Ambon yaa. Adanya pisang MEJA.

Haliyah termasuk kategori ISTANA kuliner. Selain menjual kue, juga ada aneka Soto, Nasi hingga berbagai macam es kacang yang melengkapi pilihan menu pilihan kita.

2 3 4 5

Ini baru sarapan & makan siang lhoo. Beri ruang diperut untuk makan sajian ikan “Mati Satu Kali”. Istilah ini untuk menggambarkan betapa segarnya sajian laut yang akan kita santap. Tau sendirikan buat yang tinggal di Jakarta susah banget menikmati sajian langsung dari Laut.

Resto sajian laut:

• RM. Dedes
    Seafood Restaurant
    Jalan Said Perintah, Ambon, Maluku
  • Resto Sari Gurih
    Jl. Dana Kopra (Samping Hotel Mutiara) , Ambon – Maluku
    Opening hour : 10:00 – 22:00

Kita bisa pilih langsung ikannya. Tips, pilih ikan yang mulutnya mengatup. Rasanya lebih manis kalau ngikutin bahasa para pakar kuliner.

Wisata Pantai di Ambon

Perut sudah kenyang, yuk kita ke pantai! Saran saya pagi jam 8-an deh sudah ke pantai. Pantai Liang jadi pilihan kami. Jangan bayangkan seperti pantai di Bali dengan berbagai Fasilitas lho. What You will get is a deep 3 variant blue seas. Cantik abissss dan jernih.

Di pinggir pantai banyak warung yang menyajikan rujak dan sukun, pisang, singkong goreng. Nikmat sekali disantap sehabis mandi di laut.

MANDI DI LAUT.
Lebih sering terdengar kalimat, “nona seng mandi di laut? ”
Yang artinya, “Mbak, ga renang?”
Gitu kira-kira terjemahan bebasnya.

Amazing Ambon Amazing Ambon Amazing Ambon Amazing Ambon

Di sepanjang pantai memang sih tidak ada kegiatan berenang. Banyak orang dengan baju lengkap hanya bermain-main air di laut yang jernih. Hanya beberapa anak kecil yang mengenakan baju renang. Saran saya, kalau mau renang yang tenang, kenakan baju renang panjang seperti baju diving atau burkini. Jadi saya menyewa ban hitam besar dengan kaus panjang, lalu NYEBUR deeh. SERU juga!

The Natsepa dengan pemandangan pantai yang cantik

Setelah puas makan dan mandi-mandi,  kami menuju Hotel The Natsepa jam 2 siang. Walau ada fasilitas dengan kartu kredit namun pihak hotel meminta bayar tunai. Untung saja bawa cash. Dan lagi tidak perlu khawatir cari ATM, ada kok di depan hotel.

Pemandangan pantai yang mengagumkan langsung menyambut para tamu di lobby hotel. Benar-benar tidak kalah cantik dengan pantai di Bali. Dari teras kamar ada akses langsung ke kolam renang dengan pemandangan laut lepas.

Buat yang suka olah raga menyelam, ada diving centre yang siap melayani. Namun harap cek terlebih dahulu untuk kondisi laut. Sayang waktu kunjungan saya tidak tepat untuk diving. Tapi pemandangan pantai dan debur laut memang menakjubkan deh di pantai Ambon.

Amazing Ambon Amazing Ambon Amazing Ambon Amazing Ambon

Semoga saya bisa segera kembali lagi.