Belitung – Permata Tersembunyi

0
5388
Pulau Burung

Sudah agak lama saya terinspirasi dengan beberapa tulisan di Libur Keluarga mengenai Belitung, tapi baru kali ini saya merencanakan perjalanan ke pulau yang terletak di pesisir Timur Sumatra ini. Dan dengan sukses saya mendapat tiket pesawat sesuai dengan waktu yang saya inginkan.



Dalam tulisan ini saya tidak akan membuat Anda bosan dengan cerita bagaimana indahnya Belitung. Informasi tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di beragam situs, blog atau media sosial di Internet.

Di sini saya akan berbagi tips dan jadwal buat Anda yang ingin berakhir-pekan singkat di Belitung.

Pesan tiket pesawat lebih awal.

Berhubung hanya ada dua penerbangan ke Belitung yaitu Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, dan tidak banyak jadwal penerbangan, jadi sebaiknya beli tiket pesawat jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan tiket. Note: Sriwijaya Air juga tidak kalah memuaskan dari segi layanan dan ketepatan waktu.

Rekomendasi Hotel untuk Keluarga.

Billiton Hotel (www.billitonhotel.com) Karena hotel ini baru buka, jadi semua fasilitas masih baru dan terawat dengan baik. Lokasinya juga strategis, dengan pemandangan pantai yang menarik.

Harus sewa mobil.

Kebetulan di hotel tersedia fasilitas sewa mobil dengan supir. Menurut saya, paling baik dengan pemandu lokal yang dapat membawa Anda keliling ke pantai-pantai yang indah dan sekaligus menunjukkan tempat makan.

Pesan kapal di awal.

Kalau Anda bersama keluarga ke Belitung saat libur panjang akhir pekan, seperti saya, maka sewa kapal (boat) untuk snorkeling dan island hopping dijamin penuh. Jadi, sebaiknya saat pesan kamar hotel, katakan agar pihak hotel dapat sekaligus memesankan kapal untuk Anda. Atau begitu check-in di hotel, minta hotel untuk pesan kapal buat Anda untuk keesokan harinya.

Nikmati Pantai di hari pertama.

Karena sudah terlalu siang untuk island hopping, jadi kegiatan yang bisa dilakukan adalah menikmati indahnya pantai di Belitung. Ada Tanjung Tinggi (lokasi shooting film Laskar Pelangi). Tapi tempatnya sangat ramai karena banyak terdapat rumah makan disepanjang pantai. Yang jadi pilihan saya adalah, di depan area LOR IN (http://www.lorinhotel.com/belitung) karena lebih sepi. Pantai lain yang bagus adalah Tanjung Kelayang, pantai berpasir dengan lautnya yang tenang.

Pilihan tempat untuk makan siang:

Belitong Timpo Duluk. Cute rustic place. Menyajikan makanan khas Belitung. Menu yang harus dicoba di sini: Iga bakar dan dulang set.
Mie Atep. Di sini hanya jual dua jenis makanan: Mie khas Belitung (mie rebus dengan kuah agak kental) enak banget! Dan nasi ayam (seperti nasi tim).

Pilihan tempat makan malam:

RM. Mutiara (chinese seafood). Satu masalah yang saya temui di sini adalah , penyajiannya lama sekali. Jadi lebih baik ke sini sorean atau malam sekalian, jam 8:30pm ke atas.
Dynasty (chinese seafood). Direkomendasikan. Tapi saya sekeluarga belum sempat mencoba.

Island hopping.

Rute kapal biasanya ke lima pulau kecil di dekat Tanjung Kelayang atau Tanjung Binga. Biasanya jam 9 pagi kapal-kapal mulai menuju rute yang sama.

Note: Try to avoid the stream of people going at the same time, especially at peak season. Kami sekeluarga berangkat lebih siang. Ada 3 pulau yang kami pilih:

  • Pulau Pasir. Seonggok pasir di tengah laut. Amazing!
  • Pulau Lengkuas, dimana terletak mercusuar yang terkenal di pulau ini. The kids will love this. Mercusuar ini memiliki 18 lantai. Pantai di sini lumayan berbatu. Tidak begitu cocok untuk anak-anak berenang. Tapi jika ingin snorkeling, di sekitar pulau ini lokasinya (sekitar 25 menit dari Pulau Pasir)
  • Pulau Burung. Ini pulau favorit saya. Tempatnya sepi, pasirnya halus, airnya tenang, dan banyak sekali starfish di sini (yang kecil-kecil dan sangat cantik). Di sini juga terdapat bebatuan besar dekat pantai yang cantik sekali untuk foto. Ajak anak-anak berenang menggunakan kacamata renang di sekitar pantai. Ikan-ikan kecil bisa terlihat jelas di sini. Karena sepi, tenang dan teduh, Anda bisa meluangkan waktu lebih lama bersama Keluarga di sini, sebelum balik ke Belitung (sekitar 20 menit dari pulau Lengkuas)

Tips island hopping

Berikut daftar barang yang tidak boleh lupa untuk dibawa:

  1. Makanan dan minuman karena di pulau-pulau tersebut tidak ada yang berjualan makanan dan minuman.
  2. Kantong plastik untuk baju basah atau sampah.
  3. Sandal jepit. Jangan menggunakan sepatu atau sandal yang tidak tahan air. Karena keluar masuk kapal pasti akan basah.
  4. Handuk untuk dijadikan alas duduk atau untuk mengeringkan badan.
  5. Goggles (kacamata renang) semua anggota Keluarga harus bawa, jadi bisa menikmati pemandangan bawah air bersama-sama.
  6. Handphone atau kamera kecil. Kalau ada casing underwater lebih mantap lagi.
  7. Speaker kecil. It just adds cherry on top, listening music with the view of paradise.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.