Berlayar di Milford Sound – New Zealand: Jejak Laut di Lembah Hijau Pegunungan Bersalju

1
16924

Masih ingat cerita liburan kami sekeluarga “Berpetualang denganMobil Caravan di New Zealand” ? Kali ini Saya akan melanjutkan cerita perjalanan kami sekeluarga Berlayar di Milford Sound – New Zealand.

Kia Ora!
Sapaan selamat datang dalam bahasa Maori tersebut menghiasi dinding lobby Pusat pengunjung di Milford Sound – New Zealand.

IMG_6852  IMG_6853

Milford Sound atau Piopiotahi (dalam bahasa Maori) awalnya tampak seperti sebuah danau atau sungai. Tetapi ternyata Milford Sound adalah lembah pegunungan yang dibanjiri atau dimasuki oleh air laut. Sound atau Fjord/Fiord adalah lembah-lembah pegunungan yang terbentuk pada jaman es. Saat es mencair dan ketinggian air laut bertambah maka air laut masuk membanjiri lembah-lembah curam tersebut sehingga membentuk jalur air yang menyerupai sungai atau danau.

IMG_7079

Milford Sound terletak di South Island, New Zealand, dan berada di dalam wilayah Taman Nasional Fiordland, Suaka laut Piopiotahi dan Te Wahipounamu World Heritage. Cukup banyak Fiord atau Sound yang terdapat di New Zealand, terutama di South Island. Selain Milford Sound, Fiord lainnya yang juga terkenal adalah Doubtful Sound. Karena keterbatasan waktu maka kami hanya sempat berlayar di Milford Sound.

IMG_6848  IMG_6850  IMG_6839

IMG_6938  IMG_6979

Milford Sound dapat ditempuh melalui perjalanan dengan bus atau mobil. Pengunjung dengan bus wisata umumnya berangkat pagi-pagi sekali dari kota besar terdekat yaitu Queenstown. Keluarga kami memilih untuk menginap dengan mobil caravan di kota kecil yang terdekat dengan Milford Sound, yaitu Te Anau. Jarak tempuh dari Queenstown sekitar 300 km, sedangkan dari Te Anau hanya sekitar 120 km.

mbl

Selain menggunakan kapal, bila budget mencukupi maka keindahan Milford Sound dan Taman Nasional Fiordland juga dapat dinikmati dengan menyewa pesawat terbang kecil. Untuk yang lebih berjiwa petualang, dan tentunya lebih bugar, dapat juga mencoba menyusuri Taman Nasional dan Milford Sound melalui rute jalan kaki lintas alam, bersepeda, atau berkayak.

IMG_6905  IMG_6877

IMG_6836  IMG_6951

Ada beberapa pilihan operator kapal dan paket yang dapat dipilih untuk mengarungi Milford Sound. Selain berlayar di siang hari seperti yang kami pilih, ada juga pilihan untuk berlayar di malam hari dengan rute yang lebih jauh dan lama. Kami memilih operator yang menyediakan kapal dengan tiang-tiang layar yang tampak anggun, yaitu Milford Mariner.

IMG_7089

IMG_6855  IMG_6858

Umumnya tiap kapal dilengkapi Dek terbuka sehingga pengunjung dapat lebih leluasa untuk menikmati keindahan Milford Sound. Disediakan juga kabin duduk penumpang dengan jendela-jendela kaca yang besar serta kafetaria, sehingga bila sudah merasa lapar atau kedinginan ditiup angin laut bisa masuk sebentar untuk menghangatkan badan.

IMG_6871  IMG_6900

Karena Fiord adalah bagian dari laut yang menjorok masuk ke daratan/lembah pegunungan, maka hewan-hewan yang tampak di perairan tersebut juga adalah khas hewan laut. Beberapa yang kami temui dalam pelayaran di Milford Sound ini adalah kawanan anjing laut, lumba-lumba dan burung camar. Sayang sekali saya tidak sempat memotret sekawanan lumba-lumba yang tiba-tiba tampak di dekat kapal yang kami tumpangi. Alhamdulillah, segerombolan anjing laut yang sedang bermalas-malasan berjemur diatas bebatuan serta burung-burung camar yang berterbangan dapat terekam kamera. Surprise juga menyaksikan hewan-hewan tersebut langsung di habitatnya, bukan di kebun binatang.

IMG_7016

IMG_6916

Selain hewan laut, selama pelayaran ini kita juga dapat melihat keindahan air terjun yang terdapat di Milford Sound. Dua yang terkenal adalah air terjun Lady Bowen dan Stirling. Menurut info, akan lebih banyak lagi terlihat air terjun sesudah hujan turun.

IMG_7060

IMG_7032  IMG_7082
Berlayar menyusuri Milford Sound, sampai ke ujung/muara nya yaitu Laut lepas, dan kembali lagi ke Pelabuhan di Pusat Pengunjung memakan waktu sekitar 2 Jam. Tetapi perjalanan tersebut terasa singkat karena banyaknya pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Selama pelayaran saya sempat mencari-cari dan bertanya pada awak kapal, yang manakah Puncak Mitre (Mitre Peak)? Mitre Peak banyak disebut dalam artikel tentang Milford Sound dan di buku panduan wisata yang saya pelajari sebelum berangkat liburan. Sebelumnya saya menduga bahwa Mitre Peak itu berada jauh ditengah Milford Sound dan baru akan terlihat setelah kapal jauh berlayar. Rupanya Mitre Peak, yang mendapatkan nama ini karena bentuknya yang tampak seperti topi Uskup, tidaklah jauh bersembunyi. Justru langsung terlihat jelas saat kita baru sampai di Pusat Pengunjung. Hehehe.. rupanya karena saat baru sampai di Milford Sound saya terlalu semangat mengintip dari balik kamera dan jepret kiri kanan malah jadi luput mengenalinya, tetapi tetap bisa puas berfoto bersama Sang Mitre Peak saat berjalan kaki kembali ke mobil caravan kami. Perjalananpun kami teruskan ke tempat-tempat menarik selanjutnya…
IMG_6883

IMG_7092

1 COMMENT

  1. Evi,
    Benar2 menakjubkan dan bikin ngiler….Insya Allah mau ikut2an berpetualang utk liburan tahun depan…Siiip, thanks a lot for sharingnya…Jangan lupa nanti saya akan tanya2 lebih detail ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.