Brazil During Carnival: Rio de Janeiro

0
4156

Rio de Janeiro is possibly the most beautiful city in the world. There, I said it.

Gimana gak cantik? Kota ini ada semuanya. Mulai dari pantai, gunung, danau, bukti sampai hutan tropis di tengah-tengah kota. Pemandangan orang-orangnya juga menyenangkan tentunya J. Tidak heran bila banyak lagu cinta dipersembahkan untuk kota ini, seperti Copacabana, The Girl from Ipanema sampai New York Rio Tokyo.

Pusat Carnival memang ada di kota ini. Mulai dari perlombaan akbar sekolah-sekolah Samba ternama yang dipertunjukkan di stadium Sambodromo sampai party-party di seluruh distrik di Rio yang diberi nama blocos alias block parties. Tiket nonton Carnival di Sambodromo bisa dibeli di hotel-hotel atau travel agencies yang ada di jalan-jalan Rio. Disarankan booking jauh-jauh hari lewat online biar dapat harga yang lebih murah. Harga tiket berkisar 500 ribu sampai 3,5 juta tergantung lokasi nonton. Pertunjukkan sekolah-sekolah Samba ini dimulai dari jam 9 malam dan selesainya bisa jam 5 subuh. Jadi, siap-siap begadang sampai pagi.

Sedangkan blocos ini bisa ditemukan di hampir seluruh distrik di kota Rio. Dilakukan sepanjang hari dan digilir di neighborhood tertentu di kota Rio. Biasanya jalanan akan di-blok untuk party-party blocos ini.  Salah satu blocos yang sempat saya ikut adalah bloco di Ipanema. Seru sekali, ikutan joget samba bersama ratusan orang berkostum diiringi pertunjukkan di panggung musik jalan. Beware of pickpockets ya.

Sambodromo

Sambodromo

Beberapa spot yang wajib kunjung:

Patung Cristo & Pao de Acucar (Sugar Loaf): Dua spot yang paling terkenal di Rio. Patung Kristus ini ada di puncak gunung Corcovada dan Pao de Acucar adalah dua bukit yang disambung cable car. Berada di puncak ke dua spot ini berarti bisa melihat seluruh kota Rio dari berbagai sudut. Indahnya luar biasa!  Ambil saja paket tour one day atau half-day untuk bisa menikmati kedua tempat ini. Harga 200 real (1 juta) dengan bus tour mini termasuk tiket masuk.

Christ the Redeemer
Christ the Redeemer

Patung Cristo Patung Cristo

Botafogo Shopping Centre: Bukan buat shopping, walau buat yang berminat belanja juga silahkan. Unfortunately, selama Carnival semua mall di Rio tutup. Di Botafogo Shopping Centre ini, naiklah ke lantai paling atas ke area food court-nya untuk menyaksikan pemandangan indah Botafogo Bay. A must-visit!

Botafogo Shopping Centre
Botafogo Shopping Centre

Jardim Botanico: Ini literally hutan tropis di tengah-tengah kota. Tinggal naik taxi dan bus sudah bisa menikmati salah satu taman terbesar di kota Rio.

MAC (Museum Arts de Contemporaire): Museum ini hasil karya arsitek terkenal asal Brazil, Oscar Neimeyer, cuma ada di Niteroi, jarak tempuh 20 menit dengan ferry yang bisa diambil dari port di Centro (financial district di Rio). Dari port di Niteroi, tinggal naik bus menuju MAC. Dijamin gak akan nyesal melihat pemandangan di sekitar museum ini. Bangunan museum-nya sendiri unik ya, semacam UFO. Anak-anak pasti suka!

MAC (Museum Arts de Contemporaire)
MAC (Museum Arts de Contemporaire)

Pantai Copacabana & Ipanema: Tidak sah ke Rio tapi gak ke dua pantai legendaris ini. Pantai Copacabana sekilas terlihat lebih upscale mungkin juga karena sederatan hotel-hotel mewah disana, tapi pantai Ipanema menang di background pemandangan gunung-nya. Selama Carnival, kedua pantai ini ramai kayak pasar. Dan panasnya itu nyengat, jadi jangan lupa pake sun lotion, atau sekalian pake bikini atau telanjang dada saja buat cowoknya.

Pantai Copacabana & Ipanema
Pantai Copacabana & Ipanema
Pantai Copacabana & Ipanema
Pantai Copacabana & Ipanema

Lapa: Ini adalah area tempat menonton pertunjukkan Samba atau sekedar main ke bar/club untuk menyaksikan pertunjukkan band band lokal Samba ternama

Santa Teresa:  Salah satu neighborhood tercantik di Rio, persis seperti Montmartre di Paris. Kalau ke sini, jangan lupa mampir ke Bar do Mineiro buat makan makanan khas Brazil, Feijoada. Basically, semur sapi dengan black beans soup. Enak!

Santa Teresa: View of surroundings.
Santa Teresa: View of surroundings.

Fasano Hotel di Ipanema: Kabarnya banyak selebritis dunia yang nongkrong di sini selama bulan Carnival, termasuk Madonna dan Beyonce. Kali kali aja beruntung bisa ketemu. Kalaupun gak ketemu, nongkrong di lounge-nya juga asyik kok.

Fasano Hotel
Fasano Hotel

Rua Diaz Ferreira di Leblon: Ini adalah area dengan restaurant-/lounge posh di Rio. Salah satunya adalah Sushi Leblon, resto fusion Jepang yang ramai dengan antrian masuk. Kabarnya, ini salah satu tempat makan favorit Madonna. Untuk makanan asli Brazil dengan harga reasonable bisa di Academia de Cachaca di Rua Conde Bernadotte di Leblon juga.

TIPS

Again, booking hotel untuk Rio sebaiknya jauh-jauh hari. Mengingat semua harga 3x lipat selama Carnival, banyak hotel di area Copacabana dan Ipanema yang sudah sold out 1-2 bulan sebelumnya. Dan jangan lupa minum Caipirinha, minuman alcohol Brazil yang terbuat dari air tebu, rum dan lime juice. Dijamin langsung happy!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.