Brazil During Carnival: Salvador

0
2350

Kota Salvador adalah kota dengan pesta Carnival terbesar kedua setelah Rio de Janeiro, terletak di bagian Selatan negara Brazil. Kata seorang teman asli Brazil, kalau mau mencicipi rasa asli budaya Brazil ya di sinilah tempatnya. Pusat kotanya sih lumayan semrawut, berasa mengunjungi Amerika Selatan di era 70-an. Buat yang suka musik Samba atau ingin menelusuri sejarah musik ini, kota ini adalah kota kelahiran Samba di dunia.

Beberapa spot yang bisa dikunjungi:

  1. Pelourinho: Town square yang juga masuk dalam warisan kekayaan budaya UNESCO. Penuh dengan bangunan kuno berwarna-warni zaman penjajahan Portugis, juga wanita-wanita penduduk asli dengan kostum daerah yang dinamai Bainanas. Di hari-hari tertentu, terutama selama Carnival, banyak sekali pertunjukkan Samba di Pelourino. Trivia: Video klip Michael Jackson’s They Don’t Care About Us syutingnya ya di Pelourinho ini.
  2. Porto de Barra: Salah satu pantai paling ramai di Salvador. Juga menjadi salah satu pusat pesta, dipenuhi  truk-truk panggung musik yang lalu lalang selama periode Carnival
  3. Farol de Barra: Pantai di Salvador yang lebih upscale dengan mercu suar dan pemandangan pantai yang indah.
Porto de Barra
Porto de Barra
Farol de Barra
Farol de Barra
Pelourinho
Pelourinho

TIPS

  • Nginaplah di area Vitoria yang lebih tenang dan tidak se-touristy Pelourinho.
  • Selama Carnival, jangan berpenampilan yang terlalu mencolok atau memakai barang mewah. Pencopet dimana-mana. Salvador termasuk salah satu kota miskin di Brazil.
  • Jangan lupa coba makanan khas Salvador, yaitu Moqueca, semacam kari udang dan seafood yang yummy, dimakan dengan nasi putih.
Moqueca
Moqueca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.