Brazil During Carnival

0
2767

Sudah menjadi mimpi saya sejak dulu untuk berkunjung ke negara Samba ini tepatnya di kota Rio de Janeiro,  apalagi di musim Carnival di bulan Februari. Mengingat jarak terbang yang lama dan tiket yang tidak murah, keinginan ini selalu urung diwujudkan.

Thank God for promo tickets! Turkish Airlines tahun lalu menggelar promo diskon 50% untuk beberapa negara dan Brazil adalah salah satunya. Dengan harga tiket pp USD$1269 dan stop over di Singapore & Turkey, this is a very good deal! Tanpa mikir panjang, tiket ke Sao Paolo langsung di-booked.

Niatnya berkunjung ke negara South America yang lain, tapi mengingat urusan visa yang lumayan ribet akhirnya saya dan teman hanya memutuskan untuk explore Brazil saja. Diputuskanlah 4 kota yang akan dikunjung, yaitu Sao Paolo, Salvador, Rio de Janeiro dan Florianopolis.

Untuk masuk ke Brazil, dibutuhkan visa. Aplikasi membutuhkan proses selama 10 hari kerja, dengan melengkapi syarat-syarat standar pada umumnya, seperti surat keluarga/kantor/bank. Disarankan untuk melengkapi dengan bukti tiket & hotel.  Maka, dimulailah proses perburuan hotel & tiket terbang  domestik selama di Brazil.

Perlu dicatat,  event Carnival di bulan Februari adalah musim high-season di Brazil. Sebaiknya, semua akomodasi di-booked jauh-jauh hari, sebisa mungkin 3-4 bulan sebelumnya, mengingat hampir kebanyakan hotel di Rio & Salvador yang murah sudah sold out. Belum lagi tiket terbang domestik (antar kota) yang makin last minute semakin mahal juga.

Hotel-hotel di Rio de Janeiro selama bulan Carnival juga mengalami kenaikan harga sebanyak 3x lipat. Jadi, siap-siap saja mengeluarkan kocek lebih untuk tinggal di sentral Rio (Copacabana & Ipanema).

Beberapa tips yang perlu diingat:

  1. Unless you have money to spare, cari hotel di pinggiran kota, harganya lebih reasonable. Ke pusat tinggal naik bus atau subway. More hassle obviously, but will save you a lot! Atau ya, booking jauh-jauh hari.
  2. Sebaiknya tidak menukarkan uang disana, selain kurs jatuh dibandingkan Brazillian Real, money changer juga memberlakukan charge commission yang tidak kecil. Rugi bandar judulnya. Ambil uang dari mesin ATM saja (yang berlogo Maestro Cirrus), cuma di-charge Rp.25.000,-. Jauh lebih hemat!
  3. Subway di kota Rio & Sao Paolo termasuk salah satu subway terbaik di dunia. So take, the subway to go anywhere. Harga cuma 3 sampai 3,2 real per trip (15 samapi 16 ribu). Atau naik taxi juga aman, tapi ya lebih mahal. Argo berkisar 15 sampai 25 real (75 sampai 125 ribu) untuk jarak dekat dan 25 sampai 50 real (125 sampai 250 ribu) untuk jarak jauh.
  4. Jarang ada yang berbicara atau mengerti berbahasa Inggris. Jadi, bawalah kamus Inggris-Portugis, atau pelajari basic language-nya. You will need it!
  5. Bawa ID atau fotokopi paspor, kamu akan butuh untuk masuk ke tempat-tempat tertentu, terutama bila memang niat masuk ke bar/lounge/club. Tanpa ID, gak boleh masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.