Cappadocia buat Para Pecinta Alien

0
2864

Buat pecinta Alien dan hal-hal yang berhubungan dengan teori–teorinya, Cappadocia adalah surga dengan point-point pembenaran bahwa Alien itu pasti pernah mengunjungi bumi. Haha ini kata saya dan suami loh. Kenapa? Karena landscape Cappadocia ini sepertinya tidak mungkin dibuat oleh manusia. Too artistic and incredibly precise!

Perjalanan ke Cappadocia kami tempuh dari Izmir dengan menggunakan bis malam, kami tiba pagi hari dengan udara yang brrr dingin sekali. Kota Cappadocia adalah kumpulan dari ice cream cone, batu-batu berbentuk ice cream cone berhamburan di sini, dan menjadi tempat tinggal manusia di jamannya. Open Air Museum Gerome adalah tempat formal dimana banyak rumah batu gua ini dilestarikan, berbukit-bukit dan membentuk pemandangan yang indah. Ada beberapa rumah yang masih ditempati dan di dalam rumah batu gua itu mereka memiliki beberapa ruangan, seperti ruang baca, ruang keluarga, kamar tidur. Lucunya, suhu di dalam gua tersebut selalu stabil. Ada beberapa desa yang masih terjaga apik seperti ini, walau sudah diperuntukkan untuk kebutuhan Turis. Pemerintah Turki pernah membeli sebagian besar rumah batu tersebut untuk dilestarikan, walau beberapa diantaranya hingga kini masih menjadi milik pribadi yang kemudian dikembangkan untuk dijadikan hotel.

Hal yang lucu saya temukan saat mendaki sebuah bukit dan melihat seluruh kota Cappadocia dari atas, saya melihat batu berbentuk kerucut dan di atasnya ada batu bulat, dan batu bulat ini sama sekali tidak jatuh, walau sudah ratusan tahun. Jumlahnya pun tidak sedikit.  Presisi dan ketepatan batu bulat itu membuat saya bingung “ini gimana naro’nya ya?” – Pasti Alien, kata suami saya, haha.

Di puncak bukit, kami melihat ada satu kedai yang menjual minuman segar dari jeruk. Oh iya semua penjual minuman segar di Turki hanya menggunakan buah asli yang langsung diperas di depan pembeli. Segar sekali. Yang lucu, kami seperti melihat kedai ini seperti “an oasis at the end of the hill” karena posisinya yang hanya satu-satunya dan kecil di atas sana.

Selain Underground City yang luar biasa terjaga rapi dan bersih, kami juga mengunjungi tempat pembuatan keramik Turki dan  Ihlara Valley. Berada di Ihlara Valley ini seperti rekreasi spiritual, karena kita diajak untuk menyusuri lembah, berjalan disisi sungai, menikmati udara yang bersih, bersatu dengan alam.  So far, ini salah satu tempat favorit saya di Cappadocia.

Salah satu hal berkesan lainnya di Cappadocia tentunya adalah berkendara dengan balon udara (air balloon). Menikmati matahari terbit di udara, sambil melihat banyak balon udara lain dengan pola yang beraneka ragam beterbangan. Melihat pemandangan rumah-rumah ice cream cone itu dari atas sepertinya saya kembali menjadi anak kecil yang sedang bermain di dunia fantasi saya sendiri. Menakjubkan.

Balon udara dikendarai oleh seorang pilot terlatih. Kami beserta turis-turis lain pun memberikan applause setiap kali beliau melakukan maneuver-manuver handal terutama saat mendaratkan balon udara tadi di atas mobil landing.  Champagne dan bermain diatas balon udara yang baru saja didaratkan menjadi kenangan sendiri untuk menutup hari di Cappadocia.

Beberapa tips untuk berlibur di Cappadocia:

  1. Gunakan tour agent saat anda berada di Cappadocia karena historical sites yang lokasinya tidak berdekatan, dan sepengetahuan saya tidak banyak angkutan umum disana.
  2. Usahakan  untuk menginap di hotel cave, yaitu hotel yang ada di dalam gua.
  3. Pastikan anda mendapatkan layanan air balloon yang menjemput anda pagi-pagi sekali, karena percaya deh menikmati air balloon baru akan terasa jika ditemani matahari yang baru bersinar.

Saat anda memilih balon udara, pastikan anda memilih yang isinya tidak terlalu banyak orang di dalam satu basket. Jika memilih basket yang terlalu basar, maka isinya akan terlalu penuh dan Anda tidak akan terlalu nyaman saat di udara.

Open Air Museum Gerome.
Open Air Museum Gerome.
Kota Cappadocia adalah kumpulan dari ice cream cone, batu-batu berbentuk ice cream cone berhamburan di sini dan menjadi tempat tinggal manusia di jamannya.
Kota Cappadocia adalah kumpulan dari ice cream cone, batu-batu berbentuk ice cream cone berhamburan di sini dan menjadi tempat tinggal manusia di jamannya.
Batu berbentuk kerucut dan di atasnya ada batu bulat yang sama sekali tidak jatuh walau sudah ratusan tahun.
Batu berbentuk kerucut dan di atasnya ada batu bulat yang sama sekali tidak jatuh walau sudah ratusan tahun.
Di puncak bukit, kami melihat ada satu kedai yang menjual minuman segar dari jeruk.
Di puncak bukit, kami melihat ada satu kedai yang menjual minuman segar dari jeruk.
Ihlara Valley: Menyusuri lembah, berjalan disisi sungai, menikmati udara yang bersih, bersatu dengan alam.  Ini salah satu tempat favorit saya.
Ihlara Valley: Menyusuri lembah, berjalan disisi sungai, menikmati udara yang bersih, bersatu dengan alam. Ini salah satu tempat favorit saya.
Tempat Pembuatan Kramik.
Tempat Pembuatan Kramik.
Salah satu hal berkesan lainnya di Cappadocia tentunya adalah berkendara dengan balon udara.
Salah satu hal berkesan lainnya di Cappadocia tentunya adalah berkendara dengan balon udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.