Curug Nangka, Air Terjun yang Segar, Hutan yang Hijau dan Monyet Liar

0
10711
Tibalah di air terjun. Airnya segar. Tidak ada pengunjung lain selain saya...

Berhubung hari ini (masih) dapat kelonggaran untuk tidak masuk kerja, jadilah saya mengunjungi Taman Wisata Air Terjun Nangka (Curug Nangka). Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Bogor, hanya sekitar 15 km perjalanan dengan kendaraan. Mungkin karena hari ini bukan hari libur jadi jalan cukup lancar, dengan kondisi jalan yang baik.



Taman Wisata Curug Nangka memiliki tampat parkir kendaraan terbatas. Bayar biaya masuk ada dua kali. Pertama dikenakan karcis masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Rp. 6.000/car , Rp. 2.500/person). Setelah itu, bayar lagi untuk Tiket Masuk Pengunjung Wisata Curug Nangka. Note: Perhatikan jumlah pembayaran tiket Anda dengan nilai yang tertera pada karcis.

Untuk sampai ke air terjun, harus berjalan melalui hutan. Udaranya segar dan pemandangannya bagus. Beberapa langkah setelah pintu masuk, terlihat sekelompok monyet liar, memanjat dan melompat di antara bebatuan dan pepohonan. Sebagai catatan bagi yang membawa anak kecil, sebaiknya tidak memperlihatkan sedang membawa makanan. Ini untuk mencegah agar tidak direbut oleh monyet-monyet tersebut. Di taman Wisata ini juga terdapat tempat perkemahan, bermacam flora dan serangga, seperti: capung berwarna-warni , kupu-kupu, lebah, bunga liar, dan pakis .

10 menit perjalanan melalui jalan sempit dan mengarungi aliran sungai kecil, tibalah saya di air terjun. Airnya segar. Tidak ada pengunjung lain selain saya. Makmul, hari ini bukan hari libur. Serasa berada di air terjun pribadi, dan … jadi, bisa langsung mandi. Byuuurrr!

Tempat ini sebenarnya bisa jadi tempat wisata yang lebih baik lagi, jika dirawat dan dikelola dengan (lebih) baik. Teutama untuk hal-hal yang menyangkut kebersihat, keselamatan dan fasilitas umum (seperti: toilet). Secara keseluruhan, tetap memiliki potensi yang baik untuk liburan akhir pekan. Jangan lupa, saat musim hujan, ada baiknya membawa payung.

Setelah pintu masuk, terlihat sekelompok monyet liar…
Tibalah di air terjun. Airnya segar. Tidak ada pengunjung lain selain saya…
Taman Wisata Curug Nangka memiliki tampat parkir kendaraan terbatas.
Untuk sampai ke air terjun, kita harus berjalan melalui hutan . Udaranya segar dan pemandangannya bagus.
10 menit perjalanan melalui jalan sempit dan mengarungi aliran sungai kecil, tibalah saya di air terjun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.