First Timer Guide to Singapore with Kids

0
10731

Singapore memiliki beragam sudut dan tempat baru yang cocok untuk keluarga. Pastinya shopping salah satunya, apalagi untuk anak-anak laki saya, the most torturous thing in the world.  Jadi sebelum menjelajah di Singapura, saya buatkan itinerary dan juga strategizing the hotel.

Untuk hotel, ada beberapa pilihan yang saya suka untuk membawa keluarga, seperti fasilitas berikut ini:

  • Kamar yang luas.
  • Breakfast included.
  • Pricing yang friendly.
  • Dekat dengan tujuan.
  • Walking distance dari public transportation (MRT)

 

With this in mind, beberapa hotel yang sudah dicoba oleh tim libur keluarga:

Concorde hotel

Nama hotel ini dulunya Le Meridien.  Lokasinya ada di sisi sekitar H&M store, dan bukan sisi isetan dkk (Concorde).  For booking and great value: (Agooda)

  • Di samping Concorde Hotel, attached to the side of the building, terletak barisan hawker yang buka 24 jam!!! Ini penting, karena setelah seharian berjalan.  Anak-anak pasti membutuhkan waktu santai di kamar hotel.  Makanan hawker sangat membantu jika ingin berhemat, dan mendapatkan makanan enak dan authentic.
  • Option makanan lainnya: mall di dekat Concorde hotel, sekitar 4 block ke arah Takasimaya: Somerset 313.  Mall yang cukup baru dengan suasana al fresco untuk restorannya.  Di lantai paling atas juga ada food court dengan bermacam-macam pilihan, tapi tidak seramai di ION.  Dan mejanya tidak berdesak-desakan.  Cocok untuk membawa anak-anak kecil.

Orchard hotel

Lokasi hotel lebih dekat ke Takashimaya dll.  Selain lokasinya yang strategis, kamarnya juga cukup luas.  Walaupun saya merasa breakfast sangatlah crowded di coffee shop areanya.  So, if you take your kids to breakfast, come earlier, sebelum ramai.

York hotel

Menurut teman saya, ini merupakan pilihan yang ok untuk keluarga karena space kamarnya cukup luas, dan harganya tidak semahal hotel bintang 5 lainnya.

 

We love the fact that after every walk, there will be food stop. Tapi, once in every trip, kita selalu menyempatkan membuat reservation to a nice new restaurant to have proper dinner.  Untuk proper dinner, kita ingin membuat extra effort, jadi lokasi agak jauh dari orchard.  Harus naik Taxi untuk reaching the destination.  Have no fear, taxi disana sangat tepat waktu dan efisien.

Our favorite:

  • PS Café at Dempsey Hill – speciality in comfort food: steaks, pasta, pizza and Asian food.  Porsi besar sekali, jadi untuk anak-anak mungkin 1 porsi buat berdua.  Letak café ini diatas sebuah bukit, yang cantik sekali di siang hari.  Perfect spot for Brunch, anak-anak bisa bermain di bukit dan menikmati hijaunya taman disekitar café.  28B Harding Road Tanglin Village Singapore Tel: +65 6479 3343
  • Surrounding restaurants:  White rabbit, Barracks, Jones the grocer and Long Beach for seafood

Suggested Itinerary untuk 4 hari 3 malam di Singapore:

Day 1:

Arrival siang, get local sim card for you and your spouse – to have better organizing, as well as saving your money from roaming monster.  Then check-in to your hotel, grab lunch near the hotel, then grab a cab to Singapore Museum of Science.  The children at any age will find this fascinating.  Check out tema yang ditawarkan disana, mereka mempunyai tema berbeda tiap bulannya.(Science.edu.sg)

Anda sekeluarga akan menghabiskan kurang lebih 2 jam di sana, untuk explore all the facilities that they have.  Even disediakan small water park disana untuk anak-anak usia dibawah 7 tahun.

Di sebelah museum of science, terdapat Snow World.  Tempatnya tidak terlalu besar, jangan takut jika anda tidak membawa pakaian yang sesuai. Mereka menyewakan peralatan untuk segala usia.  Basically disana Anda akan melihat salju buatan, dan berseluncur menggunakan ban mobil.  Sesuai untuk anak 2 tahun ke atas (bisa dipangku orang tua).  Kira-kira anda sekeluarga akan spend time sekitar 1 jam di sana.

Tips:  disarankan menyewa celana snow juga, kalau anda hanya memakai Jeans saja, bagian bawahnya akan basah setelah menuruni bukit salju dengan ban.

Note:
Centre Closures on 13 August and 8 October 2012

Kindly note that the Science Centre, Omni-Theatre and Snow City will be closed on the following dates for maintenance works: 13 August 2012  –  8 October 2012

We regret any disappointment these closures may cause. Thank you in advance for your kind understanding.

Dinner near the hotel, sekitar Orchard or take away, jadi anak-anak bisa santai di hotel sambil dinner.

 

Day 2:

Universal Studio! Disarankan untuk membeli tiket dari sebelum berangkat ke Singapore, untuk menghindari kehabisan tiket (UniversalStudiosSingapore)

Dari area Orchard, bisa ambil MRT ke Vivo City untuk meneruskan naik kereta ke Universal Studio.  Atau bisa dengan menggunakan Taxi juga.

 

 

Di Universal, pastinya ride yang diidolakan anak-anak laki saya: Transformers!  Ridenya tidak mengerikan, lebih mild dan seperti berada di dalam film transformers.

Ride kedua: Mummy – ini merupakan ride yang agak heboh.  Cocok untuk anak usia 7 tahun keatas, karena arena tema film the Mummy, jadi agak gelap dan suara2nya juga agak seram.  Jika anak anda tidak terbiasa, akan sedikit intimidated.

Ride ketiga: Jurassic Park – karena kita para orang tua juga grew up with this movie, sayapun enjoy sekali dengan ride ini.  This is a water ride, maximum per perahu karet bisa ber-6, walaupun line menunggu agak panjang, but worth it!

Tips: jangan lupa bawa baju ganti anak2, karena di ride ini akan ada efek basahnya.

 

Ride keempat:  Water world, this has to be my favorite!  Pertunjukan action yang diambil dari film water world, sangat engaging dan menarik dengan efek ledakan, guyuran air dll.  Dan mereka pun ada kombinasi dengan jokes dan slapstick yang membuat anak-anak senang.

 

Jika anak-anak sudah lapar, tempat makan yang kami suka:  kantin di area Jurassic Park.  My kids and us adore this kantin, karena designnya merupakan replica dari film Jurassic park pertama.  We love this!

Expected time spend di Universal Studio:  4 jam (kalau kuat).  Most of the time sebenarnya spent waiting in line for the rides.

 

Day 3:

Singapore Zoo is also another lovely place to visit with your kids.  Please note sama dengan Universal studio, perjalanan di areal zoo sangat luas, jadi pakailah sepatu yang nyaman untuk berjalan di lokasi.  Karena iklim yang suka tidak menentu, jangan lupa membawa jaket hujan untuk anak-anak dan payung buat parents.  Jadi even badai menghalang, acara Anda tidak putus.

Jangan lupa pack your swimsuits karena di dalam zoo, ada waterpark yang menyenangkan buat Anda sekeluarga, surrounded with beberapa chain fast food buat makan siang sekaligus.

Jika anak-anak sudah capai berjalan dan bermain di waterpark, balik ke arah exit, disediakan bus yang dating tiap 10-15 menit.

Day 4:

Biasanya, sudah waktunya untuk down-time with the kids.  Packing dan lunch surrounding, as well as beli oleh-oleh di toko-toko sekitar hotel.  Jangan lupa beli 1 mainan/buku untuk anak-anak, to keep them busy in the airport while parents do check-in dan boarding.  Karena biasanya, anak-anak di hari terakhir sudah capek, dan akan sedikit cranky jika harus menunggu lama.  Book/toy will keep them occupy and make going home smoother.

Happy travel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.