Gili Trawangan dan Gili Nanggu di Lombok

0
6871

Banyak yang bilang, perjalanan ke Lombok tak lengkap sebelum mengunjungi Gili Trawangan. Saya setuju. Gili Trawangan seperti satu destinasi yang dirasa cukup berbeda dari pantai pantai yang ada di pulau ini, meski masih banyak juga pulau kecil lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Menuju Gili Trawangan

Sekarang, kita bahas dulu perjalanan menuju ke Gili Trawangan. Untuk merasakan pengalaman tradisional menuju Gili Trawangan, kita menyeberang dari pelabuhan Bangsal yang terletak di daerah Pemenang, Lombok Utara. Jika Anda menginap di daerah pantai Senggigi, Anda lebih dekat ke pelabuhan Bangsal dibandingkan dengan Anda yang menginap di pantai Kuta.

Sesampainya di pelabuhan Bangsal, carilah  tempat parker yang aman. Banyak warga sekitar yang menjadikan wilayah rumahnya sebagai tempat parker, pilihlah parker di situ daripada di tempat parker terbuka lainnya. Tentunya mereka sudah menetapkan tarif parker sendiri. Kemudian, belilah tiket penyeberangan umum (public boat) seharga Rp. 10.000,-

Gili Trawangan, Indonesia – no scooters, no dogs, no worries (Lindsay Pack)

Yang Anda harus ingat adalah, penyeberangan dari Bangsal ke Gili Trawangan bukan penyeberangan 24 jam, jadi rencanakan dengan baik perjalanan Anda, jangan sampai Anda tidak bias kembali ke Lombok gara-gara keasyikan bermain di Gili Trawangan.

Penyeberangan dilakukan paling lambat pukul 5 sore (tentative), karena biasanya, sore hari gelombang sudah mulai tinggi dan tidak bersahabat.

Perhatikan Warna Tiket

Setelah mendapat tiket, perhatikan warna tiket. Warna tiket Anda akan dipanggil jika kapal Anda sudah siap. Karena ini adalah penyeberangan umum, maka Anda akan sekapal dengan warga yang membawa persediaan ke Gili Trawangan, seperti persediaan air, sayur sayuran, gas, sampai bird dan lainnya. Jika Anda ingin lebih personal, silahkan menyewa kapal pribadi yang terdapat di sekitar pelabuhan. Tarif akan dikenakan per kapal dan bukan per orang.

Pernyeberangan memakan waktu antara 30 sampai 60 menit tergantung kodisi cuaca. Hati-hati jika Anda sering mengalami mabuk laut, karena penyeberangan lumayan mengocok perut.

Aktivitas di Gili Trawangan

Sesampainya di Gili Trawangan, turun dari perahu, ambil waktu beberapa detik untuk benar-benar merasakan pasir putih yang halus dan air laut yang bening. Kemudian, silahkan mengeksplor!

Semua aktivitas laut bisa Anda lakukan di sini, mulai dari snorkeling, diving, berkeliling dengan glass bottom boat dimana Anda bisa melihat pemandangan bawah laut dari lantai perahu yang terbuat dari kaca, sampai bermain main ke pulau lainnya: Gili Air dan Gili Meno yang letaknya berdekatan.

Chill Out Bar – Gili Air, Lombok
Gunung Rinjani from Gili Air
Gili Meno West Coast

Jika Anda berkeliling Gili Trawangan, Anda akan menemukan penangkaran penyu di sini. Silahkan melihat bagaimana penyu diberi makan dan dibersihkan kandangnya, tapi awas jangan dipegang karena penyu-penyu kecil masih sangat sensitive.

Gili Trawangan
Gili Trawangan

Sewalah sepeda jika ingin berkeliling, karena kendaraan bermotor dilarang beroperasi di sini. Jangan lupa untuk mencicipi es krim khas Trawangan, yang bernama Gili Gelato. Dengan Rp.15.000,- Anda dapat 1 skup es krim yang menyegarkan setelah terkena matahari yang menyengat!

Gili Nanggu

Perjalanan saya keliling Lombok tidak berhenti di Gili Trawangan, ada satu Gili lainnya yang menarik bagi saya. Yaitu Gili Nanggu. Berbeda dengan Trawangan, penyeberangan ke Gili Nanggu dilakukan di daerah ekotong. Pulau ini adalah pulau pribadi yang sepi namun terawat karena adanya resort di Gili Nanggu ini.

At gili Nanggu.
At gili Nanggu.
At Gili Nanggu.

Tidak banyak wisatawan yang ke Gili Nanggu karena di sini tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tempat ini hanya bagi yang ingin mencari ketenangan dan menikmati keindahan pantai dan laut  dengan angin semilir. Saya akui, koral dan ikan yang ada di Gili Nanggu terlihat lebih bagus daripada di Gili Trawangan. Tapi karena sepi pengunjung, penyeberangan pun terasa lebih mahal. Rp. 150.000,- untuk PP, Anda mendapat boat sendiri.

At Gili Nanggu.

Oh ya, sewa alat snorkeling dilakukan di pelabuhan sebelum menyeberang karena tidak ada penyewaan alat di Gili Nanggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.