Hike Taal Volcano for the New Year

0
3107

(Lanjutan dari cerita Mabuhay at Boracay) Dari Boracay, kami terbang ke Manila. Salah satu tempat yang baik untuk dikunjungi bersama anak-anak (menurut kami) di Manila adalah Taal Volcano.

Sedikit cerita tentang Taal Volcano

Taal Volcano adalah gunung api kerucut terletak di pulau Luzon (Filipina) sekitar 50 km atau 31 mil sebelah selatan ibukota negara, kota Manila. Letusan pra-sejarah terjadi sekitar tahun 140.000 SM dan 5.380 SM. Karena letaknya yang dekat dengan area penduduk, gunung api ini ditetapkan sebagai Volcano layak studi untuk pencegahan bencana alam di masa depan.

The children here are truly beautiful
The children here are truly beautiful.

Taal Volcano adalah salah satu gunung api aktif di Filipina yang termasuk dalam Pacific ring of fire. Jadi sepertinya masih bersaudara dengan Kratakatau :)

Perjalanan menuju Taal Vulcano

Taal Volcano terletak di tengah sebuah danau. Mirip dengan Danau Toba, hanya saja lebih kecil. Lokasinya tidak jauh dari kota Makati City. Hanya 1.5 jam perjalanan dari Makati ke Taal Lake (di daerah Tagaytay). Kami book Green Lake resort yang akan mengurus perjalanan perahu ke pulau dan pendakian ke Volcano bersama pemandu.

boat-ride boat-ride-to-The-Volcano

Jarak tempuh pendakian sekitar 4.5 km. Untuk anak-anak dan dewasa disediakan kuda beserta pemandu untuk membawa ke atas. Untuk orang dewasa yang senang olah raga bisa jadi  tantangan untuk trekking (naik turun total 9 km).

The horse ride to the top of the volcano.
The horse ride to the top of the volcano.

the-top-of-the-Volcano we-reached-the-top!

Menikmati keindahan Taal Lake

Taal Lake sangat indah. Di sekitar danau banyak terletak resort. Penyewaan kapal dan service dari Green Lake resort sangat akomodatif (well recommended).

Beautiful scenery of the lake, take your time walking, and enjoying this walk.
Beautiful scenery of the lake, take your time walking, and enjoying this walk.

Setelah perjalanan selesai, kita bisa menikmati salah satu kamar untuk freshen up. Maka, jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi. Handuk akan disediakan dari resort tersebut.

Di daerah Tagaytay, ada sebuah restaurant fine dining, namanya Antonio’s. Beautiful restaurant with Spanish style.

Antonios2 Antonio

Tips:
Disarankan untuk menggunakan pakaian olah raga yang nyaman untuk jalan jauh. Sepatu sneakers, dan kaos longgar warna muda. Karena perjalanan ditempuh pada pagi hari, matahari bisa sangat terik. Jangan lupa juga menggunakan topi dan sun-block.

Here we go...
Here we go…

Paling enak menggunakan tas ransel untuk membawa handuk, sunblock dan botol air putih.

Perjalanan ke atas bisa berdebu. Jadi disarankan untuk membeli dust mask di sana, tapi menurut saya yang penting justru kaca mata hitam untuk menghindari debu masuk mata.

Recommended Hotel:

  • New world Makati Hotel: Lokasinya dekat dengan mall terbesar di Manila, Greenbelt.
  • Mandarin Oriental Hotel Makati: Lokasinya near downtown, dan dekat dengan Ayala park, untuk jalan-jalan dengan anak-anak sambil menikmati restaurant row di dalam park tersebut

Site to visit:

Fort Bonifacio at High Street: Area yang dulu dimiliki oleh USA, dan dikembalikan ke Philippines, diubah menjadi area perbelanjaan dan dining. Anak-anak bisa bermain di taman di tengah area tersebut sambil menunggu ibu berbelanja.

Highlight of the Philippines trip, by far:  In the sea with my kids snorkeling, and trekking to the Volcano. Anak saya yang kecil sambil naik kuda bilang:  kita seperti di film “Lords of the Ring” and I feel like the hobbit.  Sweet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.