Kawah Putih: Selain liat kawah, bisa jalan-jalan kaya di Hunger Games

1
9956

Kawah Putih lokasinya di Ciwidey, Bandung Selatan. Katanya ada beberapa jalan menuju Ciwidey dari Bandung. Kita pilih via jalan tol Purbalenyi lalu keluar di gerbang Kopo. Dari Kopo ambil jalan ke kanan arah Soreang, sejak di sini ikuti petunjuk jalan menuju Ciwidey. Dijamin gak kesasar.

Perjalanan normal bisa memakan waktu 2 jam. Kemarin karena musim liburan, kita kena beberapa titik macet, jadi dari Bandung sampe lokasi sekitar 3 jam–an. Ada baiknya untuk mulai jalan sepagi mungkin. Hindari musim liburan, kalau bisa pergi saat weekday akan lebih baik.

Selama Perjalanan

Sepanjang jalan banyak penginapan tapi tidak keliatan ada yang besar. Kalo browsing di internet, akan nemu beberapa hotel yang lumayan nyaman. Tapi karena jaraknya yang cukup diselesaikan kurang lebih 6 jam dari Bandung, yang nginep di Bandung gak usah booking hotel di Ciwidey juga tidak apa.

Sepanjang jalan banyak rumah makan Sunda. Ada saung ini, saung itu… heheee. Yang lumayan gede ada Sindang Reret di kiri jalan dari arah Bandung. Sepanjang jalan akan ketemu kebun-kebun daun bawang dan strawberry. Ada beberapa tempat yang bikin wisata petik strawberry. Aneh sih kenapa cuma ada kebun daun bawang, kebun seledri nya mana ya? #pengenbikinsop

Begitu masuk kawasan Ciwidey, jalan mulai berkelok-kelok dan pemandangan udah bagus banget.

Lokasi Wisata

Setelah masuk kawasan hutan, akan ada petunjuk Kawah Putih di kiri jalan. Tempat parkir nya luas. Tiket 1 orang Rp 15.000. Jarak dari tempat parkir ke kawah kira-kira 5 km. Bisa bawa mobil ke lokasi kawah dengan tariff Rp 150.000 per mobil, atau disediakan modified angkot disebut Ontang Anting yang muat sekitar 10 orang dewasa. Kita pilih naik si Ontang Anting ini biar muat semua rombongan. Dan ternyata seru banget. Anak-anak  teriak kaya naik kora-kora di dufan. Tapi jujur agak serem sih dengan body mobil kebuka nanjak-nanjak di gunung kiri kanan jurang.

naik si Ontang Anting ini biar muat semua rombongan. Dan ternyata seru banget.
naik si Ontang Anting ini biar muat semua rombongan. Dan ternyata seru banget.

Selain liat kawahnya yang emang ‘gila’ bagus banget, bisa juga jalan-jalan ke hutan di sekitarnya. “Kaya di Hunger Games” kata Abir

Untuk lansia disediakan anjungan agar bisa liat ke kawah tanpa harus turun langsung.

Kawah Putih Kawah Putih Kawah Putih Kawah Putih Kawah Putih

Daftar Penginapan:

Hotel Sindang Reret
http://www.sindangreret.com
Jl. Raya Propinsi Ciwidey Kab. Bandung
Telp 022 253 5050, Email: marketing@sindangreret.com

Cimanggu Cottange
(hot spring water resort)
http://www.westjavaecotourism.com

Cottage Walini, Rancabali: PTPN 8
http://www.pn8.co.id

Pondok Selly
Jl. Raya Ciwidey
Tel: 022-5928260

Patuha Resort Rancaupas
Jl. Raya Soreang Ciwidey Km. 25 Kab. Bandung
Tel: 022_5928062

Kampung Pa’go
www.kampungpago.com
Jl. Raya Soreang Ciwidey Km 25 Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Telepon/Fax : 022 859 20696, 022 926 30 996 / 022 592 8062 Email: info@kampungpago.com

PRANA TIRTA
Jln Rancawalini Ciwidey
telp 022- 5927050

Hotel Abang
http://www.kawahputih.org
Jl. Raya Ciwidey No. 500 Km.2
Telp 022 – 592 8235 – 592 8429

Argapuri Resort
http://www.agoda.com
Jl. Raya Gambung Km. 6 Pasir Jambu
Telp 022 – 592 8816 – 18, 592 8200 fax 022.592.8819

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.