Keindahan Pantai Lombok dan Bau Nyale

0
3705

Salah satu pulau dengan destinasi liburan yang lengkap untuk keluarga, menurut saya adalah pulau Lombok. Kesukaan ayah trekking ke gunung, melihat air terjun bisa dipenuhi bersamaan dengan keinginan bunda bersantai di pantai dengan pasir putih atau merasakan pengalaman budaya dapat terwujud, begitu juga keceriaan anak bermain olahraga air dan menghirup udara segar bisa dilakukan.

Satu kelebihan Bali dibanding Lombok saat ini adalah bandar udaranya. Sejak bulan Oktober 2011 lalu, Bandar udara Lombok yang awalnya berada di kota Mataram dan bernama Selaparang berhenti beroperasi  dan semua kegiatan penerbangan komersil dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Lombok yang terletak di Lombok Tengah. Dengan bangunan yang lebih modern dan kapasitas lebih banyak, Bandar Udara Internasional Lombok siap menyambut turis domestik ataupun internasional.

Tapi, karena lokasinya berada di Lombok Tengah maka perlu waktu sekitar 2 jam untuk ke kota Mataram yang berada di Lombok Barat, dan salah satu pantai terkenal di Lombok, yaitu Senggigi. Tapi jangan khawatir, bandara baru ini dekat dengan pantai pantai yang tergolong belum terlalu ramai tapi keindahannya tak kalah saing.

Sheraton Senggigi Lombok Indonesia

Oh ya, jika Anda berniat cukup lama berada di pulau ini, ada baiknya memesan mobil sewaan sejak Anda masih di Jakarta jadi ketika Anda mendarat, tidak perlu kebingungan harus naik apa menuju hotel Anda, walaupun taksi juga banyak yang siap mengantar dari BUIL.

Lombok, Indonesia (Jodie Bastable)
Tugu Hotel Lombok
Pantai Kuta
Pantai Kuta.

Pantai indah bagian Selatan pulau Lombok memang banyak yang belum terlalu ramai. Sebut saja pantai Kuta, pantai Tanjung Aan atau pantai Seger. Ada yang menyebut pantai Kuta dengan nama pantai Merica. Saya setuju, karena tekstur pasir yang begitu halus jadi Anda tak perlu khawatir si kecil akan tergores karang. Andapun bisa dengan nyaman berjemur di pinggir pantai ini dan menikmati kejernihan air yang dari jauh terlihat degradasi warnanya, membuat Anda akan betah membiarkan si kecil berman di pinggirnya. Begitu juga dengan pantai seger yang terletak tidak berjauhan dengan kedua pantai sebelumnya.

Bau Nyale: Catching the Sea Worms Festival

Ada satu perayaan budaya yang unik diselenggarakan di beberapa pantai di Selatan Lombok, terutama di pantai kuta dan seger. Namanya adalah Bau Nyale. Festival ini diadakan setahun sekali kira kira di bulan Februari. Dalam bahasa Sasak, Bau berarti menangkap sedangkan Nyale adalah jenis cacing laut yang muncul di pasir ketika air laut surut.

Saat festiva Bau Nyale digelar, beribu-ribu masyarakat Lombok mendatangi pantai tempat perayaan digelar sejak pagi buta. Biasanya, sekitar pukul 3 pagi, mereka sudah bersiap dengan ember untuk menaruh cacing dan jala kecil. Tak sedikit pula yang menginap di pantai demi mendapatkan cacing cacing laut ini.

Bau Nyale festival (2004)

Biasanya, cacing laut ini ditangkap lalu disebar ke sawah sawah petani dan digunakan sebagai penggembur tanah. Mereka percaya, cacing ini bias membawa kesuburan saat panen tiba. Tak sedikit pula yang mengolah nyale menjadi makanan. Nyale atau cacing laut berbentuk tipis panjang dan banyak yang berwarna hijau atau biru. Pencarian berakhir ketika matahari mulai tinggi, karena cacing masuk ke karang karang.

Festival Bau Nyale juga diramaikan dengan festival budaya, peserta festival berjalan keliling pantai di bagian Selatan Lombok menggunakan pakaian adat dan membunyikan alat music khas Sasak, salah satunya Gendang Beleq. Gendang berukuran besar yang biasa dibunyikan saat perayaan tradisional digelar.

Asal usul Bau Nyale diselenggarakan dari cerita rakyat tentang Putri Mandalika. Putri Mandalika diceritakan sangat cantik. Saking cantiknya, raja raja dari seluruh lombok memperebutkannya. Ceritanya perebutan putrid Mandalika menimbulkan keributan di Lombok, sehingga dia memilih terjun ke laut/ karena tidak ingin ada peperangan di pulau asalnya. Sesaat setelah putri mandalika terjun, dia berubah wujud menjadi cacing kecil yang muncul dari laut, sehingga cacing tersebut bisa menjadi berkah bagi semua orang.

Festival Bau Nyale ini sangat menarik untuk masuk agenda wisata Anda ke Lombok. Baik festival budaya, atau Bau Nyale itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.