Kerajinan Tenun dan Gerabah di Lombok

0
4996

Ada beberapa kerajinan yang menarik dari pulau Lombok yang dibuat oleh masyarakat lokal. Dua yang terkenal di antaranya adalah kain Tenun Sasak dan Gerabah.

Desa Sade

Satu desa budaya yang harus Anda kunjungi adalah desa Sade di Lombok Tengah. Letak desa ini tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Anda akan melewati desa ini jika akan menuju pantai Kuta dari Bandara Internasional Lombok. Tidak akan terlewat karena desa ini sengaja dijadikan desa budaya untuk wisata. Jadi silahkan berkeliling untuk melihat bagaimana suku Sasak masih mempertahankan tradisi. Salah satunya tradisi menenun.

Desa Sade (wisatamelayu.com)
Desa Sade (wisatamelayu.com)

Hampir di setiap rumah adatnya, Anda akan menemukan alat tenun dan kain yang digelar di depan rumah. Andapun bisa melihat bagaimana proses tenun kain dilakukan, tapi Anda tidak akan menemukan kaum laki-laki menenun kain karena mereka percaya hanya kaum perempuan yang diperbolehkan malakukan pekerjaan ini.

Semua tahap tenun bisa Anda lihat, mulai dari pemintalan benang. Biasanya, kaum perempuan Sasak sudah belajar memintal sejak kecil hingga remaja. Pewarnaan kain tenun Sasak dilakukan dengan bahan alami dan tradisional, contohnya bahan seperti kunyit, kapur sirih dan sabut kelapa yang akan menghasilkan warna cokelat. Jadi limbah dari pewarnaan aman untuk lingkungan. Anda pun bisa melihat bagaimana mereka mencampurkan benang dengan nasi agar benang dari kain tenunnya kuat, tidak mudah rusak.

Kain Tenun Sasak desa Sade
Kain Tenun Sasak desa Sade

Terakhir, dan yang paling menarik adalah proses penenunan. Anda dapat mencoba menenun karena mereka tidak sungkan membiarkan Anda melakukannya dan mengajarkan cara menenun. Setelah mencoba, pasti Anda akan menghargai karya tenun mereka dengan harga yang pantas, karena proses penenunan tidak hanya memakan waktu lama tapi juga fisik yang kuat. Bisa bisa Anda sakit pinggang jika tidak terbiasa karena alat tenun yang berat!

Mari mencoba menenun (facebook: KainTenunSasakLombok)
Mari mencoba menenun (facebook: KainTenunSasakLombok)

Ada satu hal unik di desa Sade ini, yaitu bagaimana mereka membersihkan rumah. Mereka tidak menggunakan antiseptic apapun melainkan campuran tanah dan kotoran sapi. Ya! Kotoran sapi! Tapi jangan khawatir, Anda tidak akan mencium aroma tidak sedap karena ternyata mereka percaya, kotoran sapi yang baru keluar tidak mengandung kuman berbahaya.

Pembersihan dilakukan sekali seminggu, jadi jika beruntung, Anda bisa menyaksikan proses pembersihan atau bahkan membantu membersihkan rumah dengan kotoran sapi.

Gerabah

Satu daerah yang wajib Anda kunjungi jika ingin membawa kerajinan Gerabah adalah daerah Banyumulek, kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Meski bukan desa adat seperti desa Sade, tapi Anda dapat melihat proses pembuatan Gerabah sampai toko penjualannya.

Gerabah Banyumulek (wisatamelayu.com)
Gerabah Banyumulek (wisatamelayu.com)

Proses pembuatan Gerabah mulai dari pencampuran air, pencampuran pasir sampai proses pembakaran dilakukan di sini.

Segala macam bentuk gerabah untuk souvenir dapat Anda temukan, mulai dari gentong, asbak, hingga kerajinan lainnya. Hebatnya, gerabah Banyumulek sudah menembus pasar internasional, seperti Malaysia, Selandia Baru, bahkan Amerika Serikat dan negara lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.