Liburan ke Pulau Menjangan

0
3535

Atas ajakan seorang sahabat, saya berlibur ke Pulau Menjangan di ujung barat laut Pulau Bali pada tanggal 3 September yang lalu. Perjalanan ditempuh selama 5 jam dari Nusa Dua, dengan kondisi macet di daerah Simpang Siur. Menurut keterangan pengemudi, dalam keadaan normal jarak tempuh hanya selama 3.5 jam.

Perjalanan panjang kami melewati Singaraja, kami berhenti sebentar untuk menikmati indahnya Danau Tamblingan. Pemandangan sepanjang jalan sangat indah. Akhirnya kami tiba pada saat hari sudah gelap. Kami sudah ditunggu oleh sampan yang siap membawa kami ke tempat penginapan kami di Waka Shorea Resort. Perjalanan dengan sampan selama 30 menit sangat menyenangkan, dengan pemandangan jutaan bintang, langit yang gelap kelihatan cantik sekali.

Beberapa staff dari Waka Shorea Resort sudah menyambut kita di dermaga. Pada waktu check in, staff Waka Shorea yang sangat ramah memberikan sejumlah informasi kepada kita. Resort itu adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang dilindungi. Malam itu saya bertemu dengan segerombolan menjangan2 di dekat kamar. Kami sudah diperingatkan untuk tidak memberikan makanan ke binatang2 yang kami temui.

Kamar yang semi eco friendly cukup bersih dan cantik, tersedia kulkas, ac, tapi tidak ada TV. Yang sangat disayangkan, AC tidak terlalu dingin, sementara kami diperingatkan untuk menutup dan mengunci semua pintu dan jendela pada saat kita di dalam kamar, untuk menghindari binatang2 dan serangga masuk ke dalam kamar. Satu lagi masalah di Waka Shorea, tidak ada telepon untuk menghubungi staff disana, kalau2 saja kita membutuhkan bantuan, sementara jarak dari kamar kami ke kantor resort cukup jauh.

    

Fasilitas di Waka Shorea: ada 1 restoran outdoor di tepi pantai, kolam renang air laut, Spa dan diving center. Menu di restoran, walaupun standar, tapi cukup baik. Menu yang ditawarkan cukup variatif, dan para staff yang bekerja disana sangat ramah dan siap membantu.

Makan pagi sudah termasuk di dalam harga sewa kamar USD $200/ malam atau USD $260 untuk villa. Saya sarankan Anda memilih kamar biasa saja. Soalnya kamar villa sangat dekat ke pantai, sehingga banyak serangga. Ombak yang terdengar sangat keras pada malam hari, sehingga mengganggu tidur teman saya yang tidur di salah satu villa disana. Menurut saya, agak terlalu mahal untuk kondisi resort yang kurang terawat dan fasilitas yang kurang memadai.

Keesokan paginya, kami siap2 diving dan snorkeling, dengan harga paket USD $50/ orang. Paket sudah termasuk makan siang. Harga paket diving dan snorkeling ini saya rasa cukup terjangkau. Pantai sangat indah dan bersih, snorkeling dan diving cukup menyenangkan. Tengah hari, kami berhenti di pulau utama di Pulau Menjangan. Makan siang yang disediakan cukup enak. Ada pilihan nasi campur atau sandwich.

Pada saat kami kembali ke hotel pukul 2 siang, saya melihat segerombolan monyet hitam yang konon hanya ada di Pulau Menjangan. Pengalaman saya cukup menyenangkan, hanya disayangkan Waka Shorea agak kurang terawat. Patut dicoba bila belum pernah kesana, untuk menikmati pantai yang indah dan melihat satwa liar lalu lalang di depan kita.

Perlu diingat, bila Anda membawa anak kecil, jangan lupa membawa semua kebutuhan yang mereka perlukan, mengingat tidak ada toko disana. Jangan lupa membawa insect reppelent dan sunblock untuk buah hati Anda.

 

Courtesy photo by Gloria Martie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.