Long Weekend in Phnom Penh

0
3905

Destinasi Kamboja sebelumnya belum pernah muncul di kepala sebagai tempat berlibur bersama keluarga, tetapi mumpung ada urusan kerjaan ke Phnom Penh (ibu kota Kamboja) saya sekaligus memasang kaca mata khusus libur keluarga untuk tujuan unik ini.

Dari bandara ke bandara

Jika menggunakan Air Asia pasti akan ada transit di Kuala Lumpur. Jadi, bawa mainan dan cemilan yang cukup untuk anak-anak, karena ruangan bandara yang khusus menampung penumpang Air Asia tidak terlalu luas dan pilihan makanan pun terbatas (Dunkin Donuts, Hot & Roll – semacam D’Crepes – dan bakery)

Pagi dan siang hari di Phnom Penh

Kota Phnom Penh menurut saya mirip sekali dengan daerah Hayam Wuruk dan Chinatown Jakarta (in the eighties). Tidak banyak gedung tinggi, bentuk bangunan masih jaman dulu yang semi-art deco dan jalanan lebar yang kosong tanpa macet. Paling nyaman dan seru buat anak-anak adalah jalan-jalan keliling kota Phnom Penh dengan tuk tuk.

Cambodia Cambodia Cambodia Cambodia

Hanya dengan USD 10-15 sekeluarga bisa diajak muter dan lihat tempat menarik dan penting semacam Wat Phnom dan Royal Palace.

Great place for lunch with the kids: Le Jardin (No. 16 St. 360, Phnom Penh). Ada rumah pohon dan tempat main pasir di halaman yang super besar!

Shopping pernak-pernik khas Kambodia, souvenir kaos Tin Tin dan lain lain bisa ditemukan di Russian Market (Toul Tom Pong). Nama Russian Market dipakai hanya karena dahulu banyak pelanggan orang Russia yang datang. Selain itu, tidak ada fitur Russia sama sekali di pasar ini.

Souvenir kaos Tin Tin dan lain lain bisa ditemukan di Russian Market (Toul Tom Pong)
Souvenir kaos Tin Tin dan lain lain bisa ditemukan di Russian Market (Toul Tom Pong)

Yang menyenangkan di pasar ini adalah, harga yang ditawarkan relatif murah dan bisa tawar-menawar. Yang tidak begitu menyenangkan adalah, kurangnya ventilasi di gedung pasar Toul Tom Pong, sehingga panas yang menyengat bisa membuat anak-anak (terutama yang masih kecil) gerah dan cengeng.

Sewaktu saya di Toul Tom Pong, yang pada males shopping menunggu para shoppers di restoran sekitar pasar sambil menikmati hidangan khas Cambodia semacam Amok (Khmer curry) atau Lac Loc.

Malam di Phnom Penh

Apakah itu mengunjungi Night Market (Phsar Reatrey) atau bersantai bersama penghuni Phnom Penh di pinggir sungai Tonle Sap, semuanya serba nyaman dan dapat dilakukan sambil berjalan kaki. Jika sempat, coba ikuti Sunset Cruise dengan kapal motor yang siap di pinggir sungai.

Untuk pilihan tempat makan malam kami lumayan happy dengan Foreign Correspondents Club di Sisowath Quay. Terletak di dalam gedung kolonial overlooking the river, restoran yang sekaligus juga hotel ini terkenal dengan stone oven pizza-nya. Hati-hati dengan tempat yang disebut Happy Herb Pizza, karena pizza yang disajikan di tempat ini suka ditambahi dengan topping ganja. Tentunya pilihan yang diberi adalah how happy do want your pizza to be? Happy or extra happy?

FCC Phnom Penh Hotel
FCC Phnom Penh Hotel

Pada malam terakhir kami mencoba restoran baru Doors di sebelah hotel Cara dekat Wat Phnom. Kami benar terpesona dengan menu tapas hasil karya chef Aitor Olabegoya from Basque Spanyol. Amazing tapas at amazing prices.

Di luar Phnom Penh

Beberapa jasa travel menawarkan paket ke kebun binatang, desa perajin silk maupun Killing Fields atau Genocide Museum sekitar Phnom Penh. Jika memungkinkan, a visit to Angkor Wat and Siem Reap is a MUST. Yang lebih berjiwa petualang bisa nyambung ke pantai bersih dan sepi di daerah Sihanouk Ville.

Kegiatan khusus anak-anak

Untuk yang mencari budaya dan suasana hidup di bagian Indochina, Cambodia cocok sekali sebagai tempat wisata. Terus terang tidak ada banyak tempat mainan yang canggih ataupun malls keren, tetapi nilai budaya dan alam sangat kental di daerah Phnom Penh. Supaya anak-anak tidak terlalu bosan mengunjungi kuil dan museum, coba variasikan dengan beberapa kegiatan yang direkomendasikan di website  travelmamas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.