Mencari Sepi di Mesa Stila

0
4722

Kalau anda ingin rehat sejenak dari hingar bingar ibukota, berlibur di Mesa Stila ini bisa jadi salah satu pilihan. Kami terbang dari Jakarta ke Semarang, lalu melanjutkan perjalanan dengan bus yang kami sewa. Perjalanan dengan bus, menempuh waktu kira-kira 2.5 jam. Banyak pilihan tempat makan di Semarang, jadi anda tak perlu khawatir, bila anda pergi bersama keluarga. Tanpa terasa, kami tiba di Mesa Stila.

Resort perkebunan kopi peninggalan Koloni Belanda

Resort yang juga perkebunan kopi peninggalan Koloni Belanda ini sebelumnya dikenal dengan nama Losari Coffee Plantation, terletak di lahan sebesar 22 hektar dan dikelilingi 8 gunung. Sesampainya di resort ini kami langsung check in di Club House, dibantu oleh para staff resort yang merupakan bangunan asli di perkebunan ini, dibangun pada tahun 1828. Udara yang sejuk, dan pemandangan yang hijau dan indah, langsung membuat saya merasa nyaman. Kami diantar ke villa yang lebih mirip rumah di desa. Perlu diketahui, semua villa2 disini adalah rumah2 kayu Jawa kuno asli, yang dipindahkan ke resort ini. Villa 2 kamar yang kami tempati, cukup luas dan cantik, di dekor dengan furniture Jawa antik. Semua lengkap disediakan, termasuk baju, yang mirip dengan baju tidur atau pajamas, untuk dipakai selama anda tinggal disana. Ada teras dan kursi untuk duduk2, atau sekedar membaca buku. Villa 2 kamar ini ada connecting door nya, jadi cukup memudahkan bagi orang tua yang membawa anak2 berlibur kesana. Resort ini mengedepankan konsep Holistik, ketenangan, kenyamanan, hidup sehat dan kembali ke alam diutamakan disini.

Hanya ada 1 restoran utama disini, dengan menu yang berbeda untuk breakfast, lunch dan dinner. Makanan yang disajikan semuanya dari bahan2 alami. Penggunaan minyak goreng pun sangat dikurangi, bahkan krupuk digoreng dengan pasir. Kecuali ada permintaan khusus, mereka menggunakan nasi merah, baik untuk bubur ayam, atau hidangan lainnya. Menu sangat bervariasi, baik hidangan Eropa, atau Asia. Karena menekankan pada konsep hidup sehat, jangan mengharapkan makanan seperti di resto siap saji. Rasa makanan tentu tidak se tasty makanan yang dijual diluar. Kalau bosan makan disini, ada beberapa rumah makan di daerah Ambarawa, kira2 10 menit perjalanan dari Mesa Stila. Salah satunya yang kami kunjungi, adalah Rumah Makan Eva. Tempatnya cukup bersih dan makanannya enak.

Rate yang kami dapatkan adalah Rp.2,500,000.- nett/night untuk 2 bedrooms villa, sudah termasuk breakfast untuk 4 orang. Pelayanan sangat memuaskan, staff yang ramah, dan sangat helpful, membuat kita merasa nyaman. TV bisa disediakan sesuai request tamu.

Aktifitas di dalam resort  dan Spa yang memenangkan ‘Best Luxury Spa Awards’

Banyak aktifitas yang bisa dicoba di dalam resort, antara lain, Yoga, pencak silat, berenang, berkuda, tennis, bersepeda, meditasi, berenang, atau berjalan2 di area kebun kopi yang luas. Jangan lupa menyempatkan diri untuk mencoba Spa mereka yang sangat terkenal dengan Hammam atau Turkish Bath nya, dan telah memenangkan Best Luxury Spa Awards pada tahun 2012. Jangan lupa juga untuk membuat reservasi paket spa in advance, karena jumlah kamar dan therapists terbatas. Resort ini pun menyediakan Kids Club untuk anak2, jadi orangtua tidak perlu kuatir untuk kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak2.

Ada petugas resort yang menerangkan tentang sejarah berdirinya perkebunan ini. Kami pun diajak untuk melihat-lihat kebun kopi, sekaligus coffee tasting di bangunan kecil di tengah2 kebun kopi. Tempat yang sederhana ini hanya menyediakan kopi tubruk panas tanpa susu, aneka Jamu, kripik singkong, kacang rebus. Mereka juga menyediakan sepiring kecil gula merah yang sudah di potong2, biji kopi yang baru di roast. Ternyata, kita bisa mengunyah biji kopi bersama dengan gula merah. Rasanya ternyata sangat enak.

Suasana “Homey”, seperti mengunjungi kampung nenek

Menurut saya, tempat ini cocok sekali untuk liburan keluarga. Rasanya seperti mengunjungi kampung nenek, suasananya sangat homey. Malam hari, bisa dihabiskan dengan main piano sambil bernyanyi, mengobrol dan membaca buku di Club House, atau sekedar bersantai di Daybed, kursi goyang, atau sofa2 empuk disana. You can have quality time with your family and friends, or your loved ones in here, sesuatu yang berharga, dan sulit di dapatkan di kota besar, seperti Jakarta, yang penuh dengan kesibukan, sehingga kadang kita lupa, betapa pentingnya meluangkan waktu untuk berkumpul bersama orang2 yang kita sayangi.

Daniel Gilbert, Happiness expert dari Harvard menemukan bukti, bahwa menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat, adalah salah satu faktor penyumbang terbesar dalam kebahagiaan. Jadi, jangan lupa luangkan waktu, untuk keluarga dan sahabat tercinta teman-teman.

Selamat berlibur.. :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.