Ocean Kayaking at Nusa Lembongan Island, Bali

0
4351
Ocean Kayaking

Kali ini kami sekeluarga besar berlibur ke pulau Dewata. Salah satu aktivitas yang kami pilih adalah mencoba cruise dengan kapal ke pulau Nusa Lembongan, pulau kecil di sebelah pulau Nusa Penida. Kami mengambil paket Balihai cruise beach club, pengelola menawarkan juga beberapa paket cruise lainnya yang sangat menarik.

Perjalanan dimulai dari pelabuhan Tanjung Benoa jam 9.15 pagi menggunakan kapal Balihai II Luxury Catamaran. Kapal mesin yang lengkap dan nyaman, dengan 3 dek dan dapat menampung 300 penumpang. Di salah satu deknya kami disuguhi live music. Menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit menuju pulau Nusa Lembongan. Jadi ingat komiknya Herge (pengarang Tintin) dan Bob de Moor : seri petualangan Barelli di Nusa Penida, ditulis tahun 1952, ternyata sudah terkenal indahnya pantai dan alam pulau-pulau ini dari tahun jebot .. *kagum*

Foto-foto di dek atas

Yak, akhirnya sampai di pulau Nusa Lembongan. Kamipun pindah ke shuttle boat menuju pantai pulau. Aktivitas yang bisa dilakukan di beach club, tersedia beberapa pilihan antara lain:

  • Tour ke desa Nusa Lembongan (village tour), mengunjungi rumah goa dan pengolahan rumput laut.
  • Aktivitas laut – sunbathing, banana boat, snorkeling, ocean kayaking, main pasir di pantai.
  • Berenang di kolam dan main seluncur (water slide), main voli pantai.
  • Kid’s Play Area atau kids games.
  • Semi Submersible Coral Viewer (kapal selam mini).
Turun dari kapal Nusa Lembongan Island

Aktivitas pertama, yang kami lakukan adalah ocean kayaking, dan ternyata sulit juga untuk naik pertama kali atau belum pernah coba, secara canoo/kayak tergoyang-goyang kena ombak. Tapi setelah bisa naik dan lancar mendayung, wah fun dan seru juga bisa berputar-putar sekitar pantai sepuasnya.

Ocean Kayaking

Siang harinya, sudah tersedia lunch di beach club dengan menu daging dan ikan bakar, dimasak dengan bahan berkualitas. Makan sepuasnya asal dihabiskan.. Yummy.. This is it, Barbeque-an..!

Aktivitas kami selanjutnya : snorkeling. Ada 2 pilihan, di sekitar pantai pulau (bisa untuk anak-anak) atau naik shuttle boat sekitar 5 menit menuju ponton (teras terapung) agak jauh dari pantai, secara memang lebih bagus pemandangan karang laut dan ikannya. Hanya saja karena cukup dalam lautnya, sekitar 5 meter lebih, bagi anak-anak dibawah 13 tahun agak menakutkan, seram karena biru pekat airnya.

Snorkeling di pantai

Rekomendasi aktivitas anak-anak yang fun dan seru adalah main pasir di pantai pulau, berenang di pantai atau di kolam beach club, atau ikut permainan yang dirancang pengelola kids clubnya.

Sebelum kembali ke kapal, ada satu lagi aktivitas (termasuk dalam paket) yaitu naik semi submarine (kapal selam), yang dibuat dengan kaca jendela sekelilingnya sehingga kita bisa melihat-lihat karang dan ikan. Pengalaman pertama juga bagi anak-anak naik kapal selam, serasa naik U-boat beneran.. seru!

  

Di dalam Semi Submarine

Tak terasa hari sudah sore dan kami harus kembali ke kapal Balihai II Luxury Catamaran, lalu menerjang laut menuju pelabuhan Benoa. Great cruise!

Tips for parents :

  • Sediakan obat merah P3K dan obat anti mabuk laut bagi anak-anak.
  • Siapkan kantong muntah mabuk laut (tersedia di kapal Balihai).
  • Baju ganti bagi anak-anak, paling tidak 2 set (persediaan apabila basah kena air laut saat pindah kapal).
  • Kamera underwater buat fun foto session saat aktivitas di air.

More info: Balihai Cruise (balihaicruises.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.