Osaka Castle

0
4029

Ini adalah highlight saya di Osaka. Osaka-Jo atau Osaka Castle adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Jepang dan mempunyai peranan yang sangat penting selama masa unifikasi Jepang pada abad ke-16 (pada periode Azuchi-Momoyama). Castle ini mulai dibangun pada tahun 1583 dan selesai pada tahun 1597.

Pada era modern, castle ini juga berperan dalam PD II sebagai pusat pembuatan dan gudang senjata dengan 60.000 pekerja. Pemboman tentara sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945, merusakan hampir 90% menara utama dan bangunan lainnya dengan korban jiwa sebanyak 382 orang.

Hideyoshi's Osaka Castle, destroyed in 1868 and rebuilt in 1931.
Hideyoshi’s Osaka Castle, destroyed in 1868 and rebuilt in 1931.

Menara utama Osaka Castle berada di wilayah seluas hampir 1 kilometer persegi. Menara ini bertingkat 5 dengan 3 tingkat basemen dengan landasan batu sebagai dasar menara. Landasan batu ini berfungsi pula sebagai pelindung bagi penghuninya dari serangan penyerang bersenjata pedang.

The castle tower is now entirely modern on the inside and even features an elevator for easier accessibility. It houses an informative museum about the castle's history and Toyotomi Hideyoshi.
The castle tower is now entirely modern on the inside and even features an elevator for easier accessibility. It houses an informative museum about the castle’s history and Toyotomi Hideyoshi.
The castle tower is surrounded by secondary citadels, gates, turrets, impressive stone walls and moats.
The castle tower is surrounded by secondary citadels, gates, turrets, impressive stone walls and moats.

Selain menikmati keindahan castle ini, taman seluas 60.000 meter persegi yang mengelilinginya pun sangat indah. Terutama apabila Anda datang pada saat bunga sakura bersemi ataupun pada saat musim gugur dengan daunnya yang berwarna-warni. Taman ini menjadi tempat favorit bagi warga Osaka untuk berolahraga, piknik atau sekedar melepas penat.

The Nishinomaru Garden, encompassing the former "western citadel", is a lawn garden with 600 cherry trees, a tea house, the former Osaka Guest House and nice views of the castle tower from below. Unlike most of the rest of the castle grounds, the garden requires an admission fee.
Sakuramon Masugata, yaitu dinding benteng yang terbuat dari beberapa batu utuh. Batu yang terbesar berukuran 59 meter persegi dan berat 108 ton!
Nishinomaru Garden during the cherry blossom season (photo japan-guide.com)
Nishinomaru Garden during the cherry blossom season (photo japan-guide.com)

Di taman ini Anda dapat duduk di bangku, dalam hutan kecilnya yang cukup padat dengan pepohonan atau menikmati keindahan taman bergaya Jepang. Selain itu juga terdapat beberapa tempat bersejarah yang berjumlah 13 tempat dan dijadikan Important Cultural Assets pemerintah Jepang.

Yang menurut saya paling menarik dari ketigabelas tempat ini adalah Sakuramon Masugata, yaitu dinding benteng yang terbuat dari beberapa batu utuh. Batu yang terbesar berukuran 59 meter persegi dan berat 108 ton!

Osaka Castle
Osaka Castle (Osakajo)

Keterangan dalam Bahasa Inggris terdapat di setiap tempat. Anda hanya perlu membayar tiket masuk apabila Anda berminat untuk masuk ke dalam castle, sedangkan area di sekitar puri termasuk benteng di sekeliling puri serta tamannya gratis.

Osaka Castle dapat dicapai dengan JR Osaka loop line, stasiun Osaka-jo Koen atau bisa juga dengan subway, stasiun Naniwanomiya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.