Tromsø, the Home of Aurora Borealis

1
5125
Tromsø view from Fjellheisen

Ketika merencanakan perjalanan ke Norwegia bersama teman-teman, Marcus Lebert, salah seorang teman mengusulkan untuk mengunjungi Tromsø, kota nan jauh di utara Norwegia. Pada awalnya saya bergidik membayangkan akan betapa dingin kota tersebut. Mengingat bahwa, Tromsø terletak 350 KM di utara Arctic Line, lebih utara dari pantai utara Alaska dan Iceland.

Ternyata banyak hal menarik di kota berpenduduk kurang dari 72.000 jiwa ini. Karena letaknya yang sangat Utara membuat Tromsø dapat menikmati Midnight Sun (21 Mei–21 Juli) dan Polar Night, dimana matahari tidak tampak dan hanya ada cahaya ungu kebiruan di cakrawala, yang disebabkan karena Tromsø dikelilingi pegunungan yang cukup tinggi sehingga matahari yang hanya berada di cakrawala tertutup oleh pegunungan. Selain itu, Tromsø memegang beberapa rekor dunia paling utara, misalnya:

  • Mempunyai mesjid paling utara di dunia
  • Gereja The Our Lady Catholic adalah kedudukan bishop Katolik paling utara di dunia
  • Jaringan restoran cepat saji Burger King mempunyai cabang paling utara di dunia.
  • Juga ada Tromsø Idrettslag, klub sepak bola elite paling utara di dunia dan berpartisipasi dalam kejuaraan-kejuaraan sepak bola Eropa.

Dan yang paling menarik buat saya dan teman-teman, karena Tromsø terletak di tengah zona sabuk Aurora Borealis (Northern Lights).

Tromsø view from Tromsdalen
Tromsø view from Tromsdalen

Ternyata walaupun cukup dingin, Tromsø “relatif lebih hangat” dibandingkan dengan daerah lain dalam latitude yang sama, hal ini dikarenakan arus hangat dari Gulf Stream yang mengalir melalui Tromsø. Walaupun begitu suhu rata-rata pada musim semi sekitar 12 derajat celcius dan musim dingin minus 5 derajat celcius masih cukup dingin untuk saya. Sebagian besar Tromsø, termasuk pusat kotanya terletak di Pulau Tromsøya yang dihubungkan dengan jembatan and the terowongan Tromsøysund.

Ada beberapa festival terjadwal di Tromsø yang berkaitan dengan pergantian musim, serta festival musik dan film. Jika Anda datang tidak pada musim festival, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti:

City tour

Anda bisa menyusuri jalan-jalan di pusat kota Tromsø, terutamanya di Storgatan, dimana Anda bisa mampir ke restoran, bar, café untuk sekedar mencicipi kue dan minuman hangat, atau berbelanja souvenir. Ada beberapa tempat yang menarik di dalam kota, seperti taman-taman kota (Kirkeparken, Kongeparken, Folkeparken atau The Arctic Alpine Botanic Garden), bangunan-bangunan dan gereja-gereja indah dan bersejarah, seperti The Lutheran Cathedral (Tromsø Domkirka) – gereja protestan paling utara di dunia dan terbuat dari kayu, Our Lady Church (Vår Frue Kirke), The Church of Elverhøy (Elverhøy kirke), dan The Carmel Monastery (Totus Tuus). Ada pula beberapa museum yang mungkin menarik minat Anda, Seperti Polar Museum, Perspektivet Museum, The Northern Norwegian Art Museum (Nordnorsk Kunstmuseum), The Tromsø Gallery of Contemporary Art (Tromsø Kunstforening), Tromsø War Museum (Tromsø Forsvarsmuseum),dan Tromsø Museum (University Museum).

Lutheran Church of Tromsø
Lutheran Church of Tromsø

Jaringan bus kota yang bisa mengantar Anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Anda bisa membayar tiket langsung di dalam bus. Hal yang menarik adalah jika Anda naik bus kota bersama teman-teman, semakin banyak orang dalam rombongan semakin besar potongan harga tiketnya.

Mainland tour

Berkunjung ke Ishavskatedralen (Arctic cathedral), yang terletak di seberang pusat kota Tromsø. Anda bisa berjalan kaki menyeberangi selat melalui Tromsø brigde atau dengan bus kota. Arctic cathedral yang diresmikan pada tahun 1965 ini adalah gereja dengan struktur beton dan berdesain modern yang menjadi landmark Tromsø, banyak orang sering menyebutnya Opera House of Tromsø. Gereja ini dihiasi oleh mosaic kaca terbesar di Eropa utara.

Tromsø view from Fjellheisen
Tromsø view from Fjellheisen
Tromsø harbour with Tromsø brigde in the background
Tromsø harbour with Tromsø brigde in the background
Storgatan with Tromsø Bridge and The Arctic Cathedral in the back ground
Storgatan with Tromsø Bridge and The Arctic Cathedral in the back ground

Jika Anda ingin menikmati pemandangan seluruh kota Tromsø dengan pegunungan yang mengelilinginya dan cakrawalanya yang berwarna-warni, Anda dapat naik Fjellheisen cable car.Anda akan dibawa naik ke ketinggian 421meter dari permukaan laut sampai ke Mount Storsteinen. Dari sini Anda akan puas menikmati pemandangan dari Tromsø yang menakjubkan, tersedia pula café dan restoran di perhentian atas. Di musim semi cable car melayani pengunjung hingga tengah malam.

Aurora Borealis

Tromsø adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menikmati Aurora Borealis. Karena perputaran Bumi, Tromsø akan bergerak ke area Aurora sekitar pukul 6 sore dan berakhir sekitar tengah malam, hal ini membuat pengunjung tidak harus begadang. Selain itu, untuk menikmati Aurora, Anda tidak harus selalu pergi hingga terlalu jauh dari pusat kota, walau terkadang untuk mencari best view juga diperlukan dengan berkendara hingga ke perbatasan Findland yang berjarak sekitar 3 jam dengan mobil. Aurora dapat dinikmati hampir sepanjang tahun kecuali antara akhir April sampai pertengahan Agustus dan waktu terbaiknya adalah jika cuaca cerah (Desember- Maret). Karena Aurora adalah fenomena alam, Anda juga tetap harus mengandalkan keberuntungan karena bisa saja cuaca tiba berubah dari cerah menjadi hujan, berawan atau bahkan bersalju. Sangat disarankan bagi Anda untuk bergabung dengan Aurora Borealis tour yang dapat dipesan secara online. Tour akan meliputi transportasi, peralatan dan pakaian dingin serta makan malam.
Fjord dan Whale Watching.

Aurora Borealis
Aurora Borealis

Anda bisa bergabung dengan tour untuk menikmati alam di sekitar Tromsø yang spektakuler. Tour akan mengajak Anda berkendara melihat pegunungan, fjords and binatang-binatang asliArctic seperti berbagai macam burung (Sea Eagles, Puffins, Fulmars), Muskoxen and tentunya ikan paus. Sebagainya ditulis di atas, Tromsø dilalui oleh arus hangat dari Gulf Stream, ini yang membuat Tromsi termasuk dalam jalur migrasi ikan paus. Tour dapat dipesan sepanjang tahun dengan pemandangan yang berbeda-beda setiap musimnya.

Winter Game

Jika Anda berkunjung ke Tromsø tepat pada puncak musim dingin, ada beberapa kegiatan yang harus Anda ikuti, di antaranya: cross country skiing, city skiing di Tromsø Alpinsenter, Dog-sledding di Tromsø Villmarkssenter, Snowmobiles riding dan tentunya Reindeer sledding di Tromsø Friluftssenter. Ada beberapa biro perjalanan setempat yang dapat membantu merancang perjalanan Anda.

Catatan:

Tromsø dapat dicapai dengan perjalanan udara dari Oslo, Stockholm (musim semi) dan London. Dari Langnes International Airport ada banyak transportasi ke pusat kota yang berjarak sekitar 15 menit. Bus kota (nomor 40 dan 42), Airport Express Bus (Flybussen), Airport Shuttle Service – yang dapat dipesan terlebih dahulu dan tentunya taksi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.