Wisata dan Kuliner di Pulau Bangka

0
312

Sudah satu tahun lebih para pecinta traveling tak bisa berwisata kemana pun karena pandemi. Nah, waktu yang ditunggu- tunggu pun akhirnya akan segera tiba. Saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan vaksinasi massal bertahap. Untuk membantu kebangkitan pariwisata domestik, yuk kita berlibur di dalam negeri yang ga kalah cantik dari wisata mancanegara.



Wisata Pantai Yang Masih Perawan

Pulau Bangka memiliki banyak pantai yang indah dengan warna air yg biru memukau, bahkan bisa sampai terlihat bergradasi mulai dari biru gelap, biru sedang sampai biru terang. Seperti yang bisa kita lihat di Tanjung Pesona Private Beach, Desa Rambak, Kota Sungai Liat, Kabupaten Bangka.

Pantai berbatu di Tanjung Pesona Private Beach.

Bebatuan di bibir pantai dengan pasir putihnya makin menambah indah pemandangan dan wajib diabadikan.

Jangan lupa juga mampir ke Pantai Tikus dan Parai Beach Resort di mana kalian bisa duduk-duduk di gazebo pinggir pantai atau berjalan di dermaga bareng teman-teman.

Jalan sore di dermaga Parai Beach Resort

Kalian juga wajib mengunjungi Puri Tri Agung selagi berada di daerah Sungai Liat. Vihara yang konon terbesar di Asia Tenggara ini berbentuk seperti pagoda bulat besar dengan patung Buddha yang tak kalah grande. Karena letaknya di daerah perbukitan, kalian bisa memandang Laut China Selatan dari areal pekarangan Vihara. Air laut di sini juga terlihat dalam gradasi tiga warna yang bikin berdecak kagum.

Memandang Laut China Selatan dari Puri Tri Agung, Sungai Liat.

Di sepanjang perjalanan menuju Sungai Liat kalian juga bisa berhenti di danau dengan air berwarna hijau tosca yang dulunya merupakan daerah penambangan timah. Kandungan timahnyalah yang membuat air yang ada dalam danau menjadi berwarna indah yang sayang dilewatkan untuk disimpan dalam album foto.

Aneka Kuliner Lezat di Bangka Tengah

Untuk pecinta kuliner, jangan takut susah mencari makan di Pulau Bangka. Karena di Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka Tengah merupakan surga kuliner yang sangat menjanjikan.

Tak jauh dari Bandara Depati Amir, kalian bisa mendatangi Otak-Otak Ase. Varian yang paling terkenal dan seringkali dijadikan buah tangan adalah Otak-Otak Bakar berbentuk mungil dengan saus pedas aneka rasa. Para wisatawan seringkali memborong Otak-Otak Ase untuk dibawa kembali ke daerahnya.

Otak-Otak Bakar Ase

Untuk penggemar Martabak Bangka yang asli, kalian harus memdatangi Martabak Acau 89 yang buka sore sd malam hari di Jl. Soekarno Hatta, Pangkal Pinang. Martabaknya tidak setebal di Pulau Jawa, jadi isiannya terasa lebih nikmat.

Makanan khas lain dari Pulau Bangka yang dapat kalian buru antara lain Tahu Kok, Mie Koba, atau kalian bisa menikmati hidangan seafood di resto pinggir pantai berbentuk kapal laut di Neptune Club/Istana Laut di Pasir Padi.

Hotel Mengesankan di Pangkal Pinang

Ketika saya dan teman-teman berkunjung ke Pulau Bangka, kami memilih menginap di Hotel Menumbing Heritage Hotel yang berwarna putih artistik dengan tampilan yang instagrammable.

Pool side Hotel Menumbing Heritage, Bangka Tengah.

Kami bahkan sempat bertemu dengan owner Hotel ini yang ternyata merupakan pemilik catering terkenal di Jakarta Selatan, yang kerap melayani jamuan khusus di Istana Negara lho. Pantas saja, aneka hidangan di hotel ini pun terasa enak sekaligus mewah.

Ayo, jangan ragu berwisata di Pulau Bangka. Dijamin kalian pengin kembali lagi ke sana begitu sudah mengenal pesona tersembunyi pulau yg terkenal dengan hasil bumi lada putih ini.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.