Mampir ke tamannya Pak Jokowi alias Taman Surapati

0
20967

Katanya, salah satu tantangan hidup di Jakarta adalah, susah cari ruang terbuka yang nyaman untuk keluarga. Jakarta sudah penuh dengan MALL.

Masa sih? Coba dong main-main ke salah satu taman terindah di Jakarta. Letaknya di depan kediaman Gubernur DKI JAKARTA, rumah dinas yang sekarang ditinggali oleh Pak Jokowi (Joko Widodo) dan istri.

Yuk Mampir ke Taman Surapati

Taman indah bernama Taman Surapati ini ditata sedemikian apik dengan koleksi pohon yang kokoh. Atmosfirnya bagaikan Oase, kenyamanan ditengah hiruk pikuk dan macetnya Jakarta. Taman ini adalah pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama yaitu Menteng Boulevard (Jl. Teuku Umar), Orange Boulevard (Jl. Diponegoro) dan Nassau Boulevard (Jl. Imam Bonjol).

Taman Surapati awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein. Nama ini diambil dari nama Walikota Batavia pertama G.J. Bisshop (1916-1920). Lalu mulai disebut sebagai Taman Suropati sejak tahun 1920.

Pada mulanya, Taman Surapati berbentuk bukit, kemudian dipangkas dan mulai ditanami pohon maupun bunga sejak 1920. Taman Surapari yang rindang juga dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari seluruh ASEAN.

Perbaikan Taman Surapati diawali pada masa Gubernur Sutiyoso yang pernah menggelar Pesta Proklamasi yang meriah dan membuat warga Menteng – yang sebelumnya sudah lama tidak bermain dengan tetangga – kembali berbaur di Taman Surapati.

Kegiatan di Taman Surapati

Taman Surapati selanjutnya dilengkapi Jogging Track yang cukup luas. Setiap hari, mulai pagi hingga sore, banyak dinikmati oleh warga sekitar untuk lari ataupun bersepeda.

Di sini juga terdapat sejumlah area pijat alami untuk refleksi kaki berupa susunan batu alam yang banyak diminati para warga senior maupun anak anak. Semua orang akan tergeli geli merasakan sensasi berjalan di atas batu tanpa alas kaki.

Setiap hari Sabtu dan Minggu banyak kegiatan digelar di Taman Surapati. Mulai dari olahraga bersama hingga Yoga gratis yang diadakan setiap hari Minggu Jam 7 pagi.

Bersepeda di Taman Surapati.
Bersepeda di Taman Surapati.
Menikmati suasana Taman Surapati.
Menikmati suasana Taman Surapati.
Menjelang sore, sering pula digelar Musik Taman, dimana para musisi mengalunkan musik Indah di alam terbuka.
Menjelang sore, sering pula digelar Musik Taman, dimana para musisi mengalunkan musik Indah di alam terbuka.

Sejak pak Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, Taman Surapati bertambah fungsi menjadi taman Media. Rekan-rekan media yang setia menguntit agenda pak Jokowi akan stand by di seputar Taman, sampai waktunya sang Gubernur menjalani tugasnya.

Letaknya di depan kediaman Gubernur DKI JAKARTA, rumah dinas yang sekarang ditinggali oleh Pak Jokowi (Joko Widodo) dan istri.
Letaknya di depan kediaman Gubernur DKI JAKARTA, rumah dinas yang sekarang ditinggali oleh Pak Jokowi (Joko Widodo) dan istri.

Kapan lagi jalan-jalan di taman, sambil menikmati puluhan jajanan di sekeliling Taman, siapa tau bisa disapa pak Gubernur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.