10 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

0
4571

Libur Lebaran sudah berakhir, tapi kok rasanya masih ingin liburan terus yah. Untuk yang anggarannya agak cekak, masih bisa liburan kok. Berikut ada 10 tips liburan hemat tapi tetap berkesan bagi keluarga Anda:

  1. Persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan kita selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.
  1. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.
  1. Biasanya dengan mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika kita ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.
  1. Cermatlah dalam memilih tempat liburan. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.
  1. Sama seperti tempat liburan, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika kita memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir kita sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.
  1. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya selain pengalaman yang menyenangkan, tentunya bisa menghemat uang kita.
  1. Jika kita mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Kita bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”.
  1. Jangan lupa untuk selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, kitapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.
  1. Bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran selama perjalanan dari awal hingga akhir.
  1. Jika budget kamu saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak. Bahkan rumah pun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Semoga tips yang disajikan bisa bermanfaat untuk keluarga Anda :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.